-->

Manfaat Daun Kelor dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Daftar Isi [Tampil]

Efek Samping Daun Kelor untuk Kesehatan
Manfaat dan efek samping daun kelor

Manfaat Daun Kelor- Pernahkah anda mengonsumsi daun kelor saat anda sakit? Tumbuhan dari jenis Moringaceae ini sejak dari dulu telah menjadi primadona untuk santapan sayur di rumah, sebagian orang tidak paham bahkan pantang untuk mengkonsumsi daun kelor.

Tahukah anda tentang manfaat dan efek samping daun kelor? Daun kelor, pada tanaman obat ini mengandung senyawa-senyawa yang memberi nutrisi pada tubuh. Kandungan yang sangat penting untuk dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan prima. akan tetapi ada efek samping, apabila anda menggunakannya terlalu banyak atau tidak sesuai dengan komposisi yang diberitahukan oleh ahlinya.

Baiknya sebelum anda mengkonsumsi daun kelor, anda dapat bertanya lebih dahulu tentang manfaat dan efek samping tanaman obat ini kepada pakarnya. Seandainya anda mendapatkan efek sampingnya yang nanti akan kita ulas dalam travel blog ini, anda harus segera ke rumah sakit atau konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. 

Manfaat Teh Daun Kelor untuk kesehatan Manusia

Teh yang di ramu dari daun kelor mengandung zat polyphenol yang tinggi, dan akan berfungsi sebagai antioksidan untuk mendetoksifikasi tubuh manusia, hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) supaya anda tidak mudah terserang penyakit. Teh daun kelor juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan mengkonsumsi secara teratur.

Related Article: 32 Manfaat Daun Binahong dan dan Efek Samping

Banyak peneliti yang telah menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Oleh karena banyaknya khasiat daun kelor ini, para ilmuan sering menyebutnya dengan "The Miracle Tree" (Tanaman Ajaib). Penelitian terkait dengan manfaat daun kelor sudah dimulai semenjak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, biji dan buahnya.

Hasil dari penelitian itu ternyata daun kelor mengandung sebanyak 3 kali potasium dari pada buah pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari pada bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt. Penelitian menunjukkan bahwasanya hampir semua bagian dari tanaman kelor mempunyai manfaat penting, yang bisa digunakan dalam beberapa cara. 

Anda pasti akan bertanya tentang salah satu tanaman ajaib ini yaitu: manfaat daun kelor untuk penyakit apa saja. Berikut ulasan tentang beberapa Manfaat Daun Kelor untuk kesehatan manusia, diantaranya:

1. Berat badan

Saat ini tubuh tetap ramping dan langsing merupakan salah satu keharusan dalam pergaulan rutinitas, banyak wanita yang menjadi bullyan dan bahkan minder mendapatkan tubuh mereka yang bongsor. Oleh karena itu, agar menjadi langsing, seseorang bisa mencoba cara yang lebih sehat dengan mengkonsumsi teh daun kelor, karena sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan.

Efek teh kelor dapat merangsang metabolisme agar lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh daun kelor juga dapat diserap ke dalam usus.

2. Menambah Stamina

Secangkir teh daun kelor yang disajikan setiap pagi hari dapat menguatkan tubuh agar stamina tetap pro aktif sepanjang hari dalam menjalankan rutinitas anda. Stamina akan secara otomatis merasa baik dan berenergi daripada sebelum mengkonsumsi teh daun kelor.

3. Menambah Nutrisi

Manfaat Teh daun kelor, selain minuman untuk stamina, juga mempunyai peran penting dalam memelihara anggota tubuh seperti otak dan mata. Sehingga supply gizi pada otak dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.

4. Membantu Pencernaan

Manfaat lainnya teh daun kelor berfungsi untuk pencernaan makanan yang merupakan bantuan yang tepat terhadap masalah perut, karena daun ini sifatnya cepat larut dalam pencernaan.

5. Meningkatkan Fungsi Ekskresi

Seduhan teh daun kelor juga dapat membantu fungsi ginjal dan hati. Jika fungsi pembuangan limbah tubuh berjalan normal, tubuh dianggap bugar dan sehat serta berdampak bagi stamina anda.

6. Menyehatkan Rambut

Nutrisi dalam teh ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga terhindar dari kebotakan, mengkilap dengan asupan nutrisi yang tepat.

Bagaimana Cara Membuat Teh Daun Kelor yang baik

Teh daun kelor bisa disiapkan dan disajikan dengan mudah di rumah. Anda hanya perlu memetik daunnya yang sudah tua dari cabang-cabangnya. Daun hijau harus dikumpulkan bukan daun yang kuning. Kemudian anda harus memilih daun yang segar dan terbaik dari kotorannya. Setelah itu anda harus mengeringkan di udara, akan tetapi pengeringan dengan sinar matahari tidak dianjurkan karena mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Teh Daun kelor yang sudah kering, lalu ditumbuk dan dapat disimpan.

Berikut alur cara pembuatan teh daun kelor:

  1. Petiklah daun yang tua dan berwarna hijau
  2. Pilihlah daun yang masih segar dan bersih
  3. Keringkan dengan tanpa terik matahari
  4. tumbuklah daun sampai menjadi bubuk
  5. simpanlah ditempan yang kering

Manfaat Daun kelor Untuk Pencegahan Penyakit

Tanaman obat kelor sangat berguna di negara India dan tumbuh sangat subur di daerah beriklim tropis di seluruh dunia. Tanaman ini dapat menghasilkan daun yang tidak hanya dapat dijadikan teh, akan tetapi bisa dimakan seperti daun bayam.

Berbagai manfaat dan khasiat kesehatan yang dapat dikaitkan dengan kelor ini, ada beberapa di antaranya telah terbukti melalui studi ilmiah dan penelitian yaitu:

1. Obat Anti Kanker

Ekstrak daun kelor ini dapat menjadi obat alternatif anti kanker, hal ini sudah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang telah diterbitkan dalam jurnal edisi Juni 2011 “Food and Chemical Toxicology.”

Ekstrak kelor dapat mendukung kematian sel secara dini, juga mencegah pertumbuhan serta reproduksi sel-sel kanker. Peneliti yang sudah terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

2. Anti Diabetes

Menurut University of Wiconsin LaCrosse, anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya kandungan seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin. Para peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya tumbuhan ini menunjukkan kerja yang akurat dan tepat pada penyebab diabetes serta pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk dapat mengobati penyakit ini.

Dalam studi ilmiah hewan laboratorium yang telah diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” setiap kandungan 150 miligram per kilogram berat badan dari selama 21 hari, dapat diberikan manfaat anti diabetes yang sangat tepat dalam penyembuhan.

3. Penyakit Jantung

Dalam “Journal of Medicinal Food” edisi Februari 2009, studi ilmiah ini menyajikan bahwa daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan dapat memberikan manfaat antioksidan bagi tubuh manusia. Dalam studi ilmiah tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, dapat menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Para peneliti dapat menyimpulkan bahwasanya daun kelor bisa menawarkan khasiat yang signifikan untuk kesehatan jantung.

4. Bantuan Arthritis

Tanaman obat daun kelor bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dalam beberapa bentuk arthritis. Dalam studi ilmiah “Journal of Chinese Integrative Medicine.” di edisi Februari 2011, ekstrak daun dan akar kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap sensifitas yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat, bahwasanya kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit bagi pengguna tanaman ajaib ini.

Efek Samping Daun Kelor

Mengkonsumsi daun kelor akan aman ketika diminum dan digunakan dengan tepat. Kita dapat mengkonsumsi salah satu tanaman obat ini tidak hanya pada Daun, buah, dan biji-bijian mungkin akan aman apabila dimakan sebagai makanan seperti halnya dau bayam.

Akan tetapi, penting kita ketahui untuk menghindari memakan akar. Bagian tanaman ini mengandung zat beracun, sehingga bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Tidak ada informasi yang cukup untuk kita ketahui tentang takaran pemakaian daun kelor yang aman digunakan.

Kelor tidak cocok untuk ibu hamil karena mngandung bahan kimia dalam akar, kulit kayu, dan bunganya, hal ini akan membuat kontrak rahim dan ini bisa menyebabkan keguguran. Tidak ada informasi yang cukup tersedia tentang keamanan dalam menggunakan bagian lain, selama kehamilan.

Daun kelor juga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Ada beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut, akan tetapi belum ada informasi yang cukup untuk kita ketahui apakah aman untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang sangat terbaik adalah untuk dapat menghindari daun kelor saat sedang hamil atau menyusui.

Demikianlah ulasan dari Travel Blog tentang Manfaat Dan efek samping daun kelor yang ampuh dalam mengobati segala penyakit. Sebelum anda mengkonsumsi Daun Kelor ini, ada baiknya sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya. Karena setiap orang akan menerima efek yang berbeda-beda, apalagi jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Kelor dan Efek Samping Bagi Kesehatan"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata