-->

Redfin Shark, Jenis Ikan Hias Air Tawar

Daftar Isi [Tampil]

Redfin_albino
Redfin_albino
Ikan Redfin Shark - Ikan finned Shark (Ephalzeorhynchus frenatus) merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Sungai Mekong, Thailand. Ikan redfin shark bersifat omnivora, penampilan yang cantik dengan warna badan cokelat kehitaman.

Ikan redfin Shark ada juga yang berwarna putih albino ditambah dengan sirip-siripnya merah terang. Ukuran badan jenis ikan hias redfin shark maksimal sekitar 12 cm.

Gambar Red Tail Shark
Red Tail Shark

Cara Budidaya Ikan Hias Redfin Shark

Suhu pemeliharaan pada Ikan Hias Redfin Shark pada 26-28° C dengan pH 7, 5 serta kekerasan 10° dH. Pada habitat aslinya, Ikan Hias Redfin Shark dewasa mengonsumsi lumut di dinding akuarium biasanya bersih dari lumut. Ikan ini Sifatnya agak pemalu serta suka bersembunyi pada siang hari, sedangkan malam hari bakal keluar mencari makanan.

Sedikit rumit dalam membedakan Induk jantan serta betina redfin shark. Namun, jenis betina fisik badan agak gemuk serta sedikit panjang, sedangkan jantan agak pendek serta langsing.

Gambar ikan hias redfin shark
raibow shark

Pemijahannya dengan suntikan hormon gonadotropin buatan seperti Ovaprim pada induk yang telah masak telur. Dosis hormon cukup 0, 3 ml/kg, berat tubuh.

Suntikan hanya dikerjakan sekali saja. Karena ukuran ikan ini tidak besar maka injeksi dapat dikerjakan hanya dengan memegang induknya dengan memakai tangan kiri, sedangkan tangan kanan untuk menyuntik.

Pemijahan bisa dikerjakan dengan cara masal. Induk-induk yang sudah bertelur harus secepatnya di ambil telurnya, dan dipastikan menetas sendiri tanpa induk. Untuk pemijahan biasanya, Ikan hias redfin shark berenang ke dasar aquarium sampai telurnya akan tersebar.

Oleh karena itu, di rekomendasikan penyuntikan dikerjakan siang hari agar ikan bisa bertelur malam hari. Saat paling baik mengangkat induknya yaitu malam hari. Misalnya, penyuntikan yang dikerjakan jam 11. 00 diprediksikan ikan bakal bertelur jam 20. 00.

Telur akan mulai menetas dalam periode waktu 24 jam, larvanya mulai berenang 3-4 hari. Pakan larva dapat berbentuk infusoria, kutu air halus, atau tetasan artemia yang berjalan 36 jam. Pakan ikan dewasa berbentuk cacing sutera atau cacing darah. Ukuran jual seputar 5 cm atau telah berusia seputar 4 bln.

Jenis Ikan Hias Redfin Shark

1. Redfin Rainbow

Jenis Ikan redfin rainbow memiliki bentuk yang sama dengan jenis ikan redfin lainnya, akan tetapi ikan redfin rainbow lebih memiliki banyak ragam warna yakni warna keemasan, ada juga yang hitam kebiruan.

Perbedaan antara betina dan jantan, ikan redfin rainbow jantan memiliki tubuh yang tipis dibandingkan dengan ikan redfin rainbow betina yang tebal.

2. Redfin Red Tailed Black

Jenis Ikan hias redfin tailed black memiliki keunikan tersendiri karena ikan redfin jenis ini memiliki warna pada sekujur tubuhnya dari sirip atas dan sirip bawah berwarna hitam namun pada ekor belakangnya ikan redfin ini berwarna orange.

Melihat keunikan dari warna ikan hias Redfin Red Tailed Black jelas sangat diminti oleh pencinta ikan hias. Sehingga jenis ini sangatlah langka dan sangat sulit ditemukan.

3. Redfin Shark

Jenis Redfin Shark tidak segalak hiu seperti jenis lainnya, ikan hias ini ramah dengan ikan hias lainnya apabila anda letakkan dalam satu aquarium. Berasal dari thailand tepatnya sungai mekong. Untuk makanannya anda tidak sulit karena ikan hias ini pemakan segalanya atau omnivora dan biasanya memakan lumut atau makanan sisa dari ikan-ikan lainnya.

Ikan Hias redfin shark, memiliki warna dominan gelap namun pada sirip dan ekornya mempunyai warna yang terang, hal tersebut membuat ikan ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

4. Redfin Albino

Ikan redfin Albino, sesuai dengan namanya yakni memiliki warna yang putih atau albino, dan memiliki warna pada sirip merah.

Jenis ikan hias redfin albino dominan berukuran kecil dan karakternya tidak agresif menyerang ikan -ikan lain. Umumnya peminat ikan hias memelihara ikan redfin albino di aquascape karena menimbulkan keindahan warna sehingga menambah keindahan dari aquascape yang anda miliki.

Apalagi jika aquascape yang anda miliki ditambahkan cahaya tambahan karena sirip redfin albino akan lebih menyala jika terkena cahaya lampu. Ikan redfin jenis ini sulit untuk ditemukan sehingga harganya sangatlah mahal.

Demikianlah ulasan travellink terkait dengan jenis ikan air tawar redfin shark, semoga dapat bermanfaat bagi pembudidaya ikan hias aquarium.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Redfin Shark, Jenis Ikan Hias Air Tawar"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata