-->

Bagaimana Cara Membuat Filter Aquarium Agar Air Tetap Jernih

Daftar Isi [Tampil]
Aquarium. Photo: www.flickr.com

Cara Membuat Filter Aquarium - Buat teman-teman ingin mengetahui cara membuat filter aquarium agar air tetap jernih, gak boleh khawatir. Karena, pada kesempatan ini travellink akan share mengenai tutorial bagaimana membuat filter pada aquarium sederhana agar air tetap jernih.

Seperti yang telah kita ketahui jika penyaringan/filter air pada aquarium menjadi satu diantara bagian yang perlu disiapkan dengan masak saat akan memelihara ikan hias di aquarium.

Masalahnya penyaringan pada aquarium ini berperan untuk menyaring kotoran pada air di aquarium agar airnya terlihat lebih jernih dan terlepas dari kotoran. Tetapi, seringkali penyaringan pada aquarium yang dipasarkan di toko ikan hias untuk beberapa orang masih tidak cukup optimal.

Baca Juga: Aquariuam Ikan Hias Mini Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Oleh karenanya, sahabat dapat melakukan modifikasi penyaringan pada filter aquarium supaya bisa berperan optimal. Satu diantaranya dengan mengaplikasikan cara membuat penyaringan pada aquarium yang hendak travellink untuk pada pembahasan ini kali.

Perlu untuk dipahami jika membuat penyaringan pada aquarium yang diulas kali ini adalah jenis filter yang mengaplikasikan 3 proses pemfilteran sekaligus, yakni pemfilteran mekanik, biologi, dan kimia. Hingga, akan didapat hasil filtrasi air aquarium lebih optimal. Bahkan juga, filter aquarium hendak kita ulas ini kali benar-benar efisien hingga sahabat tidak perlu sering kuras.

Pada kesempatan ini travellink akan mengaplikasikan ide filtrasi air aquarium lewat filter Trikle Down. Di mana, nanti ada susunan penyaringan lain di antara satu susunan dengan susunan lainnya. Disamping itu, bahan dan alat diperlukan termasuk sangat mudah dan gampang didapatkan.

Nah, sudah tidak sabar sahabat? Oke,langsung baca saja ulasan travellink berkenaan dengan pembuatan penyaringan aquarium dengan sederhana terdiri dari berbahan dan alat serta beberapa langkah untuk membuat aquarium sederhana .

Cara Membuat Filter Aquarium

Seperti dengan yang telah dijelaskan awalnya, jika cara membuat filter pada aquarium yang hendak disajikan kesempatan ini terdiri bahan dan alat serta beberapa langkah membuatnya. Untuk memperjelasnya, baca saja pembahasan berikut:

Bahan apa saja untuk filter aquarium?

  1. Rak plastik susun 3 tingkat.
  2. Pompa penyaringan biasanya dipakai untuk menyedot air aquarium.
  3. Kapas filter khusus aquarium.
  4. Busa atau spon, biasanya dipakai untuk membersihkan piring
  5. Ceramic ring atau bioball sebagai media bakteri untuk penyaringan biologi. (Dapat menggunakan kerikil atau batuk kali dengan pori-pori besar)
  6. Batu zeolite atau arang active sebagai penyaringan kimia.
  7. Solder, pisau atau cutter.
  8. Pipa khusus untuk filter aquarium sejauh 2 mtr.. (Dapat beli ke toko ikan hias).

Setelah peralatan dan bahan untuk pembuatan filter aquarium disiapkan, seterusnya yakni proses pembuatannya. Yakni, terbagi dalam langkah-langkah pembuatan penyaringan aquarium. Untuk memperjelasnya baca tahapan-tahapannya berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Filter Aquarium

Cara membuat filter Aquarium agar air tetap jernih

  1. Pisahkan ke-3 rak plastik.
  2. Kemudian, pada rak plastik itu, penting bagi sahabat kerjakan yakni membolongi 2 rak plastik dengan memakai solder. Upayakan jumlah lubang sejajar dan rapi supaya air mengucur dengan optimal.
  3. Selanjutnya, lubangi rak ke tiga sama ukuran lubang, semakin besar dari lubang pada rak ke satu dan ke dua sebagai tempat keluarnya air saringan ke aquarium.
  4. Lubangi tutup rak atas seukur diameter pipa supaya pipa dapat masuk untuk menyalurkan air ke susunan penyaringan.
  5. Sesudah itu, pasang pipa filter pada lubang mesin filter (pompa air aquarium) yang telah disiapkan sebelumnya. Pada tahapan ini, upayakan lubang pipa cocok dan seukuran dengan lubang keluaran air pada mesin filter. Bila pipa terlampau panjang, pakai pisau atau cutter untuk di potong.
  6. Tahapan berikutnya, membuat filter aquarium, masukkan spon pembersih piring dan kapas filter pada rak pertama.
  7. Lalu, masukkan ceramic ring atau bioball pada rak ke dua.
  8. Pada rak ke tiga, masukkan batu zeolite dengan ukuran sedang. Ingat, batu zeolite janganlah sampai tutupi lubang saluran air pada rak ke tiga ini.
  9. Selanjutnya, masukkan ke-3 rack itu ke dalam kerangka rak dengan urutan teratas spon dan kapas filter, selanjutnya pada tingkat ke dua ceramic ring atau bio ball dan pada rak ke tiga batu zeolite.
  10. Apabila sudah, hubungkan pipa dari mesin pompa air ke rak penyaringan sama sesuai ukuran aquarium. Usahain, jarak antara pompa air dengan rak filter tidak terlampau jauh.
  11. Pada tahapan pembikinan filter aquarium paling akhir, simpan rak filter yang telah diatur barusan di atas aquarium dan pastikan rak filter yang dibikin tidak bocor dan tidak gampang jatuh

Nah begitulah cara pembuatan filter aquarium sendiri, namun apabila anda memutuskan untuk membeli saja toko ikan hias terdekat dengan anda, maka anda harus menyimak ulasan berikut tentang jenis-jenis filter aquarium.

Jenis Filter Aquarium agar air tetap jernih

Di toko-toko ikan hias terdenkat dengan anda dan toko online banyak jenis filter untuk aquarium. Namun sahabat harus tahu dulu  apa jenis-jenis dari filter air aquarium tersebut sehingga anda tidak salah memilih dan akhirnya anda akan rugi kalau memang filter aquarium tersebut tidak terpakai.

Ada 6 jenis Filter Aquarium untuk membuat air tetap jernih

1. Jenis aquarium internal

Filter internal adalah filter yang diletakkan didalam aquarium. Filter ini biasanya merupakan filter sederhana dengan penggunaan yang sangat terbatas. Filter ini sangat sesuai untuk dipergunakan pada akuarium mini karena daya jangkaunya tidak terlalu luas.

2. Jenis Filter Eksternal

Filter ini sendiri banyak digunakan untuk aquarium ukuran besar, filter ini juga disebut filter canister atau filter sultan.

3. Jenis Filter undergravel

Filter undergravel membutuhkan bantuan pompa air atau udara untuk sirkulasi air dengan cara memompa air kepermukaan supaya filter bekerja maksimal.

4. Filter Top

Filter top atau sering disebut juga filter atas diletakkan di atas akuarium dengan pompa yang diletakkan di dalam akuarium untuk menyedot air dari akuarium dan membawanya ke box filter diatas aquarium.

5. Filter wet and dry

Filter wet and dry atau "basah dan kering" menggunakan dua penyaringan yang diletakkan di dalam akuarium (area basah) dan diluar akuarium (area kering).

6. Filter hang on

Filter hang on sering juga disebut dengan filter gantung, filter ini diletakkan dengan cara digantung di atas samping akuarium dengan pipa dimasukkan ke dalam air yang berfungsi untuk membawa air dari aquarium ke tabung filter yang digantung disamping aquarium. 

Begitulah ulasan travel blog berkaitan dengan cara membuat filter aquarium agar air tetap jernih. Upaya ini untuk mencegah batalnya perencanaan wisata yang akan kita lakukan. Mudah-mudahan, langkah-langkah singkat di atas dapat teman aplikasikan sendiri secara mudah di dalam rumah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Filter Aquarium Agar Air Tetap Jernih"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata