-->

Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut Neon Tetra bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Jenis-jenis ikan hias air laut semakin banyak digemari oleh masyarakat yang ingin melakukan pembudidayaan. Salah satu nya ikan neon tetra yang terkenal cukup eksotis. Ragam jenis tetra yang dikenal di Indonesia seperti Green Tetra, Blue Tetra, Silver Tetra, Neon Tetra & banyak lagi yang lain.

Pada tulisan ini diketengahkan jenis neon tetra yang berasal dari sungai Amazon Amerika, dan telah berkembang biak di Indonesia. Neon Tetra (Hyphessobryconnesi), ikan hias ini termasuk ke dalam kelompok ikan hias yang paling menarik. Tubuhnya berjalur merah danbiru hijau sepanjang tubuhnya dari insang sampai ekornya. Ikan hias ini mudah dipelihara, kuat dan tidak gampang sakit/mati.

Syarat Utama Budidaya Neon Tetra

Cara membiakkan ikan jenis ini masih cukup sulit dan memerlukan ketekunan serta pengalaman yang lama. Adapun untuk membiakan ikan ini di perlukan syarat-syarat tertentu antara lain:
  1. Air harus steril dan bersifat asam (pH lebih kecil dari 6,4)
  2. Senang pada tempat yang gelap.
  3. Suhu sekitar 20 derajat celcius

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

1. Cara membedakan indukan jantan dan betina

Sebelum melangkah ke pembiakan atau pembudidayaan, alangkah baiknya anda lebih dulu mengenal bagaimana cara membedakan yang jantan dan yang betina, sehingga saat anda membeli indukan neon tetra sebagai usaha anda tidak menjadi kendala. Berikut perbedaan yang mendasari pada ikan hias air laut ini:

Induk Jantan 
  • Bentuk agak panjang
  • Garis Neon Lurus

Induk Betina 
  • Bulat pendek dan perut membesar
  • Garis agak bengkok

2. Pemilihan Induk

Pemilihan indukan terlebih dahulu mengetahui ciri-cirinya, untuk jantan mempunyai tubuh yang terlihat ramping dan panjang, garis neon terlihat lurus dan gerakannya lebih lincah. Sedangkan yang betina tubuhnya terlihat pendek dengan gerakan yang lamban, dibagian perutnya terlihat gemuk serta garis neonnya terlihat bengkok.

Induk ditebar di dalam akuarium sebanyak 200 ekor per akuarium dengan pemeliharaan ikan neon jantan dan betina dipisahkan.

Selain itu siapkan air yang steril dan bersih dengan memiliki keasaman sekitar kurang dari 6.4. Tempatkan kolam berada didaerah yang gelap yeng memiliki suhu antara 20 derajat celcius.

3. Pemijahan

Pemijahan dilakukan ditempat yang menggunakan air yang steril yang di diamkan selama 1-2 minggu.

Dengan area pengembangbiakan yang sudah disterelisasi menggunakan tawas campurkan dengan air hasil rendaman kayu asam dengan beberapa tetes dan diamkan selama 2-3 hari lamanya.

Setelah itu sepasang induk yang telah siap memijah dimasukkan ke dalam tempat.

Selama pemijahan berlangsung induk tetap boleh diberi pakan berupa jentik nyamuk. Induk akan mulai memijah pada malam hari dan berlangsung selama 3 – 4 jam. Setelah pemijahan selesai induk dapat ditempatkan di akuarium.

4. Perawatan Ikan Telur

Setelah telur menempel telur sebaiknya tidak terkena sinar sedikitpun karena telurnya sangat sensitif terhadap sinar karna telur bisa tidak akan menetas.

Setelah 24 jam telur akan menetas larva siberi antibiotik berupa Malachite Green Oxalate (MGO) sebanyak 0,01 mg/lt air.

Atau Methylene Blue (MB) sebanyak 1 tetes untuk 5 liter air dan jika telah berumur 3 hari larva diberi pakan alami berupa rotifera atau nauphli artemia.

5. Perawatan Anak Ikan

Larva dapat dipindahkan ke akuarium dengan ukuran 100 x 50 x 40 cm, jika berumur 7-10 hari. Pakan yang diberikan berupa kutu air atau cacing rambut (tubifex) dengan frekuensi pemberian pakan 2 kali dalam sehari.

Penggantian air pemeliharaan dilakukan setiap 5 – 7 hari sekali dengan cara disipon. Ikan dipelihara selama 25 hari sampai mencapai ukuran 1 cm.

Demikianlah artikel budidaya ikan hias air laut neon tetra, ikan mini namun eksotis sehingga dengan kelincahan nya dapat menarik perhatian bagi peminat untuk memeliharanya di dalam aquarium sebagai salah satu pelengkap keindahan rumah.


Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut Neon Tetra bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel