-->

Perbedaan Proposal Kerjasama dan Pengajuan Dana

Daftar Isi [Tampil]
Perbedaan Proposal Kerjasama dan Pengajuan Dana

Proposal adalah suatu rancangan usulan kegiatan atau yang akan berlangsung pelaksanaannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci. Proposal disusun untuk mendapatkan persetujuan pihak lain, dapat juga disusun untuk kebutuhan permohonan dana bantuan yang nantinya akan ada kerja sama antara pihak yang mengajukan proposal dan pihak yang memberi bantuan, sehingga tidak salah juga jika dikatakan bahwa proposal adalah permintaan bantuan keuangan untuk melaksanakan proyek atau kegiatan.

Tidak bedanya dengan Proposal Pengajuan Kerjasama dan Proposal Dana jika ditilik hampir mempunyai tujuan yang sama. Berikut ini akan dibahas tentang perbedaan keduanya:

Proposal kerjasama

Proposal kerjasama merupakan proposal yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan kerjasama. Proposal ini biasa dibuat oleh sebuah perusahaan yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Kita ambil contoh pada usaha sebuah perusahaan yang dinamai Isnen Project. Salah satu programnya yaitu cathering. Maka dari itu, Isnen Project perlu melakukan kerjasama dengan misalnya sebuah hotel untuk memasarkan programnya tersebut.

Pada proposal kerjasama, kedua belah pihak perlu mendiskusikan feedback nya masing-masing. Apa yang akan diapat oleh perusahaan A dan apa yang akan didapat oleh perusahaan B. Maka dari itu biasanya akan diadakan meeting untuk mendiskusikan perihal proposal kerjasama ini.

Proposal pengajuan dana

Proposal pengajuan dana ini merupakan proposal lanjutan dari proposal kegiatan atau proposal usaha. Biasanya proposal pengajuan dana diajukan kepada atasan dari suatu organisasi.

Kita ambil contoh pada kegiatan kampus yang diselenggarakan oleh organisasi UKM. Suatu kegiatan direncanakan dan dibentuk lah suatu proposal kegiatan. Setelah itu, untuk menyusun proposal pengajuan dana, hanya perlu ditambahkan poin permohonan atau pengajuan dana misalnya kepada pihak kampus.

Jadi, proposal pengajuan dana itu melakukan permohonan atau pengajuan dana kepada lembaga yang terkait secara langsung dengan penyelenggara kegiatan. Proposal pengajuan dana biasanya tidak menuntut feedback atau keuntungan kembali. Karena secara tidak langsung, pemberi dana memiliki kewajiban secara moral untuk memberikan dana demi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Jika diringkas, perbedaan proposal pengajuan dana dengan proposal kerjasama antara lain sebagai berikut.

1. Pembuat proposal
  • Proposal pengajuan dana : biasa dibuat oleh sebuah organisasi atau kelompok
  • Proposal kerjasama : biasa dibuat oleh sebuah perusahaan
2. Sasaran
  • Proposal pengajuan dana : lembaga atau intitusi yang berafiliasi dan biasanya merupakan atasan organisasi tersebut
  • Proposal kerjasama : pihak lain atau perusahaan lain
3. Feedback
  • Proposal pengajuan dana : tidak terpatok pada feedback
  • Proposal kerjasama : sangat terpatok pada feedback
4. Masa berlaku
  • Proposal pengajuan dana : berlaku hanya pada waktu kegiatan
  • Proposal usaha : berlaku sesuai waktu yang disepakati kedua belah pihak
Di sini juga dibahas mengenai contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi. Suatu kegiatan yang dibuat oleh sebuah organisasi dapat melakukan pengajuan dana kepada pihak lain. Ada contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi pdf yang dapat dibuka dan dipelajari bersama.

Nah demikianlah artikel perbedaan antara proposal kerjasama dengan proposal pengajuan dana.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Proposal Kerjasama dan Pengajuan Dana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel