--> ada apa disini

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Perjalanan Covid 19 Terbaik untuk Wisata Anda

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Covid-19 Terbaik

Asuransi Perjalanan atau sering disebut juga dengan travel insurance ialah sebuah jenis asuransi ditujukan dalam menanggung semua biaya perawatan medis. Belakangan ini dengan munculnya wabah pademi covid-19, beberapa asuransi perjalanan sudah menyertakan tanggungan pademi apabila wisatawan terkena resiko saat dalam perjalanan sehingga anda merasa aman dan nyaman.

Asuransi Covid-19 merupakan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa akan menanggung biaya rumah sakit saat nasabah terkena resiko Corona virus (Covid 19) saat masih berada dalam perjalanan atau sedang berlibur. Pada intinya biaya perawatan pasien akan ditanggung seutuhnya.

artikel terkait: Cara untuk Memilih Perusahaan Asuransi Perjalanan yang Layak untuk Anda

Saat ini pemerintahan telah menanggung biaya-biaya perawatan pasien terkena Covid 19. Akan tetapi hanya saja pasien harus lebih dulu memperoleh surat rujukan dari puskesmas, selanjutnya dapat segera ditangani oleh rumah sakit yang ditunjuk. Sedangkan apabila wisatawan memilih asuransi kesehatan swasta, nasabah dapat memperoleh layanan kesehatan atas resiko Covid 19 lebih praktis dan efektif dengan menghubungi call center salah satu perusahaan asuransi perjalanan terpilih.

Adapun pelayanan kesehatan yang dijamin atau ditanggung oleh pemerintahan bagi pasien terkena covid 19 yaitu:

  1. Cost administrasi
  2. Layanan dokter
  3. Kamar rumah sakit
  4. Ruangan gawat darurat
  5. Ruangan ICU
  6. Ruangan Isolasi
  7. Pemasangan ventilator
  8. Laboratorium serta radiologi
  9. Obat-obatan
  10. Ambulans

Tetapi, untuk memperoleh pertanggungan dari pemerintahan mesti lebih dulu menyerahkan surat rujukan dari puskesmas. Sementara bila inginkan pelayanan kesehatan yang lebih efektif bisa manfaatkan asuransi kesehatan swasta.

Disamping asuransi kesehatan dalam mengcover pasie covid-19, manfaat asuransi jiwa juga tidak kalah penting terutamanya selama saat wabah seperti sekarang ini. Apa lagi bila mempunyai faktor pemberat yang beresiko tinggi wafat karena virus Corona.

Berdasar data dikutip dari Satuan tugas Covid-19, jumlah pasien paling banyak yang meninggal berumur 60 tahun ke atas. Sementara itu penyakit paling banyak diderita pasien meninggal yaitu Covid-19, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Negara yang mewajibkan asuransi perjalanan cover COVID-19

Sepanjang wabah Covid-19, sebagian besar negara sudah memutuskan untuk tutup perbatasannya  sementara waktu. Tapi, saat ini lebih banyak negara - negara yang telah buka portalnya tetapi dengan beberapa persyaratan bagi wisatawan dengan mengharuskan mempunyai asuransi perjalanan covid-19. Negara - negara tersebut diantaranya adalah:

1. Negara Bahama

Bahama mengharapkan semua wisatawan berumur 18 tahun ke atas mempunyai Visa Kesehatan Perjalanan Bahama. Pemerintahan Bahama sudah masukkan asuransi kesehatan ke biaya visa yang meliputi US$ 500 (Rp7,2 juta) /hari sampai maksimal US$ 7.000 (Rp100 juta) hingga US$ 50.000 (Rp721 juta) untuk cost medis darurat.

2. Chili

Negara di Benua Amerika ini mengharuskan wisatawan mempunyai bukti polis asuransi kesehatan. Peraturan ini dibikin dengan nilai yang wajib bisa menutupi biaya Covid-19 dengan batasan minimal US$ 30.000 (Rp432 juta). Chili dapat membuka portalnya bagi wisatawan yang masuk atas dasar kemanusiaan, merencanakan tinggal di luar negeri atau alasan kesehatan serta lain lain.

3. Kamboja

Bagi wisatawan yang ingin bertandang ke negara Kamboja, harus memenuhi persyaratan minimum asuransi yang dimiliki berkisar US$ 50.000 (Rp721 juta) hal ini untuk mengantisipasi sebagai biaya pertanggungan kesehatan untuk Covid-19. Disamping itu, asuransi kesehatan tersebut harus berlaku dalam waktu 20 hari.

4. Kosta Rika

Negara Kosta Rika masuk juga ke lis negara yang mengharuskan wisatawan untuk mempunyai asuransi perjalanan. Tetapi, untuk anak-anak di bawah 18 tahun bisa masuk tanpa asuransi asal telah divaksinasi penuh dengan tipe vaksin Pfizer, AstraZeneca, Moderna serta Johnson dan Johnson. Bila ada orang dewasa dan belum divaksinasi maka harus memberi asuransi dengan minimum US$ 50.000 (Rp721 juta) untuk perawatan medis Covid-19 US$ 2.000 (Rp28,8 juta) untuk biaya penginapan jika positif terjangkit Covid-19. Apabila ditotal, maka wisatawan yang berkunjung harus mempunyai asuransi minimum sekitaran Rp749 juta.

5. Singapura

Negara singapura membuka portalnya untuk wisatawan asing pada September 2021. Sebagai persyaratan, wisatawan harus mempunyai asuransi perjalanan dengan minimum berkisar SGD 30,000 (Rp319 juta). Asuransi ini dibutuhkan untuk mengantisipasi jika pengunjung wajib melakukan rawat inap dan penyembuhan berkaitan Covid-19.

Siapakah yang memerlukan asuransi perjalanan Covid-19?

Sekarang ini ada banyak negara menjadikan asuransi perjalanan Covid 19 sebagai syarat untuk wisatawan yang ingin berwisata ke negara nya. Diantaranya ialah negara Malaysia, Singapura, dan  negara Thailand serta masih banyak lagi negara lainnya. Karenanya, jenis asuransi perjalanan covid-19 pas untuk anda yang akan merencanakan untuk berkunjung negara itu.

artikel terkait: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Patut Anda Ketahui

Kenapa Penting untuk Mempunyai Asuransi Perjalanan Covid-19?

Mayoritas negara di penjuru dunia mempunyai peraturan mengharuskan beberapa pengunjung dari luar negaranya untuk mempunyai asuransi Covid-19. Walaupun setiap negara mempunyai peraturan berbeda-beda, kepemilikan asuransi Covid-19 pada umumnya diperlukan untuk penuhi persyaratan pengajuan Visa setelah dilakukan vaksinasi.

Jika seorang pengunjung di luar negara arah teridentifikasi terkena Covid-19 di negara itu, tentu saja dapat dirawat di sarana kesehatan paling dekat dengan biaya perawatan atau pengobatan yang langsung bisa dijamin sepanjang perjalanan. Disamping itu, harus dipahami, tiap negara memiliki peraturan-peraturan tertentu akan minimal besarnya uang pertanggungan untuk asuransi Covid-19 perlu dimiliki oleh wisatawan sebagai persyaratan perjalanan.

Maka pastikan saat sebelum melancong atau liburan ke manca negara untuk ajukan dan memiliki asuransi perjalanan pertanggungan kesehatan cover Covid-19. Anda harus mencermati peraturan tentang jumlah minimal uang pertanggungan untuk asuransi perjalanan Covid-19 di negara destinasi wisata anda,  agar dapat mendapatkan asuransi perjalanan dalam jumlah yang pas.

Apa Saja Kegunaan Asuransi Perjalanan Covid-19?

5 Manfaat Asuransi Perjalanan Covid-19

  1. Terjaminnya pelindungan terhadap resiko terjangkitnya Covid-19
  2. Mendapatkan pelindungan untuk perjalanan dalam negeri dan internasional di penjuru dunia
  3. Jaminan Pelindungan Lengkap, dimulai dari pertanggungan biaya kecelakaan perjalanan, perawatan medis, perjalanan yang tidak nyaman, kehilangan atau kerusakan bagasi, dan jaminan tambahan lain
  4. Biaya Premi Fleksibel: Biaya premi dihitung berdasar hari perjalanan hingga dapat diseuaikan dengan keperluan dan destinasi perjalanan
  5. Kemudahan Service Medis Cashless atau mendapat pelayanan medis tanpa dana tunai (cashless) di wilayah atau negara tujuan perjalanan.
artikel terkait: Bagaimana Cara Memilih Premi Asuransi Perjalanan yang tepat

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Covid-19 Terbaik

Inilah tips bagi anda yang sedang merencanakan  perjalanan dan akan memilih asuransi perjalanan Covid-19 di beberapa negara mewajibkan asuransi perjalanan covid-19, anda perlu mempertimbang kebijakan polis pada perusahaan tersebut dan beberapa pertimbangan lain sehingga akhirnya menentukan salah satu perusahaan asuransi tersebut menjadi teman perjalanan anda. 

1. Baca ketetapan polis dengan cermat

Kerap sekali claim asuransi perjalanan nasabah ditampik karena tidak sesuai dengan kesepakatan polis yang sudah disepakati bersama. Karenanya, pelajari dan pahami dulu polis dengan cermat dan teliti. Terutamanya di bagian resiko yang dijamin dan nilai pertanggungan yang diberi asuransi.

2. Kalkulasi limit asuransi

Cari informasi tentang biaya perawatan dan penanganan Covid-19 di beberapa penyedia asuransi, selanjutnya samakan dengan limit asuransi yang diputuskan. Yakinkan limitnya semakin tinggi dibanding perkiraan biaya perawatan Covid 19 sekarang ini. Dan cari info juga tentang apakah penyedia asuransi memberi manfaat  unit link atau investasi serta apakah preminya terlalu mahal.

3. Cari info tentang rekam jejak perusahaan asuransi

Apakah perusahaan penyedia asuransi yang telah dipilih pernah terlilit kasus? Info ini dapat dengan mudah peroleh dengan cara mencarinya secara online.

Demikianlah ulasan travel link tentang Cara Memilih Asuransi Perjalanan Covid-19 Terbaik untuk Wisata Anda agar lebih nyaman dalam menikmati waktu liburan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Bagaimana Cara Memilih Asuransi Perjalanan Covid 19 Terbaik untuk Wisata Anda"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata