--> ada apa disini

15 Jenis Ikan Sapu-sapu (Pleco) yang Banyak Dipelihara

Daftar Isi [Tampil]

Ikan HiasIkan Sapu-sapu dalam nama latin disebut plecostomus atau disingkat dengan plecos. Di negara malaysia banyak orang menyebutnya ikan bandaraya. Sebagai ikan yang termasuk dalam omnivora yaitu pemakan lumut atau alga, jenis ikan ini sudah banyak dipelihara oleh penghobi ikan hias air tawar aquarium di Indonesia.

Keunikan Ikan Sapu-sapu

Ikan pemakan lumut yang berasal dari Amerika Selatan yang termasuk dalam family Loricariidae nyaris dapat hidup bersama jenis ikan apa saja yang anda pelihara di aquarium, sehingga jenis ikan sapu-sapu menjadi banyak peminat bagi penghobi ikan hias air tawar.

Selain itu, ketertarikan dan fungsi tersebut, untuk merawat ikan sapu-sapu juga sangat mudah, corak dan warnanya yang unik sehingga harga ikan sapu-sapu di pasar fantastis. Harga Ikan sapu-sapu hias bisa sampai ratusan ribu sampai harga jutaan rupiah perekornya.

Pasti anda penasaran dengan ikan sapu-sapu ini, kenapa harga untu ikan ini mahal. Nah berikut ulasan travel blog terkait dengan jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara.

Mengapa ikan sapu-sapu hias mahal?

Harga ikan sapu-sapu memang mahal karena rata-rata jenis ikan sapu-sapu datang dari luar negeri. Sebagian jenis ikan sapu-sapu hias datang dari sungai Amazon serta sungai-sungai di Brazil/Amerika Selatan. Ada berapakah jenis ikan sapu-sapu hias yang umum dipelihara oleh penghobi, berikut ini beberapa jenis ikan sapu-sapu yang umum di pelihara para penghobi ikan.

Jenis ikan sapu-sapu

1. Ikan sapu-sapu hias jenis Hypancitrus Zebra

Ikan sapu-sapu hias type hypancitrus zebra
Ikan sapu-sapu hias type hypancitrus zebra

Tahukah traveller, Ikan sapu-sapu hias jenis hypancitrus zebra ini yaitu type ikan sapu-sapu hias paling mahal harganya. Ikan yang berasal dari sungai amazon ini diberi nama hypancitrus zebra lantaran mempunyai corak hitam serta putih bergaris-garis serupa kuda zebra.

2. Ikan sapu-sapu hias jenis Scarlet

Ikan sapu-sapu hias jenis scarlet juga diberi nama sesuai sama bentuk serta warna fisik ikan. Scarlet bermakna merah tua atau merah sedikit orange. Ikan sapu-sapu scarlet berasal dari sungai-sungai negara Brazil.

3. Ikan sapu-sapu hias jenis Leopard

Jenis ikan pleco yang ke 3 yaitu ikan pleco leopard. Nama latin ikan sapu-sapu leopard adalah Pseudacanthicus CF Leopardus. Ikan pleco jenis leopard yaitu ikan ke-2 dari type ikan sapu-sapu paling mahal terkecuali ikan pleco type hypancitrus zebra.

4. Ikan sapu-sapu hias jenis Leopard Frog Pleco

Ikan sapu-sapu hias setelah itu yaitu ikan sapu-sapu hias type leopard frog pleco. ikan sapu-sapu type leopard frog pleco yaitu type ikan sapu-sapu memiliki ukuran tengah lantaran ukuran ikan sapu-sapu leopard frog pleco dewasa cuma sekitar 10 sampai 15 sentimeter. Sepintas, ikan ini serupa dengan ikan sapu-sapu type Hypancitrus Zebra, cuma saja dia mempunyai garis kuning serupa ikan sapu-sapu leopard.

5. Ikan sapu-sapu hias jenis Royal Pleco

Nama latin dari ikan sapu-sapu hias type Royal Pleco yaitu Panaque Nigroliatus. Ikan sapu-sapu hias type Royal Pleco yaitu type ikan sapu-sapu hias memiliki ukuran tengah. Ukuran untuk ikan sapu-sapu hias type royal pleco meraih ukuran 40 sentimeter.

6. Ikan sapu-sapu hias jenis Golden Royal Line Pleco

Golden royal line pleco yaitu type ikan sapu-sapu hias memiliki ukuran tengah. Waktu dewasa, ikan sapu-sapu hias ini cuma meraih ukuran tak kian lebih 20 sentimeter. Ikan pleco type golden royal line pleco banyak diketahui di venezuela.

7. Ikan sapu-sapu jenis Broken Line Royal Pleco

Ikan sapu-sapu jenis broken line royal pleco mempunyai corak garis putus-putus, sesaat ikan golden line royal pleco mempunyai garis yg tidak putus-putus. Ikan sapu-sapu jenis broken line royal pleco juga mempunyai warna basic biru pucat, serta ikan ini bisa meraih ukuran kian lebih 40 sentimeter.

8. Ikan sapu-sapu jenis Golden Nuget Pleco

Ikan sapu-sapu jenis golden NuGet pleco yaitu ikan sapu-sapu yang datang dari sungai di Brazil. Ikan ini mempunyai warna basic kekuning-kuningan dengan totol berwarna hitam eksotis, dengan pola corak totol semakin ke belakang semakin besar.

9. Ikan sapu-sapu jenis King Tiger Pleco

Seperti namanya, ikan sapu-sapu jenis king tiger pleco mempunyai corak yang unik, serupa corak pada badan harimau, tetapi dengan warna hitam serta putih.

10. Ikan sapu-sapu jenis Small Spotted Cat Pleco

Ikan sapu-sapu jenis small spotted cat pleco yaitu type ikan sapu-sapu yang mempunyai ukuran kecil. Ukuran dewasa dari ikan sapu-sapu type small spotted cat pleco kurang dari 13 sentimeter. Ikan ini banyak diketahui di aliran sungai amazon yang melewati venezuela.

11. Ikan sapu-sapu jenis Big Spot Hypostomus

Seperti namanya, ikan sapu-sapu type Big Spot Hypostomus ini mempunyai corak polkadot besar dengan warna basic putih kekuning-kuningan.

12. Ikan sapu-sapu jenis Xingu Peppermint Pleco

Tak seperti ikan sapu-sapu hias type lain, ikan sapu-sapu hias type xingu peppermint pleco dinamakan berdasar pada dari nama asal sungainya di Brazil, yakni sungai Rio Xingu.

Ikan sapu-sapu type Xingu Peppermint Pleco mempunyai warna basic hitam pekat dengan totol kecil yang menyebar dengan teratur di sekujur badannya.

13. Ikan sapu-sapu jenis Xingu Baryancistrus

Ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus yaitu type ikan sapu-sapu memiliki ukuran tengah. Ukuran dewasa dari ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus optimal cuma meraih 25 sentimeter. Warna basic ikan sapu-sapu type Xingu Baryancistrus yaitu hitam dengan totol kekuningan di badannya.

14. Ikan sapu-sapu jenis Violet Red Bruno

Ikan sapu-sapu hias violet red bruno yaitu type ikan sapu-sapu hias yang gampang didapati di selama aliran sungai Amazon. Ikan ini mempunyai warna keunguan yang khas dengan intensitas semakin gelap di ekornya. Sisi mata ikan sapu-sapu hias type Violet Red Bruno berwarna kebiruan.

15. Ikan sapu-sapu hias jenis Red Fin Cactus Pleco

Ikan sapu-sapu hias type Red Fin Cactus Pleco mempunyai guratan sisik di badannya, serupa tanaman kaktus, serta sirip dan ekor yang mempunyai warna merah. Ikan sapu-sapu hias type Red Fin Cactus Pleco mempunyai habitat asli di Rio Tocantis, negara Brazil. Ikan sapu-sapu type ini dapat meraih panjang 60cm.

Demikian lah artikel 15 Jenis ikan sapu-sapu yang banyak dipelihara oleh peminat ikan hias. silahkan dikomentari dan dibagikan kalau artikel ini bermanfaat bagi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Jenis Ikan Sapu-sapu (Pleco) yang Banyak Dipelihara"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata