--> ada apa disini

32 Manfaat Daun Binahong dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Daftar Isi [Tampil]
Efek samping Daun Binahong Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Binahong - Binahong mempunyai nama ilmiah Bassela rubra linn. Daun herbal binahong dapat tumbuh di dataran rendah dan di dataran tinggi. Manfaat Daun binahong sangat banyak seperti wajah, jerawat, untuk jantung, asam urat, dll yang pastinya bakal bikin badan jadi lebih sehat.

Di negara Afrika, tepatnya di hutan Madagaskar, binahong benar-benar populer sebagai herbal yang ampuh untuk mengobati penyakit. Saat ini tumbuhan binahong telah dapat diketemukan di Indonesia, tidak cuma lantaran tumbuhan ini dapat tumbuh di iklim Indonesia juga lantaran gunanya yang demikian banyak sebagai tanaman obat teristimewa.

Manfaat dari daun herbal ini binahong juga untuk kecantikan kulit. Tumbuhan binahong adalah tumbuhan yang bisa merambat. Dengan demikian, anda dapat dengan mudah menanam tumbuhan itu tanpa ada memerlukan lahan yang luas.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Manfaat daun Binahong untuk wajah

Manfaat binahong untuk kulit wajah yaitu utk menyingkirkan jerawat serta untuk bikin pori-pori muka jadi lebih kecil. Jerawat jadi masalah yang besar baik untuk pria wanita baik pada sisi performa penampilan maupun kesehatan kulit. Apalagi kalau, jerawat dapat meninggalkan sisa yang berwarna flek hitam.

Apabila jerawat Anda dalam situasi yang kritis, sisa jerawat dapat membuat kulit wajah jadi berlubang. Tahapan menghilangkan jerawat tanpa terdapat sisa dengan binahong yaitu dengan memoleskan daun binahong yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Perawatan bisa juga ditempuh dengan cara membuatnya juice daun binahong.

Khasiat daun binahong pada perawatan wajah dari dalam serta dari luar, bisa membuatnya jadi lebih maksimal. Pori-pori wajah akan mengecil, jika menggunakan air rebusan binahong untuk membersihkan wajah dengan teratur. Dengan pori-pori wajah yang kecil, sehingga bisa membuat riasan make-up makin tampak bagus.

Kandungan Daun Binahong

Berdasarkan penelitian pengujian dari laboratorium, daun binahong mengandung banyak kandungan-kandungan yang berdampak bagi kesehatan manusia, diantaranya:

1. Saponin

Saponin berkhasiat dapat membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk dapat menyembuhkan luka. Manfaat lainnya adalah sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Saponin merupakan senyawa aktif yang hampir mirip dengan sabun yang terdapat pada permukaan binahong. Pelarutan dan Pencairan dari senyawa ini dapat memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus bagi manusia.

2. Minyak Atsiri

Minyak atsiri ini mempunyai banyak khasiat diantaranya sebagai obat antiseptik alami penggunaan dari dalam atau luar tubuh. Selain itu juga minyak atsiri juga dapat berfungsi sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulant.

Untuk penggunaan secara eksternal atau luar dapat menggunakan minyak daun binahong dari hasil penyulingan minyak eteris yang mudah menguap apabila digosokkan di area luar kulit. Minyak atsiri yang fresh hasil dari penyulingan tidak akan berwarna namun jika terlalu lama di udara terbuka akan teroksidasi (menguap) dan berubah warna. Oleh karena itu minyak atsiri daun binahong harus segera disimpan di tempat terlindung agar manfaatnya tidak hilang.

3. Alkaloid zat untuk penderita kanker

Alkaloid merupakan zat yang memiliki sifat hipoglikemik. Zat ini sangat diperlukan bagi para penderita diabetes karena mempunyai fungsi sebagi penurun kadar gula dalam tubuh

4. Zat Asam askorbat

Asam askorbat merupakan salah satu zat dalam binahong yang sangat penting untuk penyembuhan luka bakar atau luka luar. Saat anda terkena luka maka kemungkinan juga anda akan terkena infeksi pada luka tersebut, disinilah fungsi dari zat asam askorbat. Senyawa tersebut dapat mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi pada luka yang anda dapatkan dari berbagai aktifitas anda.

5. Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat berperan penting dalam memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang berada dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit kanker.

6. Asam oleanolic

Asam Oleanolic merupakan senyawa yang berperan aktif sebagai anti peradangan atau inflamasi. Dengan adanya zat ini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi luka.

Kandungan lainnya yang dimiliki oleh daun binahong dan sangat baik bagi kesehatan anda adalah mono polisakarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, flavonoid dan protein.

Sangat banyak ternyata kandungan yang terkandung dalam daun binahong ini bagi kesehatan manusia sehingga wajar bila daun ini sangat populer dipakai sebagai penyembuhan baik penyakit berat maupun penyakit ringan.

Walaupun di Indonesia penggunaannya masih kurang, saat ini sudah mulai banyak yang menyadari manfaat daun binahong sebagai herbal dan menanamnya sebagai tanaman obat untuk dijadikan sebagai terapi ramuan kesehatan.

efek samping daun binahong
Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong Bagi Kesehatan

Rahasia Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

1. Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker

Untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dengan daun binahong, anda cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong yang sudah dikeringkan 1 (satu) hari sekali sebanyak satu gelas, dan minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang tubuh akan berkurang dan kemudian mati.

2. Manfaat dan khasiat daun binahong sebagai obat luar

Untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit anda harus menumbuk halus daun dan batang binahong kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. 

3. Mencegah stroke, asam urat, sakit pinggang, luka bekas operasi, maag, typus, dan disentri

Untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut diatas, anda dapat merebus 5 lembar daun Binahong dengan 2 gelas air, hingga tersisa setengahnya, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata, lalu diminum sehari sekali 1 gelas.

Anda juga dapat menggunakan umbi atau rimpang tumbuhan binahong, caranya dengan mencuci bersih umbi atau rimpang binahong, lalu rebus hingga matang. Langkah selanjutnya disaring dan setelah dingin tambahkan 1 sendok teh madu, aduk merata dan diminum 2-3 kali sehari.

4. Mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi sesak nafas dengan daun binahong, anda cukup merebus 7 (tujuh) lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum setiap hari sekali.

5. Batuk berdarah

Untuk mengatasi batuk berdarah, anda harus merebus 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air bersih dan tersisa 1 gelas. Hasil rebusan diminum setiap hari.

6. Obat Kencing Manis

Cara mengatasi kencing manis yaitu dengan merebus 10 lembar daun binahong dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

7. Membantu mengatasi gagal ginjal

Gagal ginjal adalah penyakit organ dalam yang membutuhkan perhatian khusus yang tidak dapat diremehkan, untuk mengatasinya secara tradisional anda dapat menggunakan daun binahong dengan cara : rebus 10-15 lembar daun binahong ke dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum tiga kali sehari sebelum makan.

8. Obat Kanker Ginjal

Cara memanfaatkan daun binahong sebagai pengobatan kanker ginjal adalah dengan merebus 15 g daun binahong dan 15 g daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Hasil air rebusan tersebut ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut setiap hari.

9. Obat Radang Ginjal

Daun binahong bermanfaat untuk membantu meringankan keluhan penyakit radang ginjal dengan cara 7 lembar daun binahong direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. buat dan minum ramuan daun binahong setiap hari.

10. Obat Patah Tulang

Daun binahong sangat efektif membantu proses penyatuan tulang yang patah Cuci bersh 10-20 lembar daun bianhong dan rebus dengan 3 gelas air yang bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan minum rebusan air binahong. lakukan cara ini setiap hari.

11. Obat Paru-Paru/Bolong

Cara membuat obatnya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

12. Obat Gegar Otak Ringan/Berat

Cara membuat obat dengan daun binahong adalah cukup dengan mentediakan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

13. Obat Luka Bakar

Untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dari dalam sebagai alternatif anda bisa menggunakan daun binahong sebagai ramuan alami, caranya yaitu Luka bakarCara membuat obat luka bakar dengan memanfaatkan khasiat daun binahong adalah merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa segelas. Hasil rebusan air tersebut diminum setiap hari.

14. Mengobati Ambeyen Berdarah

Cara mengobati Ambeyen Berdarah yaitu dengan Air rebusan daun binahong yang dapat mengatasi ambeyen, bahkan ambeyen yang berdarah sekalipun. segera atasi ambeyen dengan Daun binahong dengan cara 16 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan air tersebut di konsumsi setiap hari.

15. Manfaat Daun Binahong Untuk diare/Disentri

Daun binahong dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu buang air besar/disentri. Caranya yaitu 10 lembar daun binahong direbus ke dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong dalam mengobati buang air besar diminum setiap hari.

16. Manfaat Daun Binahong Untuk Gusi Berdarah

Daun binahong juga berkhasiat untuk meredakan gusi berdarah secara efektif dan cepat. caranya anda dapat merebus 4 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.

17. Untuk melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar akan cenderung menyebabkan rasa nyeri pada otot pinggang anda, khasiat daun binahong juga bisa mengatasi haid tidak lancar dalam waktu sekejap.

Caranya pun cukup mudah yaitu 3 lembar daun binahong direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

18. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Caranya dengan merebus 20 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

19. Mempercepat proses penyembuhan luka

Untuk mengobati luka setelah kecelakaan atau karena luka karena benda tajam, anda dapat melakukan merebus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

20. Manfaat Daun Binahong Khasiat Daun Binahong Untuk Borok Akut (Menahun)

Cara membuat obat borok menahun dengan daun binahong yaitu dengan 12 lembar daun binahong direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air dari daun binahong diminum setiap hari.

21. Manfaat Daun Binahong sebagai Obat Gatal-Gatal atau Eksim Kulit

Cara membuat obat gatal-gatal dengan daun binahong yaitu dengan merebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air hasil rebusan diminum setiap hari.

22. Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Usus Bengkak

Cara membuat obat mengatasi usus bengkak dengan daun binahong adalah merebus 3 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

23. Khasiat Daun Binahong Untuk Menambah Nafsu Makan

Cara membuat ramuan penambah nafsu makan alami dari daun binahong yaitu 5 lembar daun binahong, dan 2 gelas yang direbus hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

24. Manfaat Daun Binahong Sebagai Penghangat Badan

Daun binahong juga bisa anda manfaatkan untuk menghangatkan badan dengan cara rebus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga bersih dan tersisa 1 gelas air. Hasil rebusan air binahong diminum setiap hari.

25. Manfaat Daun Binahong untuk seksual

Khasiat daun binahong yang tak kalah menarik yaitu keampuhannya mengatasi L3mah Syah.wat.
Cara membuat ramuan untuk mengatasi gangguan kejant4nan yaitu rebus 3-10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

26. Manfaat daun binahong sebagai obat sariawan kronis

Sariawan memang bukan penyakit berbahaya yang akan mengancam keselamatan anda, akan tetapi sariawan cukup membuat kita menderita dan membuat tidak berselera makan dan minum apalagi kalau anda terkena sariawan sangat rutinitas anda padat, anda bahkan malas bicara karena rasa perih dan sakit pada tenggorokan, bibir pecah-pecah dan lidah terluka.

Cara pemanfaatan daun binahong untuk mengatasi sariawan ini sangat mudah yaitu anda cukup dengan minum air rebusan daun binahong. dalam keadaan yang dingin.

27. Khasiat daun binahong Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka berdarah

Caranya yaitu haluskan beberapa lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan secara rutin minimal 3 kali sehari.

28. Melancarkan pencernaan

Daun binahong juga berkhasiat untuk mengontrol alat pencernaan agar tetap stabil, dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit. Selain itu susah buang air besar (BAB) akan berdampak kurang baik baik kesehatan pencernaan anda. Susah buang air besar akan menyebabkan penumpukan kadar lemak tubuh dan kegemukan.

29. Obat wasir

Khasiat daun binahong mampu membuat otot anus yang bengkak agar lebih tenang, dengan demikian sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang dan sembuh.

30. Manfaat daun binahong untuk menghentikan pendarahan

Seperti daun sirih, daun binahong juga dapat berkhasiat untuk menghambat dan menghentikan pendarahan kecil seperti mimisan, dengan cara yaitu gulung daun binahong dan masukkan pada hidung untuk menyumbat dan mendinginkan suhu panas dalam hidung.

31. Pemulih dan penambah stamina kaum pria

Stamina loyo adalah kendala fital yang paling sering dialami oleh kaum pria, Untuk memulihkan dan menambah stamina anda dapat menggunakan daun binahong sebagai resep herbal untuk mengatasi stamina loyo. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong dalam keadaan hangat, maka dapat menambah stamina dengan cara yang alami sehingga aman bagi tubuh.

32. Mempercepat proses penyembuhan luka pasca Melahirkan

Caranya rebus 7 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

Sekalipun Manfaat yang terkandung dalam Daun Binahong menyehatkan, Namun sebaiknya Anda tetap harus hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, yang termasuk mengancam jiwa. Berikut Efek Samping Daun Binahong.

Efek Samping Daun Binahong

Selain banyaknya manfaat daun binahong ini terdapat juga efek samping dari penggunaan daun obat tradisional ini, jadi anda yang sedang mengkonsumsi daun ini dapat melihat juga gejala yang ditimbulkan, sehingga anda dapat mengunjungi klinik-klinik kesehatan terdekat anda,

Efek samping daun binohong yang mengandung efedrin ini antara lain

  1. tekanan darah tinggi
  2. serangan jantung
  3. gangguan otot
  4. kejang
  5. stroke
  6. denyut jantung tidak teratur
  7. kehilangan kesadaran dan
  8. kematian.

Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan:

  1. pusing
  2. gelisah
  3. lekas marah
  4. insomnia
  5. sakit kepala
  6. kurang nafsu makan
  7. mual dan muntah
  8. flushing
  9. kesemutan
  10. kesulitan buang air kecil dan
  11. detak jantung berdebar

Hindari Penggunaan

Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman, maka jangan gunakan. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina)lebih buruk karena merangsang hati. Jangan gunakan jika memiliki masalah angin ini.

Demikianlah artikel tanaman obat tentang Manfaat dan Efek samping Daun Binahong Bagi Kesehatan. Sebelum anda menggunakannya tanamanan herbal ini baiknya anda tahu sebelum anda mengkonsumi daun binahong yang memiliki banyak khasiat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "32 Manfaat Daun Binahong dan Efek Samping Bagi Kesehatan"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata