-->

Jenis Filter Aquarium Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]
Akuarium Ikan Hias- Filter air pada Aquarium ikan hias air tawar sangat penting bagi aquarium. Pada air aquarium yang tidak mengalir, semuanya product atau limbah yang dibuat oleh mahluk hidup ataupun mikroorganisme didalamnya seperti kotoran ikan, bekas makanan, sisi tumbuhan yang membusuk menghasilkan bahan berdampak buruk seperti ammonia serta senyawa nitrat yang langsung larut di air. 

Kita bisa lakukan penetralisiran senyawa tersebut dengan cara ganti air akuarium, tetapi hal semacam ini cukup merepotkan bila dikerjakan terus menerus yang nantinya akan membuat ikan menjadi stress. Karenanya dibutuhkan teknik atau alat untuk menetralkan mikro organisme itu satu diantaranya dengan filtrasi atau penyaringan memakai filter.
Jenis Filter Aquarium Hias

Jenis Filter Akuarium Ikan

Semua jenis filter yang ada mempunyai kemampuan untuk melakukan filtrasi dengan cara mekanis, kimiawi serta biologis tetapi tingkatnya berlainan. Berikut ini beberapa jenis filter yang umum digunakan dalam akuarium ikan hias.

A. Filter Aquarium Internal

Filter internal yaitu  filter air yang bekerja serta diletakkan di dalam akuarium baik itu menggantung, di tempel pada dinding akuarium atau di sudut akuarium, di atas subtract atau di bawah substrat. Pada dasarnya adalah filter ini ditenggelamkan di air serta bekerja di air. Semaakin besar ukuran filter maka kekuatan filterasi mekanis, kimia serta biologisnya akan semakin besar juga lantaran mempunyai kompartemen yang lebih.

Prinsip kerja filter internal biasanya yaitu dengan mengalirkan udara luar dalam filter yang ada di dalam air kemudian menghasilkan gelemung-gelembung udara saat naik akan menarik air melalui media filter lalu air yang telah bersih bercampur gelembung udara mengalir meninggalkan media filter kebagian atas serta kembali pada akuarium.

Jadi tarikan air dibuat akibat aliran udara melalui filter serta membuahkan desakan negative hingga air turut tertarik bersamaan dengan udara yang mengalir dalam saluran filter. 

Keuntungan dari jenis filter internal ini yaitu kita tak perlu cemas air akuarium habis terkuras keluar lantaran filter yang bocor. Diluar itu lantaran juga memakai saluran penghisap udara luar yang dimasukkan dalam akuarium akan memberi kandungan oksigen tanpa harus memberikan pompa udara. 

Sebagian filter yang termasuk dalam filter internal yaitu : Sponge Filter, Filter Bawah Substrat (Undergravel), Filter Pojok.

B. Filter Aquarium Eksternal

Semua filter eksternal dipasang di luar akuarium serta terpisah dengan air dalam akuarium hingga sistem filtrasinya berjalan di luar akuarium. Rata-rata keuntungan filter type ini adalah perawatannya yang mudah lantaran tidak mengganggu habitat dalam akuarium. Diluar itu juga ruangan dalam akuarium dapat lebih luas lantaran penempatannya di luar akuarium serta pemandangan dalam akuarium tak terganggu oleh penampilan filter. 

Kekurangan filter eksternal biasanya adalah karena systemnya air ditarik dari akuarium menuju filter yang ada di luar akuarium lalu air dialirkan kembali pada akuarium, jadi bila terjadi kebocoran pada filter mengakibatkan air akuarium bakal terkuras habis. 

Type filter ini kurang pas untuk akuarium anakan ikan lantaran benih ikan dapat tersedot dalam filter. Type filter ini harus di buat bersih lantaran bila tidak, filter bakal terhalang kotoran serta air bakal mengalir keakuarium tanpa ada terfilter dengan baik. 

1. Power Filter atau HOB

Filter ini memakai tenaga kipas yang digerakkan oleh motor listrik untuk menarik air dari akuarium menuju media filter dalam kotak filter lalu mendorong air yang telah terfilter kembali dalam akuarium hingga dimaksud “Power Filter” dan karena selalu dipasang di belakang akuarium dan menggantung jadi juga di kenal dengan “Hang On Back Filter” atau disingkat HOB Filter. 

Power Filter atau HOB
Filter ini dapat mengaplikasikan tiga prinsip filtrasi yaitu mekanis, biologis serta kimia. Dengan cara mekanis lantaran air ditinggalkan pada media saringan, serta dengan cara biologis lantaran dalam filter ada media perkembangan bakteri, serta dengan cara kimia lantaran dalam kotak filter ada katridge yang memiliki kandungan karbon aktif. 

Kelebihan Power Filter
Filter type ini begitu umum digunakan pada akuarium lantaran mempunyai keuntungan yaitu perawatan mudah serta tidak mengurangi space di dalam akuarium hingga ikan mempunyai ruangan gerak yang optimal. Akuarium terlihat lebih rapi lantaran penampilan dalam akuarium tak terganggu oleh adanya filter. Bila dibersihkan dengan cara teratur akan membuat filtrasi mekanis yang maksimal. Katridge bisa diganti-ganti bila telah tak bagus. 

Kekurangan Power Filter
Lantaran filter ini memakai katridge penyaring dalam ukuran yang kecil jadi sering terhalang hingga air kembali pada akuarium tanpa melalui filter. Diluar itu karena ukuran media filtrasi yang kecil juga membuat kandungan oksigen sedikit hingga kekuatan filtrasi biologisnya tak tinggi. 

Bila terjadi kebocoran pada kotak filter, air akuarium bisa terkuras habis serta meluber di luar akuarium, jadi pastikan tak bocor ya!. Bila menginginkan memberi kandungan oksigen harus memberikan pompa udara atau aerator, jadi butuh beli penambahan alat lagi.

Panduan Mengoptimalkan Kemampuan Power Filter
Banyak power filter yang saat ini dilengkapi dengan bio wheel yang dapat tingkatkan kekuatan filtrasi biologisnya. Dengan perawatan serta pembersihan filter yang baik jadi power filter dapat jadi pilihan yang pas. Filter ini pas untu akuarium kecil serta akuarium dengan populasi ikan sedikit. 

Panduan Pilih Power Filter : Power filter mempunyai kemampuan menyaring air yang dihitung berdasar pada unit GPH atau “Gallons Per Hour” yang berarti kekuatan filter menyaring air setiap jam. Ingat 1 gallon = 3, 79 liter. Jadi bila ukurannya power filter 15 bermakna dapat menyaring air optimal 15 galon (57 Liter) air setiap jam. 

Bila memelihara ikan yang sering buang kotoran seperti maskoki, maka belilah ukuran filter yang mempunyai kekuatan 50% lebih tinggi untuk menanggung air dalam keadaan terjaga kebersihanya. Umpamanya bila volume air akuarium mas koki 57 liter, jadi belilah power filter 25. 

Karena harga nya yang tidak terlalu mahal serta gampang dalam perawatannya, menjadikan power filter begitu pas untuk pemula.

2. Filter Canister

Canister filter ini penempatannya betul-betul di luar akuarium serta prinsip kerjanya serupa dengan filter power yaitu menarik air akuarium serta menyalurkannya melalui media filtrasi yang ada pada container filter dan saat air yang sudah terfiltrasi hingga di bagian terbawah jadi air dipompa kembali kedalam akuarium.

Kelebihan Filter Canister
Canister filter mempunyai media filter yang lebih banyak serta lebih lebar dari power filter yang membuat canister filter ini kemampuannya lebih baik dari power filter. Media filtrasi yang lebih lebar harus menyediakan tempat yang lebih luas untuk bakteri pengurai hingga kekuatan filtrasi biologisnya juga maksimal. 

Jenis Aquarium Mini
Filter Akuarium Canister
Ukuran filter serta media filter yang lebih lebar membuat filter canister dapat menyaring air semakin banyak. Hal semacam ini membuat kwalitas air lebih terjaga dengan baik mutunya terlebih bila kita pelihara mas koki yang sering buang kotoran serta peka dengan kandungan ammonia.

Sebagian jenis filter ini dilengkapi dengan kipas biologis (bio wheel) yang sediakan tempat penambahan untuk koloni bakteri hingga kekuatan filtrasi biologisnya begitu bagus. Filter canister ini mempunyai kekuatan filtrasi mekanis, biologis serta kimia yang begitu baik hingga harganyapun juga mahal.

Kekurangan Filter Canister 
Kekurangan filter ini selain harga nya mahal, filter ini bila tidak di bersikan secara teratur, media filter bakal penuh dan membuat aliran air terhalang. Pembersihan filter baiknya minimum satu bulan satu kali. Diluar itu sempat juga dilaporkan kalau berlangsung kebocoran dalam filter mengakibatkan air akuarium terkuras habis keluar akuarium.

Gabungan pada canister filter serta filter bawah substrat bakal membuat kwaliats air begitu terjaga serta filter canister tak cepat terhalang kotoran hingga perawatannya juga mudah. Filter type ini begitu pas untuk akuarium dengan populasi ikan yang banyak, volume air besar serta type ikan yang cepat buang kotoran. Tetapi kurang pas untuk akuarium pembenihan bibit ikan lantaran bibit ikan akan tersedot dalam filter.

Jenis Filter Aquarium dan Harganya

Setelah mengetahui jenis dan model filter akuarium air tawar di atas kita lanjut ke jenis filter akuarium dan harganya, yuk simak lagi lengkapnya di bawah ini :

1. Harga Filter Aquarium Aquila P900

Filter Aquarium Aquila P900
Filter Aquarium Aquila P900
Filter jenis ini termasuk dalam katagori top filter karena penempatanya pada bagian atas dan di luar akuarium, Memiliki output 600L/Jam dengan daya yang di butuhkan 8,5 watt. Di pasaran harga filter akuarium ini berkisar Rp/ 75.000

2. Harga Filter Aquarium Jebo 501 dan 502

Filter ini masuk dalam katagori Hang On Filter kareana penempatanya pada bagian atas dan menggantung pada kaca, Memiliki out put 250L/Jam dengan daya yang di butuhkan 3,5 watt. Harga yang bisa anda tebus di pasaran sekitar Rp. 55.000. Untuk type 502 memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan out put 450L/Jam dan dengan daya 5 watt harga di pasaran selisih Rp 20.000 lebih mahal dari 501.
Filter Aquarium Jebo 501 dan 502

3. Harga Filter Aquarium Resun EF800

Filter ini masih masuk dalam katagori eksternal filter, dengan keluaran pompa sebesar 800L/Jam dengan daya yang di keluarkan 18 watt, Filter ini memiliki fitur sebagai berikut :
  • Filter Mekanis, Biologis dan Kimiawi
  • Cocok untuk air tawar dan air laut
  • Air yang di keluarkan bisa di atur
  • Design Modern
Filter Aquarium Resun EF800
Harga filter dengan fitur yang di miliki memang cukup mahal, di pasaran filter in idi hargai sekitar Rp. 750.000

4. Harga Oceanic Trickle Filter Model 150

Filter ini masuk dalam filter biologis, system pemasanganya cukup rumi di butuhkan ketelitian dan kesabaran, Harga untuk filter ini juga terbilang lumayan yaitu berkisar Rp. 1.200.000
Oceanic Trickle Filter Model 150
Demikianlah artikel dari blog Akuarium Hias yang pada kesempatann kali ini membahas tentang Jenis Filter Akuarium dan Harganya, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Filter Aquarium Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel