Cara yang Paling Mudah Membuat Pizza Tanpa Oven ala Anak Kos


Sudah menjadi kewajiban bagi kamu anak kos untuk menjadi kreatif supaya dapat bertahan hidup di segala kondisi. Apalagi saat akhir bulan datang. Contohnya, saat sedang ingin makan pizza, anak kos harus mencari cara bagaimana agar bisa memasak pizza di rumah tanpa keluar biaya yang banyak.


Agar hidup kamu semakin mudah, berikut tiga cara membuat pizza tanpa oven. Mudah, murah, dan rasanya tidak kalah dengan pizza yang ada di restoran!

Pizza Kukus




Hah, pizza kok dikukus, memangnya enak? Heits, jangan pesimis dulu. Kalau kemarin brownis kukus sempat ngehits dan jadi cemilan nomor satu di ibu kota, pizza kukus bisa jadi cemilan ngehits berikutnya! Meski cara masaknya berbeda, pizza kukus punya cita rasa yang sama dengan pizza oven. Yang membedakan hanyalah rotinya saja yang lebih empuk.

Cara Membuat Pizza dengan di Kukus


Untuk membuat Pizza Kukus kamu membutuhkan: Tepung terigu, ragi instan, garam, mentega dan air hangat. Tahapan membuatnya: Campur tepung terigu, ragi, dan mentega. Aduk adonan hingga kalis dan bentuk bulat-bulat. Diamkan adonan hingga mengembang, lalu olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Kukus pizza selama 10-15 menit sambil terus ditutupi dengan kain agar air tidak menetes ke dalam pizza.

Pizza Rice Cooker


Rice cooker yang serba bisa. (Foto: Shutterstock)


Cara Memasak Pizza dengan Rice Cooker


Untuk anak kos, memasak dengan rice cooker adalah salah satu cara membuat pizza tanpa oven. Untuk Pizza Rice Cooker kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentega, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Tahapan membuatnya: Larutkan gula, kaldu ayam bubuk, garam dan ragi ke dalam air hangat. Aduk dan diamkan hingga berbuih.

Kemudian, di mangkuk berukuran sedang, campur tepung, mentega, dan susu, aduk hingga rata. Di mangkuk berisi tepung, masukkan air campuran ragi. Uleni adonan hingga kalis. Kemudian diamkan adonan yang ditutup dengan kain lembap selama 30 menit.

Setelah mengembang, masukan adonan pizza ke dalam wadah rice cooker. Tusuk-tusuk adonan menggunakan garpu baru kemudian olesi dengan saus dan topping pizza sesuai selera. Tutup dan tekan tombol ‘cook’ dan masak selama 5 menit. Ketika tombol berpindah ‘warm’, tekan ‘cook’ kembali. Ulangi selama 3 kali atau hingga pizza matang.

Pizza Teflon


Pilih toppingnya sendiri. (Foto: Shutterstock)

Cara Memasak Pizza dengan Teflon


Alat masak apa yang dimiliki sejuta umat? Jawabanya adalah panci teflon. Cara membuat pizza tanpa oven yang paling mudah adalah dengan menggunakan panci tanpa lengket. Yuk lihat apa saja bahan-bahan yang kamu butuhkan.

Untuk membuat Pizza Teflon kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentega, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Cara membuat adonan Pizza Teflon persis sama dengan Pizza Rice Cooker. Yang membedakan adalah setelah mengembang, adonan dipindahkan ke teflon yang sudah diolesi minyak sayur. Kemudian, tusuk-tusuk adonan dengan garpu. Lalu lalu olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Masak dengan api kecil hingga matang.

Nah demikianlah artikel cara paling mudah membuat pizza, sehingga tanpa beranjak dari rumah kos pun, anda dapat menikmati kuliner barat satu ini. Bagaimana, apa anda mau mencoba memasak pizza tanpa oven, bagaimana rasanya ya... !!!