--> ada apa disini

Corybas Fornicatus, Anggrek Koribas Jenis Tanaman Anggrek Langka di Indonesia

Daftar Isi [Tampil]
Anggrek Koribas Tanaman Langka
Corybas fornicatus (koribas); image. Wikipedia
Klasifikasi Ilmiah
Spesies Corybas fornicatus
Kingdom Plantae
Subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Ordo Orchidales
Kelas Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas Liliidae
Ordo Orchidales
Famili Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)

Indonesia memiliki banyak potensi kekayaan alam dari berbagai sektor, salah satunya adalah  anggrek. Akan tetapi kita harus menjaga dan melestraikan dengan cara melakukan penangkaran serta budidaya agar tanaman-tanaman endemik di indonesia selalu dapat disaksikan oleh anak cucu sebagai warisan flora. Apalagi kalau tanaman tersebut mempunyai status langka, akibat dari perburuan. 

Jenis tanaman anggrek langka dan dilindungi oleh hukum di indonesia semakin bertambah jumlahnya, salah satunya jenis tanaman anggrek koribas. jenis ini sudah sangat langka dan sangat sulit ditemukan. Nah kali ini travel blog akan membahas tentang anggrek koribas. 

Jenis Tanaman Hias Anggrek langka Corybas Fornicatus

Anggrek Korbias (Fornicatus Corybas) merupakan jenis dari anggrek yang termasuk dalam subtribe acianthinae, berasal dari malaysia barat sampai Bali. Anggrek koribas berukuran kecil dan halus, termasuk tumbuhan semusim, tersembunyi di antara dedaunan, sehingga beberapa bunga terlihat di dalam rerimbunan.

Tanaman hias ini sering mekar selama musim kemarau dan kembali ke tumbuh selama waktu cuaca lebih teduh atau pada musim penghujan. Anggrek mekar bervariasi ini tergantung pada iklim daerah berdasarkan iklim tempat tumbuh.

Penamaan anggrek koribas

Pada tahun 2002 lalu, Clements dan Jones mengusulkan penamaan Corybas dalam berbagai jenis anggrek yang ditemukan. Karena tidak diketahui apakah akan ada serta bagaimana mengajukan konsensus tentang usulan nama dalam komunitas ilmiah sehingga jenis jenis anggrek tersebut diajukan beserta dengan penelitian lanjutan yang menganalisa tanaman hias tersebut menurut klasifikasinya yang dicatat dalam tabel.

Tanaman anggrek yang dilindungi negara

Tanaman Anggrek langka koribas dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999. Tumbuhan berfamili Orchidaceae ini tidak diperbolehkan diperjualbelikan kecuali untuk generasi ketiga atau tumbuhan hasil penangkaran yang telah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang, biasanya BKSD.

Ciri-Ciri Fisik Anggrek Corybas Fornicatus

  1. Jenis Anggrek koribas mempunyai beberapa akar, seperti pasangan kecil umbi bulat telur, batang pendek dan tegak dengan daun basal tunggal, herba, datar dan halus.
  2. Bunganya kecil dan pendek dengan warna yang lembut
  3. Bunga bebas dapat tumbuh dimana saja, bagian sepal dorsal jauh lebih besar daripada segmen lainnya, bunga anggrek tersembunyi, bagian sepal dan lateral kelopak yang mirip akan tetapi yang terakhir lebih kecil
  4. Bagian bibir jauh lebih kecil dari segmen yang tersisa, sederhana dengan tepi melengkung dalam hati
  5. Kolom memiliki sayap menyatu bersama tubuh halus, tebal dasar, tanpa kaki, dengan antera terminal persisten berisi empat pollinia cream warna tidak merata, tetap langsung di viscidium.
  6. Dengan posisi bagian sepal dorsal jatuh, bersembunyi bunga di dalam, sedikit yang diketahui tentang mekanisme penyerbukan spesies ini, observasi masih terhambat oleh budidaya yang rumit.

Ekologi Tanaman Anggrek Langka Koribas

Penyerbukan dilakukan oleh serangga kecil. Anggrek koribas jarang dipelajari, sebagian karena bunganya yang berumur pendek dan tidak mencolok, akan tetapi karena bunganya tidak lama sebagai spesimen herbarium. Banyak yang membentuk kuncup-kuncup bunga, tetapi tidak diketahui apakah ini merupakan sifat karakteristik dari semua jenis anggrek koribas.

Demikian ulasan travellink tentang kekayaan alam indonesia, terkait dengan anggrek langka koribas, dengan adanya potensi tumbuhan jenis tanaman anggrek Corybas Fornicatus dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara ke indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Corybas Fornicatus, Anggrek Koribas Jenis Tanaman Anggrek Langka di Indonesia"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata