-->

9 Makanan Ikan Hias Arwana untuk Anakan dan Dewasa

Daftar Isi [Tampil]

Ikan Hias Air Tawar - Ikan arwana adalah ikan hias yang memiliki kecantikan pada sisiknya, umumnya dipelihara oleh beberapa penggemar ikan. Makanan ikan arwana merupakan salah satu penyebab yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ikan arwana.

Maka oleh karena itu, tidak heran jika para pencinta ikan arwana banyak memberikan makanan-makanan khusus untuk arwana yang dimilikinya.

Nama latin Ikan Arwana adalah Scleopages sp. Sering disebut juga dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese atau arowana. Ikan hias ini terdiri dua yakni ikan hias air tawar serta ikan hias air laut.

Sangat banyak jenis ikan hias arwana yang sekarang ini menjadi incaran oleh beragam kalangan penghobi, terutama di Indonesia. Salah satunya ialah jenis ikan hias air tawar arwana yang banyak dicari beberapa penggemar ikan hias.

Baca: Cara Mudah Merawat Ikan Arwana Dalam Akuarium

Keindahan pada warna tersebut akan pudar ketika anda salah dalam memberikan pakan pada arwana. Untuk harganya pun memang ikan ini relatif mahal dan setiap tahunnya harganya dipastikan bisa terus naik, namun tetap saja meskipun harganya dapat terus melambung tinggi, peminatnya pun semakin banyak.

Ikan arwana memiliki banyak jenis, dan semua jenis ikan arwana tampak begitu indah pada sisiknya. Jenis ikan arwana yang di jual dipasaran seperti Arwana Super Red, Red Tail Golden Arwana, Green Arwana Pino, Banjar Red, Cross Black Golden, Silver Arwana (Brazil) serta ada banyak lagi macamnya.

Keindahan ikan arwana dapat saja pudah dan bahkan hilang, apabila kita salah dalam pemberian pakan. Dalam memberi makanan, kita dapat membedakan makanan pada ikan arwana anakan serta ikan arwana dewasa.

Maksudnya agar ikan arwana dapat menyerap nutrisi dengan baik, terutama untuk anakan arwana supaya cepat besar serta untuk ikan dewasa supaya memiliki warna yang lebih cerah.

Di alam bebas ikan arwana termasuk dalam hewan predator yang terkenal ganas, maka makanan apa saja yang lewat di depannya akan dilahapnya. Makanan arwana yang diolah atau dibuat dapat mempengaruhi pada warna yang dimilikinya.

Oleh karena itu pemberian makanan arwana yang pas dan sesuai sangat dibutuhkan, bila anda belum tahu makanan apa saja yang cocok untuk ikan arwana ini, maka anda dapat menyimak artikel ini yang akan dikupas dari beberapa sumber. Apa saja makanan yang sangat baik untuk ikan arwana anda? mari kita lihat beberapa penjelasan berikut:

Makanan Ikan Hias Arwana untuk Anakan dan Dewasa
Ikan Arwana

Makanan Ikan Arwana untuk Anakan dan Dewasa Biar Cepat Merah

1. Kelabang

Kelabang memiliki kegunaan yang hampir sama dengan jangkrik yaitu dapat membantu mencerahkan warna ikan arwana anda. Kelabang mempunyai kandungan zat betacarotene. Namun, anda jangan menjadikan kelabang sebagai menu utama makanan pada ikan arwana.

Selain harganya mahal kelabang juga bisa menyebabkan ikan arwana anda mogok makan, jika kita akan memberikan makanan lainnya. Sebaiknya anda dapat memberikan hanya untuk makanan selingan saja.

2. Kecoa

Binatang yang terkenal dengan kejorokan, menjijikan, dan kotor. Namun, binatang ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan konon kecoa juga dapat merangsang nafsu makan pada ikan arwana kita.

Makanan ini sangat cocok dan sesuai untuk ikan arwana anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu, mengkonsumsi kecoa juga mampu mengembalikan stamina ikan arwana kita.

3. Ikan Kecil

Ikan kecil juga bisa digunakan untuk makanan selingan ikan arwana anda. Akan tetapi jangan berikan makanan ini terlalu sering, lebih baik anda dapat memberikan hanya sekali seminggu saja karena ikan-ikan kecil dipercaya memiliki kandungan bibit penyakit.

4. Cacing Darah Beku

Cacing darah beku adalah pakan yang sangat baik untuk anakan ikan arwana. Pakan ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan arwana anda yang memiliki ukuran kurang lebih 8 cm. Apabila arwana sudah agak dewasa, anda dapat menggantinya dengan makanan lainnya.

Sumber pakan ini sangat mudah didapatkan, anda bisa mendapatkannya dari para penjual ikan hias air tawar di dekat rumah.

5. Kodok

Pakan yang sangat cocok untuk pertumbuhan ikan arwana anda adalah kodok. Kodok memiliki kandungan lemak dan daging yang sangat tinggi sehingga amat sesuai untuk perkembangan ikan anda. Meskipun begitu, jangan anda jadikan kodok sebagai makanan utama pada ikan arwana. Ini disebabkan, ikan akan berwarna pucat jika berlebihan mengkonsumsi kodok.

Selain itu, anda juga dapat memperhatikan ikan anda jika anda memutuskan untuk memberikan makanan kodok. Karena terkadang beberapa ikan tidak doyan makanan ini.

6. Jangkrik

Jangkrik sangat sesuai untuk makanan utama ikan arwana anda. Pakan ini sangat bagus untuk penigkatan perubahan warna pada ikan arwana, khususnya ikan arwana jenis golden red dan super red arwana karena hewan satu ini memiliki kandungan zat betacarotene.

Jangkrik yang bagus untuk arwana kita adalah jangkrik yang masih muda dan ketika kita ingin memberikan pakan ini, anda jangan lupa untuk memotong kakinya terlebih dahulu karena kaki jangkrik juga dapat melukai mulut dan perut ikan arwana anda.

7. Udang

Udang mempunyai fungsi yang sama dengan jangkrik. Pakan ini sangat baik untuk meningkatkan perubahan warna pada ikan arwana anda. Pakan ini dapat diberikan pada ikan arwana anda dalam kondisi segar maupun beku.

Umumnya, udang beku dipergunakan karena masalah kepraktisan. Namun, sebelum anda memberikan pakan ini, sebaiknya sungutnya dibuang terlebih dahulu karena dapat melukai ikan arwana.

8. Kadal dan Cecak

Kadal maupun cecak juga bisa digunakan sebagai makanan ikan arwana. Namun, pakan ini hanya bisa dipergunakan untuk makanan selingan saja dan cobalah terlebih dahulu karena tidak semua ikan arwana menyukai makan ini.

9. Pelet Ikan

Makanan buatan atau biasa yang lebih terkenal pelet ikan adalah pakan yang paling praktis dan memudahkan anda mendapatkannya. Namun, anda juga perlu memperhatikan ikan arwana kita karena tidak semua ikan arwana mampu menyerap seluruh kandungan yang ada pada pelet ikan.

Demikianlah artikel 9 Makanan Ikan Arwana untuk Anakan dan Dewasa Biar Cepat Merah yang dapat diulas blog informasi wisata ini. Semoga dapat menjadi peluang usaha bagi pengelola wisata dalam mengembangkan bisnis mendekorasi dan menambahkan aquarium ikan hias arwana di tempat penginapan, sehingga menambahkan nilai estetika dan kenyamanan oleh pengunjung di tempat istirahat wisatawan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Makanan Ikan Hias Arwana untuk Anakan dan Dewasa"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata