Cara Membuat Proposal Usaha Sederhana dan Mudah


Proposal merupakan sebuah dokumen tertulis tentang perencanaan suatu kegiatan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka proposal usaha merupakan sebuah proposal yang menjelaskan tentang pengertian kegiatan usaha.

Untuk menyusun proposal usaha terdapat cara-cara yang harus dipenuhi. Bagi yang sering membuat tidak lah begitu dipusingkan dengan format yang akan disusun. Nah bagi yang tidak sering membuatnya mungkin mendapatkan kendala, akan tetapi bila dicermati dan dipelajari hal ini bukanlah suatu halangan.

Berikut ini akan disampaikan cara penyusunan pembuatan proposal usaha yang mudah dan sederhana. Rincian komponen-komponen yang diperlukan untuk menyusun proposal usaha adalah sebagai berikut.

1. Cover
Dalam penyusunannya, cover lah urutan yang pertama kali. Cover proposal usaha merupakan halaman muka. Biasanya berisi judul, logo, pembuat proposal (dalam hal ini perusahaan misalnya), alamat pembuat proposal, dan tahun.

2. Latar Belakang
Latar belakang diisi dengan alasan dari usaha yang akan kita buat. Latar belakang dalam proposal usaha tidak diharuskan panjang lebar. Yang terpenting adalah maksud kita dalam membuat usaha tersebut tercantum latar belakang.

3. Deskripsi Bisnis
Pada poin deskripsi bisnis, isi dengan penjelasan lebih rinci tentang usaha yang sedang kita buat. Usaha yang kita buat dirinci penjelasannya supaya bisa meyakinkan pihak lain jika ingin dilakukan kerjasama.

4. Survei Pasar
Setelah membuat poin deskripsi bisnis, selanjutnya membuat poin survei pasar. Kita selaku pelaku usaha harus melakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum melakukan usaha. Misalnya di suatu daerah, kita melakukan survei ke masyarakat tentang usaha yang ingin kita buat.

5. Alat atau Bahan yang Dibutuhkan
Poin ini juga penting untuk dituliskan dalam proposal. Kita tahu usaha itu meliputi produksi barang dan jasa. Untuk melakukan produksi, maka kita memerlukan alat atau bahan yang dibutuhkan. Poin ini ada di dalam proposal tidak lain untuk memberikan kejelasan tentang usaha yang sedang kita buat.

6. Perencanaan Anggaran
Untuk membuat usaha, kita harus melakukan perhitungan yang matang. Termasuk dari hitung-hitungan itu adalah menghitung anggaran biaya. Perencanaan anggaran ini umumnya tentang modal yang dibutuhkan. Tetapi dalam beberapa proposal usaha, perencanaan anggaran diisi lengkap dari mulai modal, rencana penjualan, hingga profit.

7. Penutup
Bagian Penutup pada proposal usaha berisi simpulan dan harapan. Bagian ini merupakan poin formalitas dalam sebuah proposal usaha tetapi sangat penting untuk dicantumkan. Pada poin penutup ini ditegaskan kembali tentang usaha yang kita buat dan tujuan dari pembuatan usaha ini.

Semua bagian yang telah dijelaskan di atas merupakan bagian-bagian yang menyusun sebuah proposal usaha sederhana. Jadi, untuk para pembaca yang berniat membuat proposal usaha, dapat menyusunnya sehingga memudahkan investor atau badan kerjasama dapat mengerti dan memahami tentang usaha yang akan dijalani.

Proposal usaha merupakan salah satu komponen awal yang penting dalam perintisan sebuah usaha. Secara teoritis atau dokumen yang tertulis dapat menjadi tantangan sendiri dalam mencari cooperate dan investor, namun setelah tantangan tersebut terlewati, tantangan lainnya adalah melaksanakan konsep yang telah tertuang dalam proposal usaha itu lah menjadi tantangan yang berbeda yang akan menuju kesuksesan dari sebuah usaha.

Secara detail proposal usaha juga termasuk didalamnya peluang bisnis, permasalahan, solusi, keunikan, cara membuat produk, dan analisis SWOT, dan strategi pemasaran. semakin detail sebuah proposal usaha, semakin menariklah cooperate dan investor.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Proposal Usaha Sederhana dan Mudah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel