-->

Perbedaan Jenis Proposal Kerjasama, Pengajuan Dana dan Proposal Sponsorship

Daftar Isi [Tampil]
Perbedaan Proposal Kerjasama dan Pengajuan Dana

Proposal adalah suatu rancangan usulan kegiatan atau yang akan berlangsung pelaksanaannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci. Proposal disusun untuk mendapatkan persetujuan pihak lain, dapat juga disusun untuk kebutuhan permohonan dana bantuan yang nantinya akan ada kerja sama antara pihak yang mengajukan proposal dan pihak yang memberi bantuan, sehingga tidak salah juga jika dikatakan bahwa proposal adalah permintaan bantuan keuangan untuk melaksanakan proyek atau kegiatan.

Tidak bedanya dengan Proposal Pengajuan Kerjasama dan Proposal Dana jika ditilik hampir mempunyai tujuan yang sama. Berikut ini akan dibahas tentang perbedaan keduanya:

Proposal kerjasama

Proposal kerjasama merupakan proposal yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan kerjasama. Proposal ini biasa dibuat oleh sebuah perusahaan yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Kita ambil contoh pada usaha sebuah perusahaan yang dinamai Isnen Project. Salah satu programnya yaitu cathering. Maka dari itu, Isnen Project perlu melakukan kerjasama dengan misalnya sebuah hotel untuk memasarkan programnya tersebut.

Pada proposal kerjasama, kedua belah pihak perlu mendiskusikan feedback nya masing-masing. Apa yang akan diapat oleh perusahaan A dan apa yang akan didapat oleh perusahaan B. Maka dari itu biasanya akan diadakan meeting untuk mendiskusikan perihal proposal kerjasama ini.

Proposal pengajuan dana

Proposal pengajuan dana ini merupakan proposal lanjutan dari proposal kegiatan atau proposal usaha. Biasanya proposal pengajuan dana diajukan kepada atasan dari suatu organisasi.

Kita ambil contoh pada kegiatan kampus yang diselenggarakan oleh organisasi UKM. Suatu kegiatan direncanakan dan dibentuk lah suatu proposal kegiatan. Setelah itu, untuk menyusun proposal pengajuan dana, hanya perlu ditambahkan poin permohonan atau pengajuan dana misalnya kepada pihak kampus.

Jadi, proposal pengajuan dana itu melakukan permohonan atau pengajuan dana kepada lembaga yang terkait secara langsung dengan penyelenggara kegiatan. Proposal pengajuan dana biasanya tidak menuntut feedback atau keuntungan kembali. Karena secara tidak langsung, pemberi dana memiliki kewajiban secara moral untuk memberikan dana demi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Jika diringkas, perbedaan proposal pengajuan dana dengan proposal kerjasama antara lain sebagai berikut.

1. Pembuat proposal
  • Proposal pengajuan dana : biasa dibuat oleh sebuah organisasi atau kelompok
  • Proposal kerjasama : biasa dibuat oleh sebuah perusahaan
2. Sasaran
  • Proposal pengajuan dana : lembaga atau intitusi yang berafiliasi dan biasanya merupakan atasan organisasi tersebut
  • Proposal kerjasama : pihak lain atau perusahaan lain
3. Feedback
  • Proposal pengajuan dana : tidak terpatok pada feedback
  • Proposal kerjasama : sangat terpatok pada feedback
4. Masa berlaku
  • Proposal pengajuan dana : berlaku hanya pada waktu kegiatan
  • Proposal usaha : berlaku sesuai waktu yang disepakati kedua belah pihak

Di sini juga dibahas mengenai contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi. Suatu kegiatan yang dibuat oleh sebuah organisasi dapat melakukan pengajuan dana kepada pihak lain. Ada contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi pdf yang dapat dibuka dan dipelajari bersama.

Perbedaan proposal kegiatan dan proposal sponsorship

Ada beberapa jenis proposal yang akan mendukung perencanaan kegiatan yakni proposal kegiatan dan proposal sponsorship. Perbedaan pada kedua jenis proposal ini hampir ada kemiripan, namun travel blog akan mengulas tentang perbedaan keduanya. Jenis proposal ini mungkin akan berguna bagi Tour Guide maupun agen travel dalam menyusun sebuah kegiatan untuk mendapatkan sponsorship.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan jenis proposal yang memuat perencanaan yang telah matang dari gambaran keseluruhan suatu kegiatan yang di ajukan (untuk meminta izin kepada pihak tertentu agar bisa melakukan kegiatan), meliputi alasan dan sebab kegiatan dilaksanakan, teknis pelaksanaan, anggaran dana, dll.

Sistematika Penulisan Proposal kegiatan:

  1. Latar belakang
  2. Masalah dan tujuan Kegiatan
  3. Ruang lingkup kegiatan
  4. Metode Pelaksanaan Kegiatan
  5. Pelaksana kegiatan
  6. Periode waktu
  7. Anggaran dana / Budget dan
  8. Lampiran

Proposal sponsorship

Proposal sponsorship merupakan jenis proposal yang dipergunakan untuk mendapatkan sponsor dari kegiatan yang akan anda lakukan dengan memberikan proposalnya sebagai pertimbangan sponsor dalam kegiatan yang akan anda lakukan.

Bagi anda seorang event organizer atau agen travel yang akan membuat kegiatan outdoor seperti gowes bareng atau kegiatan lainnya, keahlian membuat proposal sponsorship sangat diperlukan.

Jika si pemberi sponsor menyetujui proposal kegiatan anda, maka ia akan mensupport kegiatan dari bagian pendanaan baik sebagian atau secara seluruhnya dari anggaran yang anda ajukan dan meminta imbalan tertentu atau feedback dari kegiatan yang anda lakukan (misalnya meletakkan banner produk pe-sponsor untuk dipasang pada saat kegiatan anda).

Sistematika Penulisan Proposal Sponsorship

  1. Halaman Judul / Cover
  2. Latar Belakang
  3. Maksud dan Tujuan Kegiatan
  4. Nama dan Topik Kegiatan
  5. Peserta
  6. Pelaksana / Panitia
  7. Agenda dan Lokasi Kegiatan
  8. Anggaran Kegiatan
  9. Penutup

Cara mengajukan proposal ke perusahaan

Cara Mengajukan proposal ke salah satu perusahaan adalah  salah satu cara meminimalisir pengeluaran dari sebuah lembaga dan meminta dukungan dari perusahaan secara profesional.

Oleh karena itu, pengajuan proposal yang akan diajukan ke perusahaan perlu dan dikemas secara baik dan kompeherensif mulai dari sampul, penulisan kalimat hingga sistematika penulisan  supaya mendapatkan perhatian dari instansi yang dituju. Anda harus menghindari penulisan proposal dengan cara copy paste dari proposal tahun-tahun sebelumnya.

Terkadang perusahaan tersebut memperlakukan secara khusus proposal bantuan dana kegiatan yang berasal dari para mahasiswa. Hal ini disebabkan kebanyakan kegiatan mahasiswa masih ada sifat bakti sosial dan rasa idealisme, bentuk proposalnya pun tak rumit.

Pengajuan Proposal ke perusahaan oleh mahasiswa akan mendapatkan keuntungan tersendiri karena dapat menampilkan branding perusahaan melalui media promosi yang murah daripada harus memasang iklan di pinggir jalan atau media cetak. Dan hal yang penting lagi yaitu perusahaan menaruh kepercayaan kepada mahasiswa/pemuda bahwa anggaran yang dikucurkan tak akan diselewengkan. Selain dari itu, perusahaan 

Nah demikianlah artikel perbedaan antara proposal kerjasama dengan proposal pengajuan dana, dan beberapa jenis Proposal lainnya yang dapat kita ketahui.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Jenis Proposal Kerjasama, Pengajuan Dana dan Proposal Sponsorship"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata