7 Puncak Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

7 Puncak Gunung Tertinggi Di Sumatera

Indonesia selain memiliki panorama pantai yang fantastis juga memiliki gunung tertinggi yang layak mengalihkan pandangan pendaki gunung dunia dan domestik. Tidak hanya itu kerapatan hutan tropis yang sangat rimbun dan asri menjadikan pilihan tepat untuk di daki.

Dalam bingkai Indonesia, Pulau Sumatera adalah salah satu wilayah yang memiliki Gunung yang pantas di jejelajah untuk mendaki ke gunung tertinggi tersebut. Berikut ini yaitu (tujuh) 7 gunung yang terletak di pulau sumatera diantaranya yaitu :


GUNUNG KERINCI



Gunung Kerinci

Letak : Propinsi Jambi
Ketinggian : 3.805 mdpl
Koordinat Lokasi : 1° 41′ 48″ LS, 101° 15′ 56″ BT

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan gunung merapi tertinggi di Indonesia. Masuk dalam Wilayah Taman Nasional Gunung Kerinci – Seblat yang merupakan habitat hidup harimau dan rino sumatera yang hampir punah.

GUNUNG LEUSER


Taman Nasional Gunung Leuser

Letak : Propinsi Aceh tepatnya di daerah Taman Nasional Gunung Leuser
Ketinggian : 3.119 mdpl
Koordinat Lokasi : 3° 47′ 51″ LU, 97° 13′ 9″ BT

Gunung Leuser mempunyai 3 jejeran puncak tertinggi diantaranya puncak leuser (3.119 mdpl), puncak loser (3.405 mdpl) dan puncak tanpa nama (3.445 mdpl). Untuk dapat kepuncak gunung tertinggi di Propinsi Aceh ini dapat memakan waktu selama 14 hari. Taman Nasional Gunung Leuser dinobatkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.

GUNUNG DEMPO


Gunung dempo Propinsi Sumatera Selatan

Letak : Propinsi Sumatera Selatan
Ketinggian : 3.159 mdpl
Koordinat Lokasi : 4° 0′ 57″ LS, 103° 7′ 42″ BT

Gunung dempo merupakan gunung merapi tipe kerucut (stratovolcano) yang masih aktif gunung ini merupakan gunung tertinggi di sumatera selatan kota terakhir menuju gunung ini dalah Kota Pagaralam.

GUNUNG BANDAHARA



Letak : Propinsi Aceh
Ketinggian : 3.030 mdpl
Koordinat Lokasi : -

Gunung bandahara bukan tipe gunung merapi, gunung tertinggi kedua di Propinsi Aceh dan ke empat di Sumatera, letak gunung ini tepatnya 50 km disebelah tenggara timur Kota Blang Kejeren ibukota Gayo Lues – Aceh.

GUNUNG TALAMAU



Letak : Propinsi Sumatera Barat
Ketinggian : 2.982 mdpl
Koordinat Lokasi : 0° 4′ 45″ LU, 99° 59′ 0″ BT

Gunung ini merupakan gunung merapi tidak aktif dan gunung tertinggi di Sumatera Barat, disebut juga gunung ophir, yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar. Gunung ini setidaknya mempunyai 13 telaga dengan hutan yang dapat dibilang masih perawan.

GUNUNG MERAPI



Letak : Propinsi Sumatera Barat
Ketinggian : 2.891 mdpl
Koordinat Lokasi : 0° 22′ 47″ LS 100° 28′ 16″ BT

Gunung kedua tertinggi di Propinsi Sumatera Barat letaknya di Kabupaten Agam tetangganya gunung singgalang, Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia dan gunung favorit para pendaki lokal. 

GUNUNG GEUREUDONG



Letak : Propinsi Aceh
Ketinggian : 2.885 mdpl
Koordinat Lokasi : -

Gunung yang terletak di Kabupaten Bener Meriah – Aceh ini merupakan gunung merapi. Informasi jalur wacana gunung ini masih sangat sedikit sebab memang sangat jarang didaki, kalah terkenal dengan gunung burnitelong yang berada disebelahnya, sebab posisi yang bersebelahan itu juga banyak orang yang salah sebut dengan kedua gunung ini.