-->

Cara Mendapatkan Pendapatan dari Hobi Budidaya Bunga

Daftar Isi [Tampil]
Hobi Budidaya Bunga Anggrek
Anggrek Bulan
Budidaya Bunga merupakan salah satu jenis agrobisnis yang sangat menjanjikan, pasar bunga sampai hari ini tidak pernah sepi, meskipun perkembangannya selalu mengalami naik turun atau pluktuatif. Bagi anda yang mempunyai hobi dalam budidaya bunga, peluang usaha ini terbuka lebar, melihat dari sisi geografis dan iklim di indonesia tropis, banyak jenis bunga dapat tumbuh. Banyak juga tanaman endemik yang dapat dilakukan budidaya dan banyak orang baik mancanegara yang berminat untuk membelinya.   

Jenis Bunga Endemik Di Indonesia

Ada beberapa jenis bunga yang populer di Indonesia diantaranya adalah:
  1. Mawar: Bunga mawar cukup banyak peminatnya, bunga yang memiliki banyak varian warna ini digunakan sebagai bunga hias ataupun sebagai sebuah kado sehingga bunga dirangkai sedemikian rupa.
  2. Anggrek. Anggrek merupakan tanaman epifit, namun saat ini anggrek banyak dibudidayakan dengan menggunakan media pot atau media lainnya. Keindahan warna yang disajikan oleh anggrek cukup menggoda, sehingg sampai saat ini tak surut pecinta anggrek di Indonesia.
  3. Adenium, Bunga yang mirip dengan kamboja ini juga tak kalah banyak peminatnya. Adenium juga sangat mudah dibudidayakan.
  4. Euphorbia, Sejenis kaktus ini sangat indah, warna dan varian bentuk bunga ini menjadikan bunga ini banyak diminati, perawatannya juga sangat mudah.
  5. Bunga Kertas (bougenvile), Dengan penggabungan warna dengan cara stek menjadikan bunga ini lebih menarik, sehingga bunga yang dulu sempat meredup ini kembali ramai.
  6. Melati, Pasar melati tak pernah redup, selain ada sebagian orang yang memang selalu membutuhkan melati, bunga ini juga memiliki harum yang khas.

Pemilihan Jenis Bunga

Sebelum melakukan budidaya bunga alangkah baiknya kita menentukan terlebih dahulu jenis bunga yang akan ditanam. Diantaranya yang harus dilakukan dalam pemilihan jenis bunga adalah:
  • Pilihlah jenis bunga yang bernilai lebih secara ekonomis di pasaran, lihat dulu permintaan pasar atau peminat bunga tersebut namun tetap memperhatikan harga beli, harga perawatan dan harga jualnya.
  • Memilih jenis bunga yang sepanjang waktu laku dan bernilai tinggi.
  • Memilih jenis bunga yang mudah ditanam dan dalam perawatan sehingga akan meminimalisir biaya perawatan.
  • Biasanya bunga selalu musiman, dan mengikuti perkembangan jaman, bisa saja bunga yang hari ini tidak mekar

Penentuan Jenis Bunga

Setelah mengetahui jenis-jenis bunga yang potensial dan populer di Indonesia, tahap selanjutnya adalah menentukan jenis bunga yang akan ditanam dan dibudidayakan, yang harus dilakukan dalam penentuan jenis bunga yang akan dibudidayakan adalah :
  1. Mengetahui kemauan pasar, atau melakukan riset pasar terlebih dahulu
  2. Mengetahui jenis bunga yang sedang ngetrend
  3. Menentukan jenis bunga yang cocok dengan kondisi iklim dan tanah sekitar
  4. Penentuan Media Tanam

Hal lain yang harus dilakukan untuk menanam bunga adalah menentukan media tanam, media tanam yang digunakan bisa menggunakan pot atau menggunakan polybag, selain itu ada beberapa bunga juga yang dinam langsung ke media tanah.

Untuk penanaman dalam pot juga harus ditentukan bentuk dan jenis pot yang akan digunakan. Dalam penanaman bunga, media sangat mendukung untuk penentuan pasar selanjutnya, dan pot dihitung dalam biaya produksi.

Penanaman Bunga

  • Setelah menentukan jenis bunga yang akan ditanam kemudian jenis media yang akan digunakan tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman.
  • Dalam proses penanaman bunga lakukan penyortiran benih bunga yang akan ditanam, pilih benih bunga yang baik dan bagus.
  • Ada beberapa bunga yang harus disemai dan ada beberapa bunga yang dilakukan dengan stek dan tanpa penyemaian benih.
  • Sebelum melakukan penanaman, lakukan pengolahan tanah yang akan dijadikan media tanam. Berikan pupuk dasar pada tanah berupa pupuk kompos.

Cara Merawat Bunga

  1. Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan spray agar tidak merusak media.
  2. Selanjutnya jika diperlukan gunakan pupuk lanjutan, berupa pupuk daun atau pupuk cair organik. Jika diperlukan juga lakukan penyiangan pada tanaman bunga.

Proses Pemanenan

Pada sebagian tanaman sudah ditentukan pasarnya kita akan melakukan pemanenan, seperti layaknya pada tanaman mawar dan melati, jika tidak melakukan pemanenan lakukan pengembang biakan untuk anakan tanaman baru, karena dalam penanaman atau budidaya bunga pasar tidak bisa ditentukan, artinya pasar terkadang akan datang sendiria dan memilih bunga yang akan dibeli.

Namun, di bunga-bunga tertentu, ada pasar yang disesuaikan dengan permintaan, sehingga hobi dalam budidaya Bunga bisa mendapatkan income alternatif bagi anda.

Usaha bisnis dengan di barengi dengan minat atau hobi untuk mendapatkan pendapatan sangatlah dianjurkan, Apabila tidak dibarengi dengan minat maka tentu suatu ketika akan timbul kebosanan atau tidak optimalnya produk yang dihasilkan.

Namun ada juga minat atau hobi akan menyertai saat bisnis atau peluang usaha yang ditekuni berjalan, tidak tertutup kemungkinan ini terjadi juga pada peluang usaha dari budidaya bunga
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendapatkan Pendapatan dari Hobi Budidaya Bunga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel