-->

Perbedaan Ikan Tuna Sirip Kuning dan Jenis Ikan Tuna Lainnya

Daftar Isi [Tampil]

Potensi sumber daya laut yang melimpah membuat perairan Indonesia jadi incaran kapal asing untuk melakukan pencurian ikan. Satu diantara banyaj jenis ikan yang paling diburu yaitu ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) lantaran harga nya yang sangatlah mahal di pasaran khususnya Jepang.

Ikan Tuna Sirip Kuning

Seekor ikan tuna yellowfin setinggi manusia harga nya bisa menyamai 1 buah mobil Alphard. Jadi memanglah nilainya tinggi sekali, kata Ketua Unit Pekerjaan (Satgas) Anti Illegal Fishing Mas Achmad Santosa.

Ikan ini mempunyai nilai ekonomi yang sangatlah tinggi lantaran rasanya yang enak di banding type ikan lain. Tidak heran, beberapa konsumen cukup rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memperoleh ikan ini. Pasar tuna yellowfin paling besar yaitu Jepang, Taiwan, Korea Selatan sampai Amerika Serikat.

Perbedaan Ikan Tuna Sirip Kuning dengan Jenis Tuna Lain

Yellowfin Tuna adalah satu diantara beberapa spesies tuna yang besar, dapat meraih bobot lebih dari 180 kg, namun pada umumnya lebih kecil dari tuna sirip biru Atlantik serta Pasifik, yang dapat mencapai sekitar lebih dari 450 kg, serta sedikit lebih kecil dari bigeye tuna serta tuna sirip biru selatan.

Biologis Ikan Tuna Sirip Kuning

Ukuran di kenali dalam literatur sekitar panjang 2,4 m serta 200 kg beratnya. The International Game Fish Association (IGFA) rekor untuk spesies ini berdiri di 176 kg, untuk ikan yang di tangkap pada tahun 1977 di dekat San Benedicto Pulau di perairan Pasifik Meksiko. Pada tahun 2010, suatu yellowfin 184-kg tertangkap lepas ujung Meksiko Baja Peninsula. dengan panjang 2,2 mtr panjang.

Hasil tangkapan masih tetap menanti verifikasi oleh IGFA. Pada tahun 2012, seseorang nelayan di Baja California menangkap 193-kg sirip kuning. Bila tangkapan di konfirmasi oleh IGFA, nelayan bakal terima hadiah sebesar $ 1 juta



Achmad juga mengatakan satu diantara tanda-tanda besarnya uang yang dikantongi beberapa pencuri ikan ini yakni mereka rela berputar-putar di laut untuk menghindari beberapa aparat hukum yang lakukan patroli. Itu berarti betapa besarnya untung yang dicapai dapat menutupi tingginya biaya operasional kapal itu.

Tindakan pencurian ikan yang dilakukan kapal asing memanglah telah merugikan bangsa ini. Bank Dunia mencatat Indonesia kehilangan pendapatan US$ 20 miliar atau setara Rp 283 triliun (kurs : Rp 14. 172 per dolar AS) per tahun. " Bukan sekedar sumber daya ikan yang hilang namun juga kehancuran ekosistem laut, " ungkap Achmad.

Menurut Informasi, Indonesia adalah satu diantara produsen paling besar ikan tuna. Tuna yang umum di tangkap di perairan Indonesia, diantaranya type yellowfin tuna, big eye tuna atau umum dimaksud tuna mata besar, albacore, serta southtern blue fin tuna.

Potensi tuna sirip kuning yang paling besar di Indonesia diprediksikan ada di Laut Flores serta Selat Makassar, dengan luas ruang penangkapan seputar 605 ribu km. persegi.

Cukup miris ya melihat kekayaan negara tercinta kita ini di curi dalam jumlah besar selama bertahun tahun, Semoga para pejabat pemerintahan, Polisi Air dan TNI terus mengawasi dan menindak tegas para pencuri ikan di lautan Indonesia

Demikianlah artikel Perbedaan Ikan Tuna Sirip Kuning dengan Jenis ikan tuna lainnya. semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda suputar dunia ikan.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Ikan Tuna Sirip Kuning dan Jenis Ikan Tuna Lainnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel