-->

10 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Ikan hias air laut Lion Fish

Ikan hias air laut memang sangat sulit untuk di pelihara, selain menjaga aquarium tetap bersih dan menjaga air tetap seimbang dan sesuai sehingga membutuhkan kerja keras dalam memelihara jenis ikan ini. Namun ada juga jenis ikan air laut yang mudah untuk di pelihara bagi pemula.

Belakangan ini Usaha Ikan hias air laut masa pademi covid semakin meningkat dengan adanya  regulasi pemerintah melalui Work from home (WFH). Banyak pengusaha yang banting setir untuk menghidupi bisnisnya yaitu dengan peluang usaha rumahan baik budidaya pertanian maupun budidaya perikanan. Di perikanan peluang usaha ikan hias air laut ini cukup menjanjikan. Banyak retailer yang menjajakan jenis ikan hias, namun bagi anda pemula haruslah menjadi bijak dalam pemilihan jenis ikan hias yang akan anda pelihara dan merawat.

Nah, bagi anda pemula dalam perawatan ikan hias laut untuk mengisi waktu anda dan menikmati kenyamanan dirumah sambil bekerja jenis ikan air laut ini bisa menjadi acuan:

Jenis Ikan Hias Air Laut

1. Ikan hias air laut Lion Fish

Ikan hias air laut yang memiliki nama ilmiah pterios, cukup unik dan mnyeramkan karena memiliki ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. Duri sirip akan mengembang disaat ikan ini merasa terancam dan sedang berburu. Sesuai dengan namanya ikan singa, julukan yang tepat baginya yaitu dangerously beautiful.

Bagi anda pemula tidak disarankan memelihara ikan ini, walaupun ikan ini sangat cantik saat mengembangkan surainya maka akan timbul keinginan untuk menyentuhnya. Pada  duri sirip si ikan singa mengandung racun yang cukup berbahaya. Apabila tersengat, bisa menyebabkan demam dan luka yang cukup fatal. 


Untuk dapat memelihara ikan ini, kamu perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa kamu campur dengan lion fish karena mereka mempunyai makanan ikan berbeda.

2. Dottyback

Ikan hias air laut jenis dottyback

Ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub tropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Tempat mereka hidup di terumbu dangkal, lereng terumbu, dan daerah terumbu luar. Mereka bergerak di sekitar bebatuan dan terumbu karang sambil memakan semua jenis cacing kecil, pod, dan mikro-invert yang mereka temukan hidup di celah-celah berbatu dan di dalam pasir.

Dottyback merupakan jenis ikan laut yang mudah dipelihara, coraknya berwarna kuning terang dengan garis ungu pada bagian atas kepala. Ukurannya cenderung kecil sehingga tidak memerlukan akuarium yang besar.

Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

3. Botana Blue Tang

Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

Ikan hias air laut Botana Blue Tang ini memiliki nama latin Paracanthurus Hepatus, namun di Indonesia lebih dikenal dengan nama Botana Blue Tang. Botana Biru dapat ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat, yang berkisar hasil di Afrika Timur ke Laut Andaman, Christmas Island, dan Bali di Indonesia.

Botana Biru adalah ikan penghuni lingkungan laut dangkal, terumbu karang pesisir pulau di kedalaman 0-25 meter. Ini biasanya dijumpai di rataan terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. Ia hidup sendirian atau bentuk agregasi besar yang memakan bersama-sama.

Tubuhnya didominasi oleh warna biru terang dengan sedikit warna hitam dan abu-abu pada bagian ekor. Beberapa ikan juga memiliki corak kuning di tubuhnya. Makanan utama Blue Tang ketika berusia anak adalah plankton, sedangkan ketika dewasa mereka menjadi omnivora sehingga mulai memakan algae.

4. Ikan Hias Yellow Tang

jenis ikan hias

Selain Blue Tang, kamu juga bisa memilih Yellow Tang yang dapat dikatakan sebagai keluarganya. Bentuknya dan karakternya hampir mirip, hanya warna yang membedakan kedua ikan hias air laut tersebut. Ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens atau dikenal sebagai Yellow Tang ini memiliki warna kuning cerah.

Jika kamu ingin memeliharanya, ingatlah bahwa Tang umumnya tidak agresif terhadap ikan lain, tetapi cenderung berkelahi dengan ikan sejenisnya.  Maka kamu harus menyediakan tank bervolume setidaknya 100 galon agar mereka dapat berenang dengan lebih leluasa dan berjauhan.

5. Butterfly Fish

jenis ikan hias butterfly fish

Sebagaimana namanya, butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mempesona layaknya kupu-kupu. Bentuk tubuh ikan ini pipih dengan bagian mulut yang monyong ke depan. Sehingga tampak sangat menarik untuk menghiasi akuarium di rumahmu.

Semua jenis Butterfly Fish mudah dirawat, tetapi setiap subspesies memiliki persyaratan dan kebutuhan diet sendiri-sendiri. Jadi pastikan memelajari karakter subspesias yang kamu pilih terlebih dahulu ya.

6. Blue Devil

Ikan Hias Blue Devil

Ikan Hias Blue Devil memiliki nama ilmiah Paraplesiops Bleekeri. Ikan hias air laut satu ini cukup populer di kalangan pencinta ikan. Bentuknya sangat unik, agak ramping dan tidak terlalu besar.

Blue Devil ikan yang berbadan langsing, struktur badannya hampir mirip badan seekor ikan mujair. Seluruh tubuh ikan ini berwarna dominan biru cerah, terkadang di sertai titik – titik putih. Pada ujung sirip punggung biasanya terdapat titik berwarna hitam. letaknya dipangkal siripnya.

Sesuai dengan namanya, ikan ini adalah ikan yang sangat aktif. seringkali ikan ini terlihat berenang dengan cepat mengejar makanan atau hanya bermain – main dengan kawanannya. Meskipun bergerak amat gesit, umumnya ikan ini cenderung jarang mengganggu ikan lain, mungkin karena ukurannya yang kecil, ikan ini sangat cocok di pelihara bagi pemula ataupun aquaris yang ingin mencoba kualitas air laut, karena selain harganya yang relatif sangat murah, ikan ini juga memliki daya tahan hidup yang luar biasa.

7. Ikan hias Clown Fish


Ikan yang satu ini tentu sudah sangat familiar, Clown Fish merupakan jenis ikan yang menjadi karakter Nemo dalam film Finding Nemo. Warnanya yang oranye terang dan putih dengan pola bergaris hitam membuat ikan ini disebut sebagai ikan badut.

Ikan badut merupakan ikan hias air laut yang berwarna oranye cerah, dengan tiga garis putih pada tubuhnya. Tiga garis putih pada ikan badut terdapat pada bagian pada bagian kepala, tengah-tengah badan, dan pangkal ekor. Ukuran maksimal ikan badut bisa mencapai 10-18 cm. Ikan badut terlahir dalam keadaan jantan dan yang akan berubah kelamin menjadi betina adalah yang terbesar dari kelompoknya atau pasangannya (Michael, 2008)

8. Ikan Watchman Gobies

Watchman Gobies

Ikan hias Watchman Gobies sangat cocok untuk dipelihara oleh pemula. Ikan ini terkenal memiliki daya tahan tubuh kuat sehingga mudah dipelihara dan tidak gampang mati. Gerakannya pun cukup agresif di dalam air, sehingga kamu tak akan bosan memandangnya. Kamu bisa memberi udang-udangan untuk makanan ikan hias air laut yang satu ini.

9. Angelfish

Ikan hias air laut angelfish

Ikan hias air laut angelfish dari keluarga Pomacanthidae hidup di daerah tropis maupun subtropis, 85% spesies tersebar di daerah Indo Pasifik, kecuali 13 daerah Atlantik dan Pasifik Timur, dan merupakan jenis ikan hias air laut asli indonesia.

Ikan angel dikenal oleh ciri-ciri fisik tubuh berbentuk seperti oval dan cukup tebal, serta rusuk kecil pada sudut belakang pipi dekat insangnya. Ikan angel sangat bergantung dengan tempat perlindungan yang ada di terumbu karang, seperti bebatuan, goa dan celah terumbu karang.

10. Neon Tetra


Ikan neon tetra dengan nama latin Paracheirodon Innesi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di masyarakat Indonesia. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Brasil, Rio Taquari, dan lembah sungai Paraguay yang dikenal hidup berkelompok.


Neon Tetra merupakan ikan hias air laut yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata. Karena ukurannya yang kecil yaitu sekitar 4 cm saja, sekarang ikan neon ini banyak di pelihara oleh para pecinta ikan hias di dalam akuarium.

Nah, itulah jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara oleh pemula yang ingin menambah keindahan rumah dan juga dapat menjadi sumber penghasilan alternatif bila ingin dijadikan usaha saat pademi covid19.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel