--> ada apa disini

Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek di Pot Tanah untuk pemula

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Benar di Pot

Bunga anggrek merupakan jenis flora di dunia yang paling digemari oleh sebagian besar para pecinta tanaman bunga hias. Di alam liar, sering tumbuh pada pohon, dan akarnya terpapar matahari dan udara juga air. Maka dari itu cara menanam anggrek agar subur dan berbunga haruslah meniru tumbuhnya  seperti pada habitat aslinya.

Peminat flora indah ini sangat cocok bagi anda yang menyukai minat wisata atau berkunjung ke suatu tempat yang membutuhkan waktu yang lama. Karena perawatan dan penanaman cukuplah mudah. Walaupun begitu, anda membutuhkan teknik dan pengetahuan yang benar tentang cara menanam bunga anggrek pada pot.

Bagi para penjual bunga, tentu belum sempurna rasanya jika tidak mempunyai bunga anggrek sebagai salah satu koleksi untuk dijual karena memang permintaan di beberapa kota yang mempunyai penginapan tentu membutuhkan tumbuhan ini sebagai estetika ruangan. Untuk memenuhi estetika tersebut permintaan konsumen seperti penginapan, hotel dan lain sebagainya, membutuhkan banyak jenis anggrek yang indah bisa didapatkan di kebun bibit dan toko perlengkapan taman. 

Budidaya sebenarnya cukup mudah, asal perawatan pada anggrek dilakukan. Anggrek dapat tumbuh di berbagai iklim, cara pengembangbiakannya pun sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan teknik tertentu.

Cara Menanam Bunga Anggrek di Pot tanah

Untuk menanamnya ada beberapa cara, salah satunya adalah cara menanam anggrek dengan menggunakan pot bunga sebagai tempat tanamnya.

Beberapa pecinta bunga anggrek sering mengeluhkan tentang cara menanam anggrek menggunakan media pot. Adakalanya bahkan pertumbuhan tanaman tidak maksimal dan bunga cepat layu atau tidak berbunga. Perihal tersebut terjadi sebenarnya karena kurang memahami bagaimana cara menanamnya yang baik. Anggrek yang dipelihara dalam pot tanah membutuhkan teknik menyiram khusus yang meniru habitat alaminya. Siram anggrek secukupnya, hanya pada saat media tanam dalam pot hampir kering.

Dibawah ini travel blog akan mengulas cara menanam bunga anggrek yang benar, supaya bunga yang dihasilkan tanaman bisa tumbuh optimal serta tidak mudah layu. Berikut beberapa langkah teknis menanamnyaSecara Tepat:

1. Menentukan Bibit Tanaman Anggrek

Langkah pertama adalah tentukan lebih dahulu jenis varietas yang akan ditanam. anda harus tahu kualitas anakan atau bibit varietas tersebut, mempunyai pertumbuhan yang sempurna, serta terbebas dari berbagai macam penyakit tanaman dan hama tanaman.

Ada beberapa jenis varietas yang kerap dibudidayakan, diantaranya sebagai berikut :

  • Catteleya
  • Ascocentrum Orchid
  • Dendrodium
  • Grammathopilum (anggrek raksasa dari Papua)
  • Oncidium (jenis Golden Shower)
  • Phalaenopsis, (anggrek bulan)
  • Vanda (anggrek potong)
  • Spathiphyllum

Setelah menentukan jenis varietas yang hendak ditanam, tahapan selanjutnya dalam cara menanamnya yaitu mendapatkan bibit unggulan dari varietas pilihan tersebut. Lebih baik lagi apabila mendapatkan bibit anggrek dari para pengrajin tanaman hias terutama pecinta anggrek supaya bibit yang diperoleh benar-benar berkualitas.

2. Mempersiapkan Media Taman

Setelah bibit anggrek kamu dapatkan, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan media atau tempat untuk penanaman dan pertumbuhan tanaman. Dalam hal ini akan dibahas tempat tanam dengan menggunakan pot bunga.

kamu harus siapkan media tanam bunga dengan ukuran sedang, kemudian isilah pot tersebut terdiri dari beberapa campuran bahan baku seperti tanah, arang, kulit kelapa atau batok, sabut kelapa, pupuk kandang yang sudah difermentasikan, serta pecahan genting atau bisa dengan pecahan batubata.

Aturlah semua material tanam tersebut dengan susunan pecahan batu bata di bagian terbawah dari pot, lalu batok dan sabut kelapa diatasnya, lalu baru masukkan tanah yang sudah diaduk dengan pupuk kandang dibagian paling atas dari pot. Fungsi dari batubata tersebut yaitu supaya pada saat kamu melakukan penyiraman, air tidak akan tergenang di dasar pot dan dapat merusak atau membusukkan akar tanaman anggrek.

3. Tahapan Cara Menanam

Setelah media pot dipersiapkan, bibit, maka selanjutnya teknik menanam bunga angrek yaitu memindahkan bibit tersebut kedalam pot yang telah diisi oleh campuran bahan-bahan tersebut. Kemudian tutuplah dengan material abu sampai batas pangkal batang bibit anggrek.

Sebaiknya kamu tanam pada saat pagi hari sebelum jam 8 supaya matahari belum terlalu terik sehingga tanaman anggrek yang baru ditanam tersebut tidak mudah layu. Sesudah ditanam lalu langsung disirami dengan air secukupnya, perlakuan ini untuk menjaga kelembaban tanaman anggrek.

4. Tahapan Pemeliharaan Anggrek

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan. Pemeliharaan pada media pot jauh lebih mudah daripada menggunakan media lahan. Hal yang terutama dari pemelihaan adalah masalah penyiraman.

Sebenarnya angrek lebih suka pada situasi lingkungan yang lembab namun tidak menghendaki penyiraman atau penyemprotan langsung. Penyiraman langsung bahkan terkadang bisa merusak kuncup yang belum mekar.

Cara menjaga kelembaban lingkungan tanaman anggrek kamu dapat dilakukan dengan menyirami sekeliling tanah di dalam pot secukupnya, akan tetapi tidak langsung terkena tanaman anggrek itu sendiri. Penyiraman dilakukan setiap pagi hari supaya tanaman anggrek tidak lekas layu sehingga tercukupi kebutuhan airnya.

Demikianlah cara mudah menanam bunga anggrek di pot dengan baik sehingga bungga anggrek dapat bertumbuh kembang dan menghasilkan bunga yang sedap dipandang mata. Berdasarkan teknik diatas, bagaimana menurut anda, mudah bukan? Sehingga bagi anda traveler dapat juga dengan mudah meninggalkan hobi menanam bunga anggrek ini diruangan kantor maupun halaman rumah anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek di Pot Tanah untuk pemula"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata