-->

Ikan Hias Rainbow, Endemik Perairan Tawar dari Papua yang eksotis

Ikan Hias Air Tawar Rainbow dari Papua

Papua selain memiliki wisata alam yang memikat dan eksotis juga di anugerahi dengan potensi alam yang sangat menggiurkan. Kali ini kita akan melihat keunikan papua dari sisi keunikan satwa air yang banyak di buru oleh peminat ikan hias air tawar Rainbow. 

Ikan Rainbow atau yang memiliki julukan ikan pelangi, adalah salah satu ikan air tawar yang berasal dari tanah Papua. Banyak peminat Aquascape yang ingin merawatnya di aquarium karena warnanya yang cantik, ikan ini memiliki sifat ramah sehingga bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya dalam satu akuarium.

Ikan yang bernama latin Glossolepis incisus ikan hias berukuran paling panjang hanya berkisar 15 cm. Bentuknya pipih dan terdapat dua sirip pada punggungnya. Mulutnya cukup unik, mirip dengan tabung. Ikan ini punya karakter yang tidak agresif. Karena itu sangat coco apabila disandingkan ikan jenis lainnya, seperti botia, molly dan guffy. Dan, agar mendapatkan kepuasan rainbow fish dapat ditempatkan pada aquarium mini. Tentunya, aquarium dengan seni aquaspace yang tinggi.

Jenis Ikan Hias Rainbow


Ikan pelangi sebenarnya memiliki beberapa jenis, yaitu:

  1. Rainbow bosemani merah atau glossolepis incises
  2. Rainbow neon
  3. Frukata
  4. Threadfish
  5. Rainblow celebes


Yang berjenis merah bisa ditemukan di daerah Danau Sentani dan beberapa pulau lain di daerah Papua dan negara tetangganya, Papuan Nugini. Pertama kali ditemukan tahun 1908 oleh Weber, rainbow merah juga bersifat pendamai sehingga tepat untuk peliharaan akuarium.

Kualitas air untuk budidaya Rainbow Fish

Kualitas air yang diperlukan untuk kehidupan jenis ikan ini yaitu temperatur air 23 - 26 derajat celcius. pH air sebaiknya diatas 7. Jenis ikan ini dapat hidup dan berkembang-biak dalam aquarium maupun bak semen. Ikan ini sudah dapat memijah setelah berumur + 6 bulan dalam ukuran 5 - 7 cm. Makanan yang biasa diberikan dalam pemeliharaan ikan ini yaitu kutu air, cacing rambut atau cuk.
  • Parameter Ikan Rainbow
  • Suhu : 22-26 derajat celcius
  • pH : 7 - 7,8
  • Oksigen : >4
  • Jumlah Telur : 150 - 200
  • Umur Indukan : > 6 bulan

Cara membedakan jantan dan betina

Ikan akan mulai memijah setelah berumur minimal 6 bulan dengan ukuran sekitar 5-7 cm. selama memijah, rainbow bosemani jantan akan menunjukan warna lebih cerah dengan sirip-sirip agak kemerahan, dibanding betina warnanya sedikit pucat dan tubuhnya lebih kecil hanya lebih gemuk dibagian perutnya.

Budidaya Ikan Rainbow

Persiapan induk

Untuk mendapatkan indukan, peliharalah beberapa ikan rainbow dalam satu kolam semen atau akuarium. Setelah ikan matang kelamin sekitar umur 6 bulan. pilih indukan yang berkualitas dan pindahkan ke bak pemijahan dengan perbandingan jantan dan betina 1:1 atau 1:2.

Bak pemijahan


  • Ikan dapat dipijahkan di akuarium, kolam semen maupun bak fiberglass. ukuran akuarium yang digunakan biasanya 80x40x40, sedangkan bak semen bisa memakai ukuran 2x1 meter dengan ketinggian air sekitar 40 cm.
  • Jumlah pasangan disesuaikan dengan ukuran bak pemijahan. normalnya, setiap pasang dapat dipijahkan dalam setiap 10 liter air.
  • Di dalam bak pemijahan harus diberi tanaman air atau alat peletak telur yang terbuat dari tali rafia.


Pakan

Selama di bak pemijahan, ikan diberi pakan pelet dan beragam pakan hidup seperti artemia, kutu air, dan cacing sutera.

Proses pemijahan

Ikan ini biasa memijah di malam hari. kadang tidak diketahui prosesnya, karena biasanya telur sudah berserakan di sekitar tanaman air atau alat peletak telur buatan. oleh karena itu, tanaman air dan alat peletak telur buatan harus sering diperiksa, apakah sudah ada telur-telur di sekitarnya.

Bila sudah banyak telur menempel di tanaman air atau alat peletak telur buatan maka induk harus segera dipindahkan ke aquarium lain agar tidak memakan telur-telurnya.
Telur akan menetas 5 hari setelah pembuahan. anak-anak ikan yang baru menetas masih memiliki kuning telur di perutnya sebagai makanan cadangan selama 4-5 hari.

Pembesaran Benih

Benih ikan dapat diberi makan berupa infusoria sampai usia 2 minggu. selama 2 minggu tersebut pakan dapat diselingi dengan emulsi kuning telur. lewat dari 2 minggu, anakan dapat mulai diberi makan kutu air dan cacing sutera. setelah berumur 1 bulan, anakan sudah dapat dibiasakan dengan pakan berupa pelet yang dihaluskan.

Selama pembesaran benih, prose penyiponan harus dilakukan setiap kali terlihat banyak kotoran di aquarium. saat melakukan penyiponan, aerator harus dimatikan untuk menghindari anakan tersedot keluar.

Ikan endemik air tawar dari papua ini sangat cocok bagi anda peminat aquascape. Coraknya yang menawan dan sedap dipandang pada situasi apapun dan akan menghias aquarium mini yang anda miliki dirumah.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ikan Hias Rainbow, Endemik Perairan Tawar dari Papua yang eksotis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel