-->

Sam Poo Kong, Tempat Wisata Instagramable 2022 di Semarang

Daftar Isi [Tampil]
https://www.travellinkinfo.com/2019/07/sam-poo-kong-tempat-wisata.html
Sam Poo Kong. Foto: Instagram

Semarang, daerah yang berada di Jawa Tengah, kota satu ini mempunyai banyak ragam jenis wisata diantaranya wisata sejarah, religi, alam hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata di Semarang yang sudah cukup populer sebagai wisata sejarah dan religi adalah klenteng Sam Poo Kong.

Sam Poo Kong, sebuah bangunan klenteng yang difungsikan sebagai tempat beribadah masyarakat China. Bangunan tersebut berwarna merah dan kuning, seperti layaknya Klenteng khas negeri China.

Selain menjadi tempat beribadah, vihara Sam Poo Kong juga menjadi salah satu tempat wisata instagramable di Semarang yang cukup populer, terutama dikalangan anak muda. Kawasan klenteng terbilang cukup luas jadi bisa menampung banyak pengunjung.

Sejarah Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong adalah Situs bangunan kuno warisan Cheng Ho. Seorang Laksamana yang bergama Islam dari China, ketika memasuki kawasan Klenteng, maka wisatawan dapat melihat patung Laksamana Cheng Ho yang sangat besar terlihat berdiri kokoh.

Bangunan utama dari situs kuno di semarang ini adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an.

Sam poo kong

Goa asli dari vihara ini tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian di rehab kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.

Baca juga: Destinasi Wisata Lawang Sewu di Kota Semarang

Didalam bangunan Goa Batu tersebut terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berbalut emas dan difungsikan sebagai tempat bersembayang untuk memohon rezeki, keselamatan dan kesehatan, tak hanya itu saja, di kawasan bangunan kuno Klenteng wisatawan juga dapat melihat situs kuno lain.

Objek wisata berlokasi di daerah Simongan, Semarang jawa Tengah dan letaknya tidak jauh dari Jembatan Banjir Kanal Barat. Tempat wisata ini terkenal karena dulunya merupakan tempat pemujaan kepada seorang Laksamana dari jaman Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo (1402-1424) yang bernama Zheng He (1371-1435).

Menurut cerita, alkisah Laksamana Zheng He (Cheng Ho) sedang berlayar melewati Laut Jawa lalu kemudian merapatkan kapalnya  ke Pantai Utara Semarang. Cheng Ho sebagai seorang nahkoda yang beragama Islam yang sedang berlayar menjelajah dunia sambil melakukan syiar ajaran islam ke stiap penjuru yang beliau singgah. Setelah menyandarkan kapalnya beliau mendirikan sebuah masjid di tepi pantai, yang saat ini sudah berubah fungsi menjadi klenteng/vihara.

Objek Wisata Instagramable

Di lokasi objek wisata juga dapat dijumpai altar dan makam orang-orang kepercayaan Laksamana cheng ho yang kerap pula disambangi traveler. Ada keunikan pada pemberian nama bangunan tersebut, karena berdasarkan pada benda berasal dari kapal tersebut. Bangunan-bangunan tersebut diantaranya :

1. Klenteng Thao TeeKong

Bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon berkah dan keselamatan hidup.

2. Kyai Juru Mudi

Kyai Juru Mudi adalah situs makam dari juru mudi kapal yang ditumpangi oleh Laksamana Cheng Ho.

3. Kyai Jangkar

Di situs kuno kyai jangkar terdapat jangkar asli dari kapal Laksamana Cheng Ho. Jangkar ini dibalut oleh kain berwarna merah. selain itu tempat ini juga digunakan untuk mendoakan arwah yang tidak bersanak keluarga yang mungkin belum mendapat tempat di alam baka.

Di ruang ini ada 5 tempat pemujaan yaitu:

a. Tempat Sembahyang Arwah Ho Ping

Tempat untuk menyembah arwah yang tidak bersanak keluarga yang belum memperolah tempat di alam baka.

b. Tempat Pemujaan Nabi Khong Tju

Tempat penghormatan atas jasa Nabi Khong Tju (peletak dasar ajaran moral China)

c. Tempat Mbah Kyai Jangkar

Lokasi dan alat untuk konsentrasi dalam sembahyang.

d. Tempat Pemujaan Kyai Cundrik Bumi

Merupakan tempat penyimpanan pusaka jaman Sam Po Kong.

e. Tempat Pemujaan Kyai & Nyi Tumpeng

Terdapat prasasti dalam bentuk makam yang digunakan untuk memohon berkah serta menempa diri. Cara bersembahyang yaitu sebelum sembahyang harus menyalakan lidi dupa (Hio) untuk memohon perkenan Tee Khong atau Tuhan.

4. Kyai Cundrik Bumi

Merupakan tempat penyimpanan segala jenis senjata milik awak kapal Laksamana Cheng Ho.

5. Kyai dan Nyai Tumpeng

Kyai dan Nyai Tumpeng adalah tempat penyimpanan bahan makanan pada masa Laksamana Cheng Ho.

Keunikan Objek Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng merupakan sebuah bangunan yang memiliki fungsi utama untuk sembayang, jadi tidak semua orang diperbolehkan memasuki setiap ruangan, akan tetapi kita masih tetap bisa melihat keindahan arsitektur bangunan Klenteng dari luar.

Klenteng bisa menjadi lokasi favorit bagi kamu pecinta fotografi, sebab bangunan-bangunan di kawasan Klenteng terlihat sangat unik dengan ciri khas bangunan China, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke China untuk melihat bangunan seperti itu.

Sam poo kong malam hari
Sam Poo Kong Tempat wisataSemarang

Setiap harinya pengunjung selalu ramai berkunjung, terutama kalangan anak muda, nah, setelah kamu puas berkeliling di kawasan Klenteng, dengan biaya tambahan kamu bisa mencoba berfoto dengan menggunakan pakaian khas China juga lho.

Sarana dan Prasarana Sam Poo Kong

Fasilitas:

  • WC
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Spot foto
  • Pusat informasi

Harga Tiket Masuk Wisata Sam Poo Kong Semarang

  • Dewasa : Rp 10.000 (masuk area wisata) dan Rp 28.000 (masuk area sembahyang)
  • Anak-anak: Rp 8.000 (masuk area wisata) dan Rp 15.000 (masuk area sembahyang)
  • Wisatawan asing: Rp 15.000 (masuk area wisata) dan Rp 45.000 (masuk area sembahyang)
  • Wisatawan asing anak-anak: Rp 8.000 (masuk area wisata) dan Rp 28.000 (masuk area sembahyang).

(Harga update bulan juli)

Foto menggunakan pakaian khas China
Rp.70.000/orang

Jam Buka Sam Poo Kong

Sam Poo Kong buka mulai pukul 08.00 - 21.00 WIB

Alamat sam poo kong semarang

Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
Koordinat Objek wisata : Klik link

Penginapan terdekat

Untuk wisatawan yang ingin mencari jasa penginapan di sekitar objek wisata sangatlah mudah, dan banyak hotel dan penginapan berada dekat dengan kawasan karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang.

Tips Berkunjung

1. Kunjungi semua bagian klenteng

Wisatawan dapat mengunjungi semua bagian klenteng. Setidaknya ada enam bagian yakni tempat pemujaan Dewa Bumi, makam dari juru mudi kapal, Kyai Jangkar, tempat penyimpanan segala jenis senjata, dan tempat penyimpanan bahan makanan.

Masing-masing bagian klenteng memiliki keunikannya sendiri, dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

2. Berburu spot foto instagramable

Sam Poo Kong merupakan perwujudan dari arsitektur khas negeri China, dan dominasi warna merah dan kuning menjadikan semakin instagramable.

Bagi kamu yang liburan ke tempat ini, siapkan kamera atau gadget dengan daya baterai full.

3. Menyewa pakaian khas China

Bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen menjadi lebih berkesan bisa menyewa pakaian khas China. Terdapat banyak pilihan pakaian mulai dari anak-anak hingga dewasa. wisatawan juga dapat menggunakan jasa fotografer yang bisa mengabadikan momen terbaik.

4. Kunjungi saat malam hari

Sam Poo Kong dapat dikunjungi siang maupun malam hari. Namun bagi wisatawan yang tidak terikat waktu saat berwisata ke Semarang, ada baiknya mengunjungi tempat ini di malam hari atau di sore hari menjelang malam. Sensasi pada malam hari saat berkunjung pun akan berbeda. Dimana lampu-lampu akan dinyalakan dan bangunan akan terlihat lebih cantik.

5. Menyewa guide

Untuk para wisatawan yang ingin mengetahui tentang objek wisata semarang, anda dapat menggunakan jasa guide yang telah di sediakan di objek wisata. Dengan menggunakan jasa guide ini, wisatawan lebih tahu tentang sejarah hingga hal-hal yang rinci dari situs kuno ini.

Nah itulah artikel tentang tempat wisata favorit Sam Poo Kong di Semarang, kalau anda berada di kota semarang tidak salahnya berkunjung ke objek wisata instagramble ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sam Poo Kong, Tempat Wisata Instagramable 2022 di Semarang"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata