-->

18 Tempat Wisata Di Sabang Terbaru Yang Mesti di Kunjungi

Daftar Isi [Tampil]

Wisata Sabang - Dalam pelajaran geografi kita mengenal Kota Sabang sebagai kota paling barat di Indonesia. Secara administratif, Sabang masuk dalam wilayah provinsi Aceh, namun secara lokasi terletak di Pulau Weh.

Tempat wisata di sabang mulai banyak dikenal oleh pengunjung domestik maupun mancanegara. Memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di sisi utara dan barat dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya, dan Pulau Rondo sebagai pulau yang terletak paling utara.

Sabang dikenal dengan panorama alam pantainya yang mengesankan. Tidak heran bila Sabang dijadikan tuan rumah untuk aneka ekspo kelautan ibarat Sail Sabang pada 2017 kemudian dan Sabang Marine Festival April tahun ini. Sabang sekarang juga telah mempunyai Sabang Yacht Club yang terkoneksi dengan Yacht Club lain di Asia Tenggara.

Destinasi Wisata Di Kota Sabang Yang Mengesankan
Wisata Di Kota Sabang

Tidak hanya panorama pantainya saja yang bagus, Sabang juga mempunyai banyak destinasi wisata lain yang akan menciptakan liburanmu semakin berkesan. Baca terus dongeng lengkapnya ya.

Tempat Wisata di Sabang yang wajib dikunjungi

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih. Image credit: @nicole.hsinchia

Pantai yang satu ini sanggup dibilang pantai yang jadi ikon Kota Sabang. Lokasinya hanya 30 menit dari sentra kota. Situasi pantai dan ombak yang hening menciptakan pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Alam bawah lautnya yang cantik juga jangan hingga dilewatkan begitu saja. Ada banyak tersedia banyak sekali tipe penginapan di bersahabat pantai kalau kau ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Pantai Sumur Tiga

Image credit: @adrianyyen (kiri), @aiu_omeng (kanan)

Di sisi timur Kota Sabang terdapat sebuah pantai yang jadi favorit banyak orang untuk menikmati sunrise. Pasir pantainya yang putih dan jernihnya air pantai akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Nama sumur tiga diambil dari sejarah tiga sumur air tawar yang konon katanya berada di area pantai ini. Kamu juga sanggup menghabiskan waktu siangmu dengan makan- makan di warung seafood yang banyak tersebar di area pantai.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3. Pantai Anoi Itam

Wisata Pulau Weh
Pantai Anoi Itam. Image credit: @azraazuar (kiri), @erlina_ind (kanan)

Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai yang satu ini pasirnya berwarna hitam. Asal muasal pasir pantai Anoi berwarna hitam ialah alasannya berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh.

Pasir di sini dipercaya sanggup menyembuhkan penyakit kulit lho. Warna hitam pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di pantai sehingga menunjukkan pemandangan yang mungkin tidak sanggup kau temukan di tempat yang lain.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot Sabang
Image credit: @edwingirsang

Danau terbesar di Pulau Weh ini merupakan sumber air tawar bagi masyarakat Kota Sabang dan sekitarnya. Berbagai macam kegiatan menyenangkan sanggup kau lakukan di sini, di antaranya ialah bersantai di pinggiran danau, kayaking, atau sekedar menikmati pemandangan Gunung Marapi dari kejauhan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Air Terjun Pria Laot

Pulau Weh
Air Terjun Pria Laot. Image credit: @reinaldycb

Air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang berada di area hutan menciptakan tempat jeram terasa sangat asri dan menyejukkan. Kolam air terjunnya mempunyai kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Kamu sanggup mandi berendam di sini sepuasnya.

Keberadaan ikan bulan yang berada di kolam jeram ini menciptakan mandi berendam makin asyik alasannya terasa ibarat digelitik oleh ikan-ikan tersebut. Ikan bulan tidak berbahaya dan bahkan kabarnya malah sanggup dijadikan ikan terapi untuk banyak sekali duduk perkara kesehatan. Wah, unik sekali ya.

Artikel terkait: Wisata Alam Air Terjun Pria Laot Sabang, Pulau Weh

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6. Gua Sarang

Gua Sarang. Image credit: @febbykhairuna (kiri), @muhammadramazan8 (kanan)

Gua Sarang ini sering disebut Raja Ampatnya Sabang. Gua Sarang sejatinya merupakan gua yang menjadi sarang burung walet. Terdapat tujuh gua yang berlokasi di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung. Ketujuh gua ini berdiri dengan kokoh di atas lautan biru Pulau Weh yang pribadi berbatasan dengan Samudera Hindia. Dijamin pemandangan di sini tidak akan pernah sanggup kau lupakan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer Image credit: @penggowes

Berkunjung ke Sabang tentunya tidak lengkap tanpa berfoto di depan tugu nol kilometer Indonesia. Karena lokasinya yang berada di tempat hutan, jangan heran kalau sepanjang perjalanan menuju monumen kau akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas.

Tinggi tugu nol kilometer ini mencapai 43,6 meter dengan empat pilar penyangga yang megah. Fasilitas di sekitar area wisata sudah sangat memadai. Mulai dari tempat makan hingga toilet dan toko buah tangan sanggup dengan gampang kau temui di sini.

Belum lengkap rasanya bila anda belum mengunjungi Nol kilometer sebagai salah satu tempat wisata di sabang. di tempat ini setelah anda berkunjung maka anda akan mendapatkan sertifikat dari pengelola objek wisata.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung. Image credit: @niealiiana (kiri), @dodysijabat (kanan)

Tidak hanya sanggup bermain-main di area pantai yang berpasir, di sini kau juga akan dimanjakan dengan jajaran watu karang megah kolam mahkota. Bahkan sekarang kau sanggup terjun dari atas watu karang ini lho. Untuk keamanan, jangan khawatir, kedalaman air di bawah karang ini hanya sekitar 4 hingga 5 meter tanpa ada batuan di bawahnya. Berani mencobanya?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9. Benteng Bunker Jepang

Benteng Bunker Jepang. Image credit: @jordan_exel (kiri), @shiddiq2711 (kanan)

Dulu, Kota Sabang mempunyai posisi geografis yang strategis sehingga tidak heran bila Jepang membangun benteng pertahanannya di sini. Bukan sembarang benteng tapi merupakan benteng bawah tanah. Benteng ini tersebar di area garis pantai Pulau Weh namun yang masih terlihat terang ialah benteng yang terdapat di bersahabat Pantai Anoi Itam. Menurut keterangan warga sekitar, benteng ini bahkan mempunyai lorong-lorong bawah tanah menuju area yang dulunya menjadi sentra komando.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal. Image credit: @ajeng_kroff

Ada satu destinasi wisata unik yang mungkin tidak akan kau temui di kota lain di Indonesia. Namanya Sirui Hidrothermal. Sirui Hidrothermal ini tidak lain ialah tempat gunung api bawah laut. Di sini kau sanggup melaksanakan penyelaman dan melihat gelembung-gelembung udara keluar dari kawah-kawah kecil.

Aneka ikan-ikan unik yang lain dari biasanya juga sanggup kau jumpai berseliweran kesana kemari. Unik sekali bukan? Tidak heran bila Sirui jadi destinasi wisata ini sangat diminati banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai. Image credit: @hijrahheiji

Sabang ternyata mempunyai gunung berapi yang masih aktif lho, namanya Gunung Jaboi. Dari gunung inilah muncul sumber mata air panas yang kemudian dimanfaatkan menjadi tempat wisata pemandian. Di sini, kau sanggup berendam dan meregangkan otot-otot di kolam air panas, sambil menikmati pemandangan pantai yang elok.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12. Sabang Hill

Sabang Hill. Image credit: @shewalkstheworld

Jika ingin melihat kota dan teluk Sabang dari ketinggian, cobalah tiba ke Sabang Hill. Sabang Hill sendiri sebetulnya merupakan nama hotel yang berada di area perbukitan. Namun warga masyarakat sekitar berinisiatif membangun gardu pandang yang sanggup dipakai oleh masyarakat umum untuk melihat pemandangan indah Kota Sabang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

13. Pantai Kasih

Pantai Kasih. Image credit: @eni_jenikawati

Pantai Kasih sanggup jadi destinasi pertama yang kau kunjungi di Sabang. Jaraknya cuma 5 menit dari sentra kota. Di sini banyak tersedia bangku-bangku yang sanggup kau duduki sambil bersantai menikmati aliran angin sepoi-sepoi. Pantai ini semakin ramai pada sore hari alasannya merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

14. Pantai Gapang

Pantai Gapang. Image credit: @contagiousd3lirium (kiri), @bebytsabina (kanan)

Meski lokasinya cukup terpencil, namun perjalanan yang jauh akan terbayar lunas sesudah kau hingga ke pantai ini. Pantainya sangat hening dengan beberapa kapal nelayan tradisional yang bersandar. Pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang di Sabang dan sangat tenang.

Pantainya terhubung dengan lautan luas menunjukkan pemandangan yang tidak terlupakan. Air pantainya sangat jernih hingga kau sanggup dengan terang melihat ikan-ikan yang berenang di sekitar dermaga.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

15. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah. Image credit: @surga.nusantara

Belum ada riwayat terang mengenai pemberian nama Pantai Tapak Gajah. Namun keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Jaraknya juga cuma 5 menit dari sentra kota Sabang. Aktivitas terkenal di pantai ini ialah snorkeling berkenalan dengan biota bawah maritim yang indah dan cantik. Pantai ini mempunyai banyak rimbunan semak-semak yang membuatnya sedikit berbeda dari pantai lain di Sabang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

17. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah. Image credit: @fahmi_yoza (kiri), @putra_ds_42 (kanan)

Tidak lengkap rasanya kalau ke Sabang tanpa melaksanakan island hopping. Salah satu pulau yang wajib kau kunjungi ialah Pulau Rubiah. Destinasi wisata yang sanggup kau temui di sini tidak lain ialah Taman Laut Rubiah yang menghadirkan pesona kekayaan alam bawah maritim terindah di Sabang.

Meski tidak berpenghuni tapi sudah cukup banyak warung dan tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang tersedia di sekitar pantainya. Untuk menuju ke sini kau sanggup menyebrang dari Pantai Iboih dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit.

Artikel terkait: Pesona Alam Wisata Sabang dan Legenda Pulau Rubiah

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

18. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi. Image credit: @piyohdesign

Kalau ingin sesuatu yang lebih menantang, kau sanggup coba mendaki Gunung Jaboi yang merupakan gunung api aktif di Pulau Weh. Ketinggian gunung ini tidak lebih dari 200 mdpl dengan jalur trekking yang cukup mudah. Pemandangannya pun tidak kalah menakjubkan. Batuan pegunungan yang berwarna putih tampak kontras dengan area hutan di sekitarnya yang hijau.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Jika anda mempunyai perencanaan wisata ke Pulau weh atau sabang, travellink juga telah membahas tentang bagaimana cara memilih transportasi murah.

Ternyata banyak sekali ya tempat wisata di sabang yang mengagumkan dan mengesankan. Nggak rugi deh kalau liburan ke sini. Yuk segera rencanakan liburanmu ke Sabang dan dapatkan pengalaman liburan yang unik dan tentunya berkesan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "18 Tempat Wisata Di Sabang Terbaru Yang Mesti di Kunjungi"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata