-->

Cara Budidaya dan Merawat Anggrek Kebutan (Ascocentrum Orchid) agar Cepat Berbunga

Daftar Isi [Tampil]

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum Orchid merupakan jenis anggrek langka dan dan species yang dilindungi di Indonesia. Kebutan mempunyai karakter tumbuh monopodial (satu batang tumbuh terus-menerus) dan termasuk sangat mudah untuk di budidaya.

Anggrek yang memiliki bunga yang harum saat mekarnya, meskipun dikategorikan sebagai monopodial tetapi sesudah mempunyai batang yang panjang maka akan tumbuh anakan-anakan baru dari ruas-ruas batang yang siap menjadi rumpun baru. Anakan-anakan baru akan membentuk koloni baru dengan jumlah dapat mencapai 5 sampai 10 batang.

Ascocentrum juga memiliki sifat epifit (menempel di pohon sebagai tanaman pelindung dengan ciri khas tanaman tersebut tidak mengambil makanan dari pohon yang ditempeli). Dengan karakter tersebut maka sangat mudah ditebak habitat dan penyebarannya, yaitu pada lingkungan yang hawa panas dan sedang di hutan terbuka. Di beberapa daerah di nusantara anggrek ini banyak tumbuh di hutan jati, pohon asam, hutan pohon Sambi, dan daerah perkebunan.


Budidaya dan Perawatan

Anggrek Kebutan dapat ditemukan di Assam, Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatra ini sangat mudah dengan menggunakan media yang berbeda-beda mulai dari pot, batang kayu, pakis tempel sampai di batang-batang pohon hidup. Satu kelebihan jika ditanaman pada media kayu hidup Ascocentrum memiliki pertumbuhan yang sempurna dan cepat berbunga.

Pola tumbuh tentu akan berbeda saat di tanam di pot yang bisa dipakai antara lain potongan kayu, pecahan genteng, kulit pinus, pakis, bahkan potongan akar bambu dan kain lapuk akan tetapi media-media tersebut tidak menyimpan kelebihan air terlalu lama.

Bagi anda tidak mempunyai pekarangan yang luas, anda dapat menanam anggrek ini di media pot. Pemilihan media pot mempunyai kelebihan tersendiri, ketika berbunga anggrek akan terlihat sangat menyala karena gerombolan bunganya yang rimbun. Selain sedap dipandang mata, ini adalah pilihan alternatif terapi yang sangat efektif untuk melepaskan kejenuhan selepas bekerja sehingga sangat cocok dijadikan hiasan di ruang tamu ataupun teras rumah.

Metode budidaya media tanam untuk anggrek Ascocentrum lainnya, anda juga bisa menanam anggrek ini di tembok-tembok rumah dengan cara melekatkannya dengan straples. Cara ini juga dapat diterapkan untuk menempelkan di pohon atau batang kayu. Selebihnya, dalam perawatan sehari-hari cukup dilakukan pemupukan dan penyiraman dengan konsisten.


Tips Merawat Anggrek Kebutan

1. Tempat yang cukup terkena sinar matahari

Dalam merawat bunga anggrek langka ini, kalian cukup letakkan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari. Karena pada dasarnya semua tumbuhan dan tanaman sangat memerlukan sinar matahari, tapi upayakan jangan langsung terkena sinar matahari. Karena pada dasarnya bunga anggrek, rata-rata sangat menyukai dengan suhu udara lembab.

2. Media tanam yang cocok untuk anggrek

Untuk cara merawat anggrek kebutan selanjutnya menggunakan media tanam yang sangat cocok untuk anggrek. Selain itu juga taruh tanaman anggrek pada ketinggian lebih dari 1 meter, karena pada dasarnya bunga anggrek sangat menyukai dengan ketinggian.

3. Sirkulasi dan suhu udara untuk bunga anggrek kebutan

Letakkan bunga anggrek pada lokasi yang mempunyai suhu udara lembab serta memiliki sirkulasi udaranya lancar.

4. Pupuk untuk anggrek

Berikan pupuk secara rutin. Hal tersebut dapat mencegah tanaman anggrek kebutan tidak terjangkit hama, sehingga dapat tumbuh subur dan juga cepat anggrek berbunga.

5. Penyiraman

Penyiraman secara rutin namun anda harus menjaga sebarapa banyak air yang harus anda gunakan, jadi usahakan jangan terlalu banyak menyiramn agar tidak busuk. 

Nah itulah cara budidaya dan merawat anggrek kebutan agar cepat berbunga,. Walaupun Anggrek kebutan mudah dalam budidaya tapi juga  membutuhkan ketelatenan, tekun  dalam pemeliharaan jenis anggrek ini.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya dan Merawat Anggrek Kebutan (Ascocentrum Orchid) agar Cepat Berbunga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel