-->

Pendakian Gunung Pulosari Banten

Daftar Isi [Tampil]
Wisata alam Gunung Pulosari Landscape Gunung Pulosari, Pandeglang. Foto: Instagram

Gunung Pulosari adalah sebuah salah satu gunung terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, bisa dikatakan bahwa Gunung Pulosari adalah gunung paling favorit bagi kawula muda di Banten karena selain tidak terlalu tinggi, pemandangan yang ditawarkan juga cukup indah. Namun begitu gunung ini menyimpan misteri-misteri yang unik untuk ditelusuri.

Gunung Pulosari
Lokasi Gunung Banten
Elevasi 1.346 mdpl
Jenis Gunung Stratovolcano Tipe B
Jalur pendakian Kampung Mandalawangi atau Desa Cilentung
Puncak Kawah Ratu
Lama pendakian 4 - 6 Jam
Level pendakian Mudah
Koordinat 6°20’29.8″S 105°58’41.6″E

Berapa MDPL Gunung Pulo Sari

Gunung Pulosari memiliki ketinggian 1346 Mdpl, walaupun tingginya yang tidak melebihi Gunung Andong di Magelang, tapi jangan salah, jalur pendakian di Gunung Pulosari cukup menguras tenaga.

Misteri Gunung Pulosari

Bagi masyarakat sekitar, Gunung Pulosari adalah gunung yang penuh misteri karena ditemukan banyak arca dan situs-situs kuno disekitar kawasan gunung. Arca tersebut terdiri dari satu dasar patung dan lima arca berupa Shiwa Mahadewa, Durga, Batara Guru, Ganesha dan Brahma.

Sebagai pusat spiritual kerajaan era Banten Girang, Sunan Gunung Jati dan putranya Hasanuddin melihat Gunung Pulosari sebagai Brahmana atau kendali. Di atas gunung itu, konon hidup 800 ajar (pendeta) di bawah pimpinan raja Pajajaran Ragamulya alias Prabu Surya Kencana atau yang dikenal dengan Prabu Pucuk Umun (1537 – 1579 M).

Hasanuddin yang tinggal hampir 10 tahun di kawasan Gunung ini dan berhasil mengislamkan kaum ajar tersebut dan mengambil alih pimpinan spiritual di sana. Sementara bagi masyarakat yang menolak masuk Islam bergeser ke daerah pegunungan Selatan, yang dikenal dengan Pegunungan Kendeng, Kanekas, Banten.

Di sisi lain, Museum Nasional Indonesia di Jakarta terdapat sejumlah arca yang disebut "arca Caringin" karena pernah menjadi hiasan kebun asisten-resisten Belanda di tempat tersebut. Arca tersebut dilaporkan ditemukan di Cipanas, dekat kawah Gunung Pulosari.

Menurut pengalaman para pendaki yang sudah mendaki di Gunung Pulosari, walaupun tingginya hanya 1346 Mdpl, namun jalur pendakiannya hampir mirip dengan jalur Gunung Cikuray dan Gunung Gede via Putri.

Pendakian Gunung Pulosari, Banten

Berdasarkan kutipan dari beberapa sumber banyak tempat misteri di gunung pulo sari diantaranya adalah:

1. Raja Babi

Dulunya wilayah Pulosari adalah salah satu tempat pemasok pisang terbanyak di Pandeglang. Namun, sejak kepala desa Pulosari wafat, muncul serangan binatang-binatang merusak pohon-pohon pisang serta perkebunan masyarakat. Masyarakat setempat meyakini Binatang itu adalah Raja Babi yang disebut-sebut memiliki tubuh sebesar kerbau.

2. Suara misterius

Pengakuan dari beberapa pendaki yang mengalami pengalaman mistis, mereka pernah mendengar suara misterius dari Gunung Pulosari seperti suara tangisan, suara teriakan, suara gaduh, suara keramaian, suara tertawa, dan sebagainya.

3. Bola api yang disebut Ocos

Bola api ini dipercaya akan menuntun pendaki gunung hingga mereka sampai puncak. Akan tetapi menurut sumber lain menyebutkan bahwa bola api akan muncul pada saat malam hari di hadapan pendaki yang melewati jalur 3. Untuk menghindari kejadian yang tidak dikehendaki, pemandu wisata alam atau masyarakat setempat segera menutup jalur tersebut begitu terdengar Ocos akan muncul.

Masih banyak misteri melingkupi gunung pulosari banten, nah bagaimana apakah anda juga pernah mengalami salahsatu nya?

Cara Menuju ke Basecamp Gunung Pulosari

Untuk menuju ke Basecamp Gunung Pulosari, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Pandeglang kamu tinggal menuju kearah pertigaan Mengger, setelah sampai di Mengger kamu tinggal lurus saja menuju Mandalawangi, tetap lurus hingga kamu sampai di Pari hingga kamu menemukan Pasar Pari.

Tidak jauh dari Pasar Pari akan terdapat petunjuk bertuliskan Tempat Wisata Pulosari, ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi.

Sedangkan bagi kamu yang ingin menggunakan transpotrasi umum, kamu bisa naik kereta dengan jalur : Tanah Abang/Duri - Rangkasbitung, St. Rangkas - Terminal Mandala, Terminal Mandala - Pandeglang, Pandeglang - Pasar Pari, dari Pasar Pari menuju Warung/Basecamp harus naik ojek.

Atau kamu juga bisa menggunakan bus dengan jurusan Kalideres – Labuan dan turun di pertigaan Mengger lalu dilanjutkan dengan naik angkot menuju Pari dan dilanjutkan lagi dengan ojek menuju Basecamp.

Biaya Retribusi Gunung Pulosari

Biaya retribusi Rp. 10.000/orang (harga tiket bisa berubah kapanpun)

Spot Camp Terbaik di Gunung Pulosari

Lebih disarankan untuk mendirikan tenda di sekitar kawah karena areanya yang sangat luas dibandingan di puncak yang cukup sempit dan akan langsung penuh saat banyak pendaki.

Sumber Air di Gunung Pulosari

Ya, di Gunung Pulosari terdapat sebuah air terjun bernama Curug Putri yang dijadikan sebagai tempat wisata, lokasi Curug Putri setelah kita melewati Pos 1, biasanya para pendaki lebih memilih berlama-lama disini untuk bersantai.

Tips Mendaki di Gunung Pulosari Banten

Untuk anda yang ingin melakukan pendakian gunung pulosari dianjurkan dapat melihat ulasan tips berikut ini: 

  1. Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Pulosari adalah saat musim kemarau, karena saat musim hujan jalur akan sangat licin.
  2. Sumber air yang jernih adalah di Curug Putri, selain itu biasanya keruh karena ulah para pendaki nakal.
  3. Lokasi camp terbaik adalah di Kawah
  4. Di Kawah terdapat warung dan kamar mandi, jadi kamu tidak perlu kawatir buang air sembarangan.
  5. Disarankan utnuk melatih fisik seminggu sebelum mendaki, karena walaupun tidak terlalu tinggi tapi Gunung Pulosari memiliki jalur yang cukup susah.

FAQ Pendakian Gunung Pulosari

Apakah Terdapat Warung di Jalur Pendakian Gunung Pulosari ?

Terdapat warung di Basecamp dan Kawah, namun untuk warung di area kawah biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Apakah Jalur Pendakian Gunung Pulosari Mudah ?

Sesuai pengalaman para pendaki, jalur pendakian Gunung Pulosari bisa dibilang cukup menguras tenaga, jalur akan semakin berat setelah kita melewati Curug Putri, dari situ jalur lebih didominasi oleh tanjakan dan sangat minim “bonus”.

Berapa Lama Pendakian di Gunung Pulosari ?

Rata-rata waktu pendakian di Gunung Pulosari sekitar 3 jam, tergantung kecepatan kita dalam berjalan, terutama ketika dari kawah menuju puncak, disini terdapat dua jalur yang bisa kita pilih.


Nah kapan kamu akan mendaki gunung pulosari, tentu anda harus menyiapkan segala sesuatu peralatan dan harus tahu tentang manajemen logistik dan manajemen pendakian yang baik sehingga pendakian yang anda lakukan dapat berkesan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata