Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan di Akhir Bulan yang dapat Ditiru

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan

Berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia, orang Korea Selatan punya kebiasaan keren yang membuat mereka lebih mudah menabung. Yuk simak dan tiru 6 kebiasaan makan orang Korea Selatan yang bisa ditiru menjelang akhir bulan.

Awal bulan memang paling cocok dirayakan dengan makan siang di mall bersama teman-teman kantor. Mau makan apa dan di mana? Bebas, kan baru gajian. Dompet masih ‘gendut’ jadi aman-aman saja mau makan mahal sekali pun. Kebiasaan makan di luar ini biasanya akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan, setelah itu dompet mendadak kempes dan kamu tidak punya sisa uang untuk menabung.

Jadi, mau tahu rahasia orang Korea Selatan yang bisa kamu tiru agar mudah menabung dan gak pernah cekak lagi? Berikut adalah kiat-kiatnya.

Memasak Sendiri


Kebiasaan makan orang Korea berbanding lurus dengan cara mereka menghemat uang. Menabung di Korea adalah hal yang penting, bahkan mereka punya Hari Tabungan Nasional yang tertera di kalendar tahunan. Untuk orang Korea, makan di luar ada saja yang harganya terjangkau, tetapi akan lebih murah jika memasak dan makan sendiri di rumah.

Lebih memilih makanan lokal


Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan, makanan yang bertema western biasanya lebih mahal dibandingkan makanan lokal. Berdasarkan kebiasaan makan orang Korea, mereka lebih memilih makan di restauran atau tempat makan yang menyajikan makanan lokal. Di Korea, satu pizza bisa menghabiskan sekitar 30.000 won dan sirloin steak sekitar 50.000 won. Lumayan mahal kan? Apalagi kalau jumlah ini kamu konversikan ke dalam rupiah, pasti langsung bikin sesak nafas.

Perbanyak makan ayam dibandingkan daging



Di Korea Selatan, kamu bisa menemukan aneka masakan ayam, baik di resto fast food atau kedai makan sederhana. Mengingat harga masakan olahan daging lebih mahal dibandingkan masakan olahan ayam, orang Korea lebih memilik untuk menyantap ayam sebagai lauk makan mereka.

Banchan


Kalau kamu pernah makan di restoran Korea, pasti tidak asing lagi dengan yang satu ini. Banchan adalah beragam makanan pendamping yang bisa diisi ulang secara gratis. Kalau kamu berkunjung ke Korea Selatan bersama teman dan ingin berhemat, jangan malu-malu untuk meminta banchan yang banyak!

Tidak Doyan Nyemil



Selama ini kita hampir tidak pernah melihat orang Korea Selatan yang kelebihan berat badan. Rata-rata mereka mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Rahasianya? Kebanyakan dari mereka makan tiga hari sekali dan jarang nyemil. Kalau pun nyemil, mereka lebih suka makan buah atau segelas kopi. Selain itu, mereka juga terbiasa jalan kaki loh. Biarpun Indonesia panas, sempatkanlah jalan kaki agar lebih sehat.

Lebih Memilih Air dari Soda


Minum soda sih boleh-boleh saja, tapi jika dalam satu hari kamu minum satu kaleng soda, berapa rupiah yang kamu habiskan dalam satu tahun? Orang Korea lebih menyukai air putih dibandingkan soda karena selain lebih sehat, harganya lebih murah. Air putih juga menjadi rahasia dibalik kulit orang Korea yang mulus dan bersih. Soda pasti mengandung banyak gula. Nah jika dikonsumsi terlalu banyak, gula akan menyebabkan penuaan dini. Kamu tidak mau tua terlalu cepat kan?

Siap mencoba kebiasaan mengkonsumsi yang sehat seperti orang Korea? Bisa juga dengan memulai dari masak beragam kuliner di rumah.

7 Menu Kuliner Sarapan Pagi Sehat dan Cepat dalam Pembuatannya (15 Menit)

Saat membuka instagram, banyak dari kita merasa iri hati melihat upload foto teman-teman yang sedang liburan di luar negeri. Ingin menabung tapi pengeluaran selalu lebih banyak dari pendapatan sehingga rencana berlibur keluar negeri tertunda lagi. Berbicara tentang pengeluaran, makanan lah salah satu pengeluaran kita yang terbanyak. Cara apa lagi yang dapat kita dilakukan untuk mengikis pengeluaran? Salah satunya adalah dengan mencoba meal prep menu sarapan pagi yang sehat. Sudah pernah mencobanya? Berikut ini ulasannya:

Meal prep adalah metode mempersiapkan makanan untuk sepekan yang biasa dilakukan di hari Sabtu atau Minggu. Sebagai penggiat meal prep, metode ini melatih kemampuan manajemen waktu dan anggaran! Apabila teratur, aku bisa menghemat jutaan rupiah setiap bulannya. Nah, dari jumlah uang yang kita hemat selama inilah, mungkin rencananya berlibur keluar negeri dapat kita alokasikan untuk liburan keliling Eropa.


Beriku ini ulasan tentang meal prep, 7 menu sarapan sehat untuk satu minggu yang bisa disiapkan hanya dalam 15 menit.

1. Cheesy Mushroom Scramble


Creamy dan gurih, menu sarapan sehat yang satu ini kelewat mudah cara buatnya! Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, jamur kancing, keju mozzarella dan minyak sayur.

Cara membuat

Di mangkuk berukuran sedang, kocok telur bersama jamur dan keju. Aduk hingga rata. Di panci panas yang sudah diolesi minyak sayur, tuang adonan telur. Masak dengan api kecil sambil terus diorak-arik hingga matang.

Baca juga:
Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Turunkan Berat Badan

2. Breakfast Burrito



Di negara asalnya Meksiko, burrito adalah menu sarapan terkenal karena cara membuatnya yang mudah. Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, bawang bombay, paprika hijau, tortilla, keju cheddar dan garam.


Cara membuat

Di dalam mangkuk, kocok telur, bawang bombay, dan garam hingga rata. Kemudian masak telur lalu orak arik hingga matang, sisihkan. Selanjutnya, panggang tortilla diatas wajan panas beberapa saat hingga permukaannya berwana kecoklatan, sisihkan. Di atas piring, letakkan tortilla, lalu masukkan satu sendok orak-arik telur, keju dan paprika hijau. Gulung dan bungkus dengan rapih.

3. Sup Miso dengan Telur


Orang Jepang biasa sarapan dengan sup miso karena praktis dan pas disantap dengan nasi panas. Untuk memasak menu sarapan sehat ini kamu membutuhkan pasta miso putih, bayam, telur, daun bawang dan Royco Kaldu Ayam.

Cara memasak

Panaskan panci berisi air, lalu masukkan pasta miso putih bersama kaldu ayam bubuk dan kocok hingga benar-benar larut. Kemudian, masukkan telur dan masak layaknya memasak poached egg. Masak hingga putih telur matang. Terakhir, masukkan bayam dan daun bawang. Matikan api dan sajikan.

4. Bubur Ayam Sayur


Sering punya nasi sisa semalam? Sekarang kamu bisa menyulapnya menjadi bubur lezat. Untuk menu ini kamu membutuhkan nasi, dada ayam tanpa tulang, wortel, jagung, buncis, Royco Kaldu Ayam, bawang putih, dan air.

Resep Bubur ayam sayur

Cara memasak

Masak air bersama bawang putih, kaldu, dan nasi hingga menjadi bubur. Sambil terus memasak, masukkan ayam, wortel, buncis dan jagung. Kocok terus agar tidak gosong. Masak hingga tekstur nasi halus seperti bubur.

5. Salmon dan Salad Apel


Memulai pagi dengan protein dan serat? Wah sehat banget ya! Untuk menu yang satu ini kamu membutuhkan daging ikan salmon fillet, garam, minyak zaitun, buah apel, baby spinach dan kacang almond yang sudah dicacah kasar.

Menu ini terbagi dalam dua tahap pemasakan, yaitu untuk salmon dan salad. Untuk memasak salmon, letakkan salmon di dalam wadah tahan panas, kulit menghadap bawah. Olesi dengan minyak zaitun hingga rata dan taburi dengan garam. Tutup dengan plastic wrap tahan panas dan masak dengan microwave selama 3-4 menit, sisihkan. Untuk salad, cuci bersih dan potong dadu buah apel. Di dalam mangkuk, campur potongan apel bersama baby spinach, kacang almond dan olive oil. Aduk hingga rata. Sajikan salmon bersama salad apel.

6. Couscous dan Salad Udang


Butuh alternatif yang lebih sehat dari nasi? Coba menu sarapan sehat ini, Couscous dengan Salad Udang. Untuk menu ini kamu membutuhkan couscous yang sudah direbus bersama air dan minyak zaitun, udang rebus, alpukat, selada, buah lemon, dan minyak zaitun.

Cara membuat

Di mangkuk berukuran sedang, campur udang rebus bersama potongan alpukat, daun selada, air buah lemon dan olive oil. Aduk rata tapi jangan sampai hancur. Sajikan salad bersama couscous.

7. Sup Tomat Segar


Menu sarapan sehat yang satu ini sangat populer di Amerika. Coba bikin yuk! Untuk membuat menu ini kamu membutuhkan minyak zaitun, bawang putih, bawang bombay, oregano, cabai bubuk, tomat yang sudah dikuliti, daun basil, dan Royco Kaldu Ayam.

cara membuat Sup Tomat Segar


Cara Membuat

Pertama-tama panaskan panci berisi minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay, Royco Kaldu Ayam, oregano dan bubuk cabai. Masak hingga harum lalu masukkan air dan buah tomat yang sudah dikuliti. Pindahkan isian panci ke dalam food processor atau blender, hancurkan hingga halus. Pindahkan adonan ke dalam panci lalu masak hingga matang. Sajikan dan hias dengan daun basil.

Bagaimana dengan resep-resep kuliner sarapan pagi sehat dan cepat ini? Pastinya perlu dicoba karena sehat, hemat, dan cepat untuk dibuat. Sekarang, kamu bisa menghemat banyak waktu di pagi hari untuk melakukan banyak hal lainnya sebelum berangkat bekerja.

Membawa Bekal Makan Siang ke Kantor, Pertimbangan hal ini


Kuliner - Nah, Berikut ini Pertimbangan membawa bekal makan siang ke kantor, hemat, sehat, dan pastinya sesuai dengan selera anda

Prioritaskan menu yang simple dan sehat


Sebelum memutuskan untuk memasak bekal sendiri, apa tujuan kamu untuk bawa bekal ke kantor? Kalau tujuan kamu adalah agar ingin hidup lebih sehat atau lebih hemat. Nah, praktekkan tujuan kamu ini ke dalam menu-menu yang akan kamu masak. Contohnya, kalau ingin lebih sehat prioritaskan makanan rendah kalori dan tinggi protein atau serat.


Lakukan budgeting


Tidak hanya jajan saja yang harus ada budgeting, bekal makan siang kamu juga harus ada. Memasak bekal sendiri memang jauh lebih murah, tapi pastikan kamu tidak membuang atau menyisakan bahan makanan terlalu banyak. Sayuran atau buah yang tidak termakan itu termasuk pemborosan


Lakukan Meal Prep di akhir pekan


Lakukan meal prep di akhir pekan, atau saat kamu libur. Dalam satu hari, prioritaskan untuk memasak bekal makan siang kamu dari hari Senin hingga Jumat. Bungkus makanan dengan rapih di dalam wadah makan, lalu masukkan ke dalam freezer. Bebas ribet dan bisa makan enak selama satu minggu!



Simpan Plan B


Ada waktunya di mana kamu malas masak dan tergoda untuk menyerah dan beli makanan di luar. Nah, untuk menghindari ini kamu perlu plan B! Sebaiknya kamu selalu menyimpan makanan ‘cepat saji’ di dalam freezer. Contohnya, ayam panggang. Saat malas melanda, kamu hanya perlu mengambil beberapa potongan ayam panggang, dan membuat salad praktis sebagai teman makan.



Kombinasikan masakan kamu dengan sesuatu yang sehat


Kesehatan kita memang menjadi prioritas, tapi boleh dong sesekali memanjakan lidah dengan memasak makanan yang kita sukai. Agar hidup kamu seimbang, kombinasikan bekal kamu dengan makanan sehat dan makanan yang kamu suka. Contohnya, kalau kamu ingin masak ayam goreng, jangan lupa untuk membawa salad atau buah untuk tambahan serat.

“Daur ulang” sisa makanan kamu

Punya sisa makanan yang tidak habis? ‘Daur ulang’ makanan sisa kamu menjadi bekal makan siang yang lezat. Contohnya resep Bubur Ayam Sayur ini yang bisa ‘menyulap’ nasi sisa menjadi bubur lezat yang kaya akan gizi.

7 Sumber Karbohidrat Terbaik Pengganti Nasi

Kesehatan - Meski diperlukan tubuh, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, maka berat badanpun akan terus naik. Buat kamu yang sedang mencari penggantinya tanpa harus mengorbankan disukai, berikut aku pilihkan 7 sumber karbohidrat terbaik selain nasi, roti, dan pasta.

1. Oatmeal


Oatmeal nikmat diolah menjadi bubur dengan topping potongan buah segar
Oatmeal sering disebut sebagai ‘makanan diet’ karena kaya akan serat dan membuat kamu kenyang lebih lama. Meskipun sehat, kamu harus hati-hati memilih topping yang dipilih saat membuat bubur gandum. Meski gandumnya sehat, sama saja bohong kalau kamu menyantapnya bersama makanan yang mengandung gula atau lemak. Buah-buahan atau kacang-kacangan yang tidak digoreng ataupun diasinkan bisa menjadi pilihan. Selain itu, tetap batasi jumlahnya sesuai kebutuhan.

2. Quinoa



Gaya hidup rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan atau menghindari diabetes bisa dimulai dengan mengonsumsi quinoa. Terdapat beberapa jenis quinoa dari yang berwarna putih, merah, dan hitam. Quinoa putih adalah yang paling mudah yang ditemukan di berbagai toko makanan organik zaman sekarang.

Quinoa mengandung serat yang cukup tinggi per porsinya dan baik untuk pencernaan serta menjaga kadar gula darah. Selain itu, quinoa juga merupakan sumber magnesium, fosfor, seng, serta vitamin B1, B2, dan B6 yang baik untuk tubuh. 

3. Labu



Orang Indonesia biasanya menyantap buah labu sebagai kolak, terutama di bulan puasa. Menariknya, buah labu kini dikreasikan menjadi aneka hidangan lezat seperti tumisan sehat ataupun beragam makanan pencuci mulut lainnya.

Selain berfungsi sebagai sumber karbohidrat, labu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Nah selain itu, biji buah labu juga bisa diaplikasikan pada berbagai masakan dan mengandung potassium yang bisa mengurangi risiko stroke. Beta karoten yang ditemukan dalam buah ini juga bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Untuk kamu yang masih pemula dalam hal memasak, kamu dapat dengan mudah ‘mashed potato’ versi labu. Lebih uniknya lagi, hasilnya bisa menjadi lebih lembut dan manis.

4. Bit


Sayuran ini sangat mudah dikenali karena warnanya yang merah mencolok. Beetroot atau buah bit memiliki karbohidrat yang lumayan tinggi yang membuat kamu mudah kenyang saat menyantapnya. Serat dalam bit membantu menjaga pencernaan kamu agar tetap sehat. Jika kamu kurang suka dengan ‘rasa tanah’-nya, kamu bisa memanggang bit hingga kering lalu diberi taburan keju di atasnya.

Bit segar juga bisa dinikmati. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa menggunakannya sebagai campuran salad. Potong bit tipis-tipit dan tambahkan saus yogurt yang sudah dicampur dengan air perasan buah lemon. Segar deh!

5. Buah Sukun




Sukun adalah sepupu dekat buah nangka. Ketika dimasak, buah tropis ini memiliki mirip tekstur yang mirip dengan roti. Seperti roti, sukun merupakan sumber karbohidrat, protein nabati, dan vitamin.

Enak dan murah meriah, serat yang ditemukan pada sukun dapat membantu penderita diabetes untuk tetap mengonsumsi karbohidrat dengan aman. Penelitian menunjukkan bahwa serat buah sukun dapat mengontrol diabetes dengan mengurangi penyerapan glukosa dari makanan lain yang kita konsumsi.

6. Chickpea




Merupakan salah satu jenis kacang yang populer di negara Timur Tengah, chickpea adalah sumber karbohidrat yang sangat baik. Satu cangkir chickpea yang sudah dimasak mengandung 45 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Jika kamu mengganti nasi dengan chickpea untuk tujuan diet dan dilakukan dengan telaten, berat badan dijamin akan turun dan rasa lapar yang sering tiba-tiba datang di malam hari bisa dicegah.

7. Pisang


Pisang mudah dicerna dan dibawa kemana-mana. Satu pisang besar mengandung 31 gram karbohidrat dan potassium yang membantu mempertahankan fungsi saraf dan otot. Pada dasarnya buah pisang adalah cemilan murah yang mempunyai banyak kebaikan untuk tubuh kita. Untuk kamu yang sedang rajin-rajinnya nge-gym, sajikan pisang bersama kacang untuk meningkatkan pemulihan dan perbaikan otot.

5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat

Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman, salah satunya adalah gaya hidup mereka yang sehat. Sebagai contoh, orang Jerman lebih memilih naik sepeda daripada naik mobil karena lebih sehat dan juga menghemat biaya parkir mobil yang mahalnya minta ampun. Gaya hidup ini juga tercermin dari kebiasaan makan orang Jerman juga yang serba sehat.

Mau tahu apa aja kebiasaan makan sehat itu? Berikut adalah beberapa yang bisa dicontoh.

Pecinta Sauerkraut


Asem-asem kecut tapi bikin nagih. Itulah serunya menikmati sauerkraut! (Foto: Shutterstock)

Sauerkraut merupakan asinan kubis yang khas dan orang Jerman biasa menikmatinya sebagai makanan pendamping. Cita rasa sauerkraut ini masam karena ada proses fermentasi alami. Tidak hanya kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan, tetapi juga mengandung Vitamin A, B, C, dan E. Kalau ingin mencoba sauerkraut, bisa juga dimakan sebagai isian pada roti atau teman pendamping makan steak ataupun sosis.

Sarapan dengan Muesli




Apakah kita termasuk yang suka sarapan makanan “kelas berat” seperti mi ayam atau lontong sayur? Jika memulai hari dengan makanan sarat karbo, biasanya kita gampang mengantuk. Kalau sudah mengantuk, bisa-bisa hari itu menjadi tidak produktif!

Orang Jerman biasa sarapan dengan muesli, yaitu serealia kering yang dibuat dari campuran oat, kacang, buah, dan gandum yang dipanggang hingga kering. Muesli ini bisa disantap dengan susu atau sebagai cemilan saat jam nanggung.

Kenapa muesli ini sehat? Kandungan seratnya sangat tinggi dan gandum yang terkandung di dalamnya baik untuk sistem pencernaan. Kombinasi gandum dan kacang-kacangan membuat perut kenyang lebih lama. Godaan untuk nyemil pun akan terhindari.

Nyemil roti kaya serat


Roti yang orang Jerman biasa konsumsi bukanlah roti tawar putih seperti biasanya. Jika dibandingkan dengan roti yang biasa kita makan, roti Jerman mempunyai karakteristik lebih kasar dan berwarna cokelat. Kalau beberapa tahun yang lalu kita sempat heboh dengan roti whole grain, orang Jerman justru sudah sedari dulu meninggalkan roti tawar putih. Alasannya? Roti dengan tekstur kasar seperti roti rye, whole grain, atau whole wheat mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Tidak melewatkan sarapan


Sarapan bersama keluarga telah menjadi salah satu kebiasaan makan orang Jerman. Sebagian besar keluarga di Jerman menikmati sarapan mereka dengan jus jeruk, kopi, atau susu bersama dengan roti atau telur rebus. Orang Jerman jarang berbicara satu sama lain saat makan. Mereka biasanya tenang ketika menikmati makanan mereka tanpa terburu-buru.

Gurkensalat


Selain sauerkraut, kebiasaan makan orang Jerman lainnya adalah mengonsumsi gurkensalat atau selada mentimun. Gurkensalat ini populer di berbagai kalangan umur, terutama anak-anak. Renyah dan nikmat disantap sebagai teman makan, gurkensalat juga kaya akan vitamin. Mentimun mengandung 95% air, sehingga menyantap gurkensalat baik untuk menjaga hidrasi dan membuat perut kenyang lebih lama.

Meskipun tidak mudah menerapkan gaya hidup orang Jerman ini sepenuhnya di Indonesia, tentunya ada beberapa di antaranya yang bisa dicontoh. Dengan mengusahakan perpaduan pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dijamin akan membuat kualitas hidup kita semakin meningkat setiap harinya.

6 Negara Tersehat di Dunia dilihat Dari Ciri Khas Makanannya

Sama seperti Indonesia, setiap negara pasti punya makanan yang menjadi ciri khasnya. Dari makanan saja, kita bisa menilai kebiasaan makan penduduk negaranya. Sebagai contoh, Jepang dikenal akan sushi dan sashimi yang kaya protein. Kebiasaan makan sushi dan sashimi ini berimbas positif pada kesehatan penduduknya.

Selain memiliki angka harapan hidup yang tinggi, tingkat obesitas di Jepang juga hanya 3,5% dari total penduduk, lho! Selain Jepang, masih ada 6 negara tersehat di dunia yang bisa kamu intip kebiasaan makan penduduknya.

Norwegia


Roti Rye mengandung lebih banyak serat. (Foto: Shutterstock)
Sebagai orang Indonesia, kita terbiasa dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi atau roti. Meski sama-sama doyan karbohidrat, penduduk Norwegia lebih memilih roti dengan kadar serat tinggi seperti roti jenis rye atau whole wheat.

Saat jam makan malam, meja makan penduduk Norwegia selalu dipenuhi dengan hidangan serba ikan seperti salmon, sardine atau haring. Persamaan dari ketiga ikan ini? Ketiganya kaya akan omega 3, protein, zat besi, dan vitamin A.

Swiss


Sebagai salah satu negara penghasil cokelat terbaik di dunia, Swiss dikenal akan bentang alamnya yang cantik dan asri. Mirip dengan Norwegia, penduduk Swiss juga memilih roti kaya serat dibandingkan roti biasa.


Baca Juga :
cara menjalankan pola hidup sehat untuk turunkan berat badan

Satu kebiasaan makan yang patut kita contoh dari penduduk Swiss adalah mereka lebih memilih makan besar bersama keluarga atau teman di satu meja, dibandingkan nyemil sendirian di depan televisi.

Islandia


Di Islandia pecinta hidangan ikan pasti akan hidup bahagia! Kenapa? Berkat peraturan pemerintah Islandia terhadap regulasi pasokan ikan segar, penduduk negara ini mendapat kemudahan untuk mengonsumsi ikan kaya protein seperti salmon atau haring. Selain baik untuk sel otot, kandungan protein ikan yang tinggi membuat perut kita kenyang lebih lama.

Austria


Salah satu daya tarik bagi turis yang datang ke Austria adalah pasar lokalnya yang menjual aneka bahan makanan segar dan berkualitas tinggi. Hebatnya lagi, di Austria, makanan berlabel organik lebih murah dibandingkan dengan makanan berlabel non-organik. Mudahnya akses mendapatkan bahan makanan segar menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat bagi penduduk negara ini.


Swedia


Kalau kamu pernah mengunjungi Swedia, kamu akan menyadari bahwa negara ini penduduknya cenderung tinggi-tinggi dan langsing. Penduduk Swedia mendapatkan sebagian besar kalori harian mereka dari sayur-sayuran hijau, biji-bijian atau ikan. Kebiasaan nyemil mereka pun sehat banget! Susu, yoghurt dan keju adalah tiga cemilan kegemaran penduduk Swedia.

Australia


Penduduk Australia doyan makan, tapi mereka juga doyan olahraga. Beruntung negaranya dikelilingi oleh pantai berombak tinggi, Australia dikenal sebagai negaranya para surfer. Soal urusan makan, penduduk Australia dikenal rajin sarapan dengan Vegemite, yaitu olesan roti yang terbuat dari ekstrak ragi yang kaya akan vitamin B dan protein.

Cara yang Paling Mudah Membuat Pizza Tanpa Oven ala Anak Kos


Sudah menjadi kewajiban bagi kamu anak kos untuk menjadi kreatif supaya dapat bertahan hidup di segala kondisi. Apalagi saat akhir bulan datang. Contohnya, saat sedang ingin makan pizza, anak kos harus mencari cara bagaimana agar bisa memasak pizza di rumah tanpa keluar biaya yang banyak.


Agar hidup kamu semakin mudah, berikut tiga cara membuat pizza tanpa oven. Mudah, murah, dan rasanya tidak kalah dengan pizza yang ada di restoran!

Pizza Kukus




Hah, pizza kok dikukus, memangnya enak? Heits, jangan pesimis dulu. Kalau kemarin brownis kukus sempat ngehits dan jadi cemilan nomor satu di ibu kota, pizza kukus bisa jadi cemilan ngehits berikutnya! Meski cara masaknya berbeda, pizza kukus punya cita rasa yang sama dengan pizza oven. Yang membedakan hanyalah rotinya saja yang lebih empuk.

Cara Membuat Pizza dengan di Kukus


Untuk membuat Pizza Kukus kamu membutuhkan: Tepung terigu, ragi instan, garam, mentega dan air hangat. Tahapan membuatnya: Campur tepung terigu, ragi, dan mentega. Aduk adonan hingga kalis dan bentuk bulat-bulat. Diamkan adonan hingga mengembang, lalu olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Kukus pizza selama 10-15 menit sambil terus ditutupi dengan kain agar air tidak menetes ke dalam pizza.

Pizza Rice Cooker


Rice cooker yang serba bisa. (Foto: Shutterstock)


Cara Memasak Pizza dengan Rice Cooker


Untuk anak kos, memasak dengan rice cooker adalah salah satu cara membuat pizza tanpa oven. Untuk Pizza Rice Cooker kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentega, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Tahapan membuatnya: Larutkan gula, kaldu ayam bubuk, garam dan ragi ke dalam air hangat. Aduk dan diamkan hingga berbuih.

Kemudian, di mangkuk berukuran sedang, campur tepung, mentega, dan susu, aduk hingga rata. Di mangkuk berisi tepung, masukkan air campuran ragi. Uleni adonan hingga kalis. Kemudian diamkan adonan yang ditutup dengan kain lembap selama 30 menit.

Setelah mengembang, masukan adonan pizza ke dalam wadah rice cooker. Tusuk-tusuk adonan menggunakan garpu baru kemudian olesi dengan saus dan topping pizza sesuai selera. Tutup dan tekan tombol ‘cook’ dan masak selama 5 menit. Ketika tombol berpindah ‘warm’, tekan ‘cook’ kembali. Ulangi selama 3 kali atau hingga pizza matang.

Pizza Teflon


Pilih toppingnya sendiri. (Foto: Shutterstock)

Cara Memasak Pizza dengan Teflon


Alat masak apa yang dimiliki sejuta umat? Jawabanya adalah panci teflon. Cara membuat pizza tanpa oven yang paling mudah adalah dengan menggunakan panci tanpa lengket. Yuk lihat apa saja bahan-bahan yang kamu butuhkan.

Untuk membuat Pizza Teflon kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentega, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Cara membuat adonan Pizza Teflon persis sama dengan Pizza Rice Cooker. Yang membedakan adalah setelah mengembang, adonan dipindahkan ke teflon yang sudah diolesi minyak sayur. Kemudian, tusuk-tusuk adonan dengan garpu. Lalu lalu olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Masak dengan api kecil hingga matang.

Nah demikianlah artikel cara paling mudah membuat pizza, sehingga tanpa beranjak dari rumah kos pun, anda dapat menikmati kuliner barat satu ini. Bagaimana, apa anda mau mencoba memasak pizza tanpa oven, bagaimana rasanya ya... !!!