7 Menu Kuliner Sarapan Pagi Sehat dan Cepat dalam Pembuatannya (15 Menit)

Saat membuka instagram, banyak dari kita merasa iri hati melihat upload foto teman-teman yang sedang liburan di luar negeri. Ingin menabung tapi pengeluaran selalu lebih banyak dari pendapatan sehingga rencana berlibur keluar negeri tertunda lagi. Berbicara tentang pengeluaran, makanan lah salah satu pengeluaran kita yang terbanyak. Cara apa lagi yang dapat kita dilakukan untuk mengikis pengeluaran? Salah satunya adalah dengan mencoba meal prep menu sarapan pagi yang sehat. Sudah pernah mencobanya? Berikut ini ulasannya:

Meal prep adalah metode mempersiapkan makanan untuk sepekan yang biasa dilakukan di hari Sabtu atau Minggu. Sebagai penggiat meal prep, metode ini melatih kemampuan manajemen waktu dan anggaran! Apabila teratur, aku bisa menghemat jutaan rupiah setiap bulannya. Nah, dari jumlah uang yang kita hemat selama inilah, mungkin rencananya berlibur keluar negeri dapat kita alokasikan untuk liburan keliling Eropa.


Beriku ini ulasan tentang meal prep, 7 menu sarapan sehat untuk satu minggu yang bisa disiapkan hanya dalam 15 menit.

1. Cheesy Mushroom Scramble


Creamy dan gurih, menu sarapan sehat yang satu ini kelewat mudah cara buatnya! Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, jamur kancing, keju mozzarella dan minyak sayur.

Cara membuat

Di mangkuk berukuran sedang, kocok telur bersama jamur dan keju. Aduk hingga rata. Di panci panas yang sudah diolesi minyak sayur, tuang adonan telur. Masak dengan api kecil sambil terus diorak-arik hingga matang.

Baca juga:
Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Turunkan Berat Badan

2. Breakfast Burrito



Di negara asalnya Meksiko, burrito adalah menu sarapan terkenal karena cara membuatnya yang mudah. Untuk menu ini kamu membutuhkan telur, bawang bombay, paprika hijau, tortilla, keju cheddar dan garam.


Cara membuat

Di dalam mangkuk, kocok telur, bawang bombay, dan garam hingga rata. Kemudian masak telur lalu orak arik hingga matang, sisihkan. Selanjutnya, panggang tortilla diatas wajan panas beberapa saat hingga permukaannya berwana kecoklatan, sisihkan. Di atas piring, letakkan tortilla, lalu masukkan satu sendok orak-arik telur, keju dan paprika hijau. Gulung dan bungkus dengan rapih.

3. Sup Miso dengan Telur


Orang Jepang biasa sarapan dengan sup miso karena praktis dan pas disantap dengan nasi panas. Untuk memasak menu sarapan sehat ini kamu membutuhkan pasta miso putih, bayam, telur, daun bawang dan Royco Kaldu Ayam.

Cara memasak

Panaskan panci berisi air, lalu masukkan pasta miso putih bersama kaldu ayam bubuk dan kocok hingga benar-benar larut. Kemudian, masukkan telur dan masak layaknya memasak poached egg. Masak hingga putih telur matang. Terakhir, masukkan bayam dan daun bawang. Matikan api dan sajikan.

4. Bubur Ayam Sayur


Sering punya nasi sisa semalam? Sekarang kamu bisa menyulapnya menjadi bubur lezat. Untuk menu ini kamu membutuhkan nasi, dada ayam tanpa tulang, wortel, jagung, buncis, Royco Kaldu Ayam, bawang putih, dan air.

Resep Bubur ayam sayur

Cara memasak

Masak air bersama bawang putih, kaldu, dan nasi hingga menjadi bubur. Sambil terus memasak, masukkan ayam, wortel, buncis dan jagung. Kocok terus agar tidak gosong. Masak hingga tekstur nasi halus seperti bubur.

5. Salmon dan Salad Apel


Memulai pagi dengan protein dan serat? Wah sehat banget ya! Untuk menu yang satu ini kamu membutuhkan daging ikan salmon fillet, garam, minyak zaitun, buah apel, baby spinach dan kacang almond yang sudah dicacah kasar.

Menu ini terbagi dalam dua tahap pemasakan, yaitu untuk salmon dan salad. Untuk memasak salmon, letakkan salmon di dalam wadah tahan panas, kulit menghadap bawah. Olesi dengan minyak zaitun hingga rata dan taburi dengan garam. Tutup dengan plastic wrap tahan panas dan masak dengan microwave selama 3-4 menit, sisihkan. Untuk salad, cuci bersih dan potong dadu buah apel. Di dalam mangkuk, campur potongan apel bersama baby spinach, kacang almond dan olive oil. Aduk hingga rata. Sajikan salmon bersama salad apel.

6. Couscous dan Salad Udang


Butuh alternatif yang lebih sehat dari nasi? Coba menu sarapan sehat ini, Couscous dengan Salad Udang. Untuk menu ini kamu membutuhkan couscous yang sudah direbus bersama air dan minyak zaitun, udang rebus, alpukat, selada, buah lemon, dan minyak zaitun.

Cara membuat

Di mangkuk berukuran sedang, campur udang rebus bersama potongan alpukat, daun selada, air buah lemon dan olive oil. Aduk rata tapi jangan sampai hancur. Sajikan salad bersama couscous.

7. Sup Tomat Segar


Menu sarapan sehat yang satu ini sangat populer di Amerika. Coba bikin yuk! Untuk membuat menu ini kamu membutuhkan minyak zaitun, bawang putih, bawang bombay, oregano, cabai bubuk, tomat yang sudah dikuliti, daun basil, dan Royco Kaldu Ayam.

cara membuat Sup Tomat Segar


Cara Membuat

Pertama-tama panaskan panci berisi minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay, Royco Kaldu Ayam, oregano dan bubuk cabai. Masak hingga harum lalu masukkan air dan buah tomat yang sudah dikuliti. Pindahkan isian panci ke dalam food processor atau blender, hancurkan hingga halus. Pindahkan adonan ke dalam panci lalu masak hingga matang. Sajikan dan hias dengan daun basil.

Bagaimana dengan resep-resep kuliner sarapan pagi sehat dan cepat ini? Pastinya perlu dicoba karena sehat, hemat, dan cepat untuk dibuat. Sekarang, kamu bisa menghemat banyak waktu di pagi hari untuk melakukan banyak hal lainnya sebelum berangkat bekerja.