-->

7 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Tawar yang sudah Langka

Daftar Isi [Tampil]

Ikan Hias Air Laut - Ikan air laut maupun ikan air tawar senantiasa dijadikan sebagai satu diantara hidangan yang lezat serta bergizi untuk manusia sebagai salah satu konsumsi 4 sehat 5 sempurna. Banyak jenis ikan terdiri dari kelompok ikan hias, ikan yang kerap dikonsumsi manusia serta ada juga ikan-ikan buas yang perlu dijauhi keberadaannya. Tetapi di antara kesemuanya itu, terdapat banyak jenis ikan yang saat ini keberadaannya amat sedikit atau langka sampai sampai jenis ikan ini yang masuk ke dalam kelompok ikan langka serta mulai punah.

Tenyata masih ada ikan dari jaman prasejarah yang dapat bertahan sampai saat ini. Pastinya ikan-ikan ini sudah lolos dari seleksi alam serta masihlah tersisa serta hidup sampai saat ini, yang lebih menarik yaitu faktanya ikan-ikan ini pada kenyataannya merupakan ikan-ikan yang memiliki bentuk yang cukup aneh, berikut ini daftar ikan-ikan jaman prasejarah yang masih hidup atau ada sampai saat ini, meskipun keberadaannya sangat jarang ditemui oleh manusia.

1. Ikan Hias Laut Langka Freshwater Sawfish

Freshwater Sawfish

Freshwater Sawfish (Pristis microdon) adalah satu diantara ikan predator yang masuk ke dalam kelompok ikan hias laut langka, serta ikan laut yang sudah menyesuaikan diri dengan perairan air tawar. Ikan ini hidup di lautan indo-pasifik, yakni Australia, Kalimantan, Papua, Vietnam, India, Madagaskar serta Afrika Timur. Spesies ini di kenal bisa tinggal jauh dibagian dalam sungai termasuk juga danau serta kolam.

Pada musim hujan (Desember-Maret), ikan ini bakal hidup di sungai air tawar sedang pada musim kering (Mei-Oktober), ikan ini lebih menyukai untuk tinggal di muara atau teluk yang mirip habitat air laut. Mulai sejak th. 2006, IUCN sudah mengambil keputusan status “critical endangered” untuk ikan jenis ini, sebab jumlah populasinya yang selalu mengalami penurunan.

Banyak faktor yag menjadi penyebab penurunan populasi ikan ini, salah satunya yakni : penangkapan ikan hias laut langka untuk dijadikan ikan hias laut aquarium, akitifitas manusia pada sungai serta laut seperti pembuangan limbah, pertanian serta tingkah manusia yang menangkap ikan ini cuma untuk mengambil moncongnya saja.

2. Pirarucu

Pirarucu

Pirarucu atau Arapaima adalah ikan dari genus dari bonytongue yg datang dari Amazon & Essequibo di Amerika Selatan. Berbeda dari sebelumnya yang merupakan ikan hias laut langka, ikan hias langka air tawar ini merupakan ikan air tawar terbesar di Amerika Selatan, dan diantara ikan air tawar terbesar di dunia.

Pirarucu mampu meraih panjang hingga lebih dari 2 meter, dalam sekian banyak hal mengagumkan bahkan juga telah diketemukan yg memiliki ukuran kian lebih 2,5 meter. Dengan berat hingga mencapai 100 kg. Ikan hias langka air tawar ini merupakan satu diantara tipe ikan yang menjadi makanan yg paling di cari di Amerika Selatan, sehingga mengakibatkan Pirarucu yg besar nya kurang lebih 2 meter sangat jarang diketemukan di alam saat ini.

Pirarucu memiliki ketergantungan mendasar pada udara permukaan buat bernapas. Selain insang, ikan ini memiliki gelembung renang yg mirip jaringan paru-paru, yang berfungsi memungkinkan ikan hias langka air tawar ini buat mengekstrak oksigen dari udara. Ini adalah penyesuaian pada keadaan di dataran Amazon, namun Pirarucu akan naik ke permukaan buat merasakan udara dalam tempo 5 sampai 15 menit. Kecenderungan untuk tinggal di permukaan inilah yg membuat ikan hias langka air tawar yang juga bisa menjadi ikan hias laut langka ini lebih rawan pada serangan dari penangkap ikan dengan tombak.

 

3. Napoleon

Ikan Napoleon yakni satu diantara ikan hias laut langka yang termasuk ikan karang besar yg hidup pada daerah tropis. Panjang ikan hias laut langka ini mampu mencapai hingga 1. 5 meter. Banyak ikan yang dapat mencapai ukuran sampai 180 kg pada usia 50 tahun.

Kehidupan hewan ini rata-rata sama berkelompok bersamaan dengan ikan karang lain yg hidup melalui cara soliter. Satu diantara kekhasan ikan hias laut langka ini adalah lingkar bola matanya yg dapat melihat arah sisi pandang sampai 180 derajat. Umumnya ikan ini berenang dengan cara sendiri-sendiri mencari makan didaerah dekat karang, karena makanannya yg berbentuk secara banyak kelompok molusca dan krustasea, betul-betul banyak ada pada daerah seputar karang. Ikan hias laut langka ini mempunyai pola reproduksi yg hermaphrodite.

Biasanya ikan hias laut langka ini lahir yang disebut hewan jantan dan akan berpindah jadi betina saat mendekati dewasa. Ikan Napoleon banyak ada di Kepulauan Anambas, Pulau Laut Natuna & kurang lebih dekat ke Laut China Selatan.

Ikan ini jadi ikan karang paling mahal yang juga menjadi ikan hias laut termahal yg banyak ditangkap oleh beberapa penangkap ikan dan di ekspor ke luar negara. Harga satu ekor ikan Napoleon dapat mencapai satu jutaan. Beberapa penangkap ikan menjadikan ikan Napoleon sebagai penopang hidup yg menjanjikan. Saat ini ikan Napoleon sudah dibudidayakan oleh warga setempat dan banyak dijadikan sebagai ikan hias laut langka.

 

4. Sand Devil

Jenis Ikan Langka Sand Devil
Sand Devil
Sand Devil bila disimpulkan adalah setan pasir, nama ini cukup aneh bukan? Serta memiliki nama lain yakni angel shark. Ikan hias laut langka ini adalah type ikan hiu dari keluarga Squatinidae yg diketemukan di ujung benua subtropis dan lereng sol bidang atas Atlantik Barat.

Tidak ada yg tahu kenapa ikan hias laut langka ini memperoleh nama unik, 'sand devil' juga 'angel shark'. Yang pasti dua nama itu tdk terkait dengan kebiasaan dari ikan ini. Tidak seperti rata-rata ikan hiu yg kita ketahui, angel shark tidak agresif, serta ikan hiu setan pasir ini tak menyerang, terkecuali jika ikan ini telah merasa terganggu.

Gigitan dari ikan hias laut langka dapat mengakibatkan luka kronis, lantaran giginya begitu runcing. Nama ikan hias laut langka ini memiliki nama ilmiah yaitu Squatina dumeril. Ikan hias laut langka ini mempunyai bagian berbentuk taring pada moncongnya. Serta Makanan yang dimakannya yaitu ikan-ikan kecil, krustasea dan hewan bercangkang dua. Nah Sand Devil ini adalah satu diantara jenis Ikan Langka didunia menjadikannya ikan hias laut langka yg cukup mahal.

 

5. Coelacanth


Dari nama ikan hias laut langka ini merupakan urutan ikan yang dipercaya sebagai spesies tertua gnathostomata. Hingga akhir 1930-an saat Coelacanth yang diketemukan di satu sungai di lepas pantai timur Afrika Selatan, ikan ini dipercaya sudah punah. Hebatnya mulai sejak kembali temukan awal 30-an ikan laut langka ini sudah tampak di beberapa negara lain termasuk juga Tanzania, Mozambik serta Komoro. Sesaat Coelacanth pasti sudah tampak selama era paling akhir mereka tetap masih satu diantara ikan paling langka di kehadiran ikan hias laut langka.

Coelacanth merupakan ikan besar dan sering beratnya hingga mencapai 80 kg atau lebih serta bisa mencapai panjang kurang lebih 2 meter. Seperti hal nya yang terdapat pada makhluk laut dalam, begitu peka serta ikan hias laut langka ini membuat rutinitas yang tersisa di kedalaman 100 hingga 400 meter. sepanjang hari, walaupun mereka di kenal juga datang ke kedalaman hanya 60 meter atau lebih. sepanjang malam.

6. Borna Snakehead

Ikan hias langka air tawar ini dikenal juga sebagai Chel Snakehead, ikan hias langka air tawar ini merupakan ikan air tawar yang begitu langka yang disebut sisi dari keluarga Channidae. Ikan ini condong tumbuh dimana saja dari 20 jadi 25 cm panjangnya serta eksklusif bisa diketemukan di satu ruang di utara Bengal, India. Kondisi air dimana Borna Snakehead keturunan biasanya ditemukandi lokasi dengan suhu 25 derajat Celcius, serta sepanjang periode hujan lebat yaitu mungkin saja walau tidak sering untuk bisa menemukan anak-anak Ikan hias langka air tawar di daerah banjir.

Ikan hias langka air tawar ini mungkin saja tak bisa disamakan dengan kehebatan seperti Coelacanth atau hiu bermulut besar dalam ukuran atau keelokan semarak. Namun makhluk ini sudah termasuk ke dalam daftar sebagai satu diantara ikan paling langka di dunia.

 

7. Megamouth Shark

Megamouth Shark
Satu diantara hewan paling langka di kehadiran Hiu bermulut besar hanya dapat dilihat beberapa kali, dengan penemuan awal yang hanya dikerjakan kurang dari 35 th yang lalu, cuma ada 3 rekaman hiu ini yang diketahui ada.

Ikan laut langka ini mengintai di perairan dalam dingin di kedalaman yg tidak dikunjungi oleh manusia atau mesin. Hiu ini agak seperti hiu paus serta Basking Shark dalam artian kalau ia menggunakan mulutnya yang besar untuk menyaring makanannya. Dimana makanan ikan laut langka ini terbagi dalam ubur-ubur serta plankton.

Hiu bermulut besar bisa tumbuh sampai 6 mtr. serta mungkin saja lebih, lantaran kurangnya info mengenai hewan ini. Ada laporan bahwa makhluk ini beratnya kurang lebih 1200 kg. Feature fisik hiu ini relatif tak di ketahui lantaran kurangnya spesimen untuk belajar namun biasanya mereka mempunyai atasan hitam/dibalut dengan perut putih. Mereka jelas disadari karena mulut yang besar yang menyembunyikan gigi yang relatif kecil. Anda bisa menjadikannya ikan hias laut langka, kalau anda mau.

Demikianlah ulasan jenis ikan hias air laut dan air tawar yang sudah langka.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Tawar yang sudah Langka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel