-->

Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Daftar Isi [Tampil]

Efek samping daun Pepaya bagi Kesehatan
Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya - Daun Pepaya mempunyai nama latin Carica L papaya, termasuk dalam keluarga Caricaceae sebagai tanaman obat. Ciri - ciri daun pepaya berbentuk simetris apabila bagian atas dilipat. Manfaat daun pepaya selain dapat  dijadikan resep masakan ataupun lalapan, juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit, bahkan manfaat daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi ibu-ibu lagi hamil.

Menurut Para peneliti, mereka menemukan daun dengan rasa pahit pepaya mengandung sejumlah senyawa aktif zat Carpein yang sangat baik bagi tubuh manusia. Carpein pada daunnya, pertama sekali ditemukan oleh Dr. Gresfoff, dari Batavia pada tahun 1890 an. Secara umumnya masyarakat indonesia mengenalnya berkhasiat mengobati diabetes.

Bukan hanya daunnya, buah pepaya juga kaya akan vitamin C serta enak di konsumsi bahkan buah ini mengandung beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Nah pada artikel ini travellink akan mengulas tentang  manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan serta Kecantikan Kulit. Tentunya ini akan bermanfaat bagi anda yang sedang berwisata di wilayah tropis yang mempunyai banyak buah pepaya ini.

artikel terkait: Sambiloto, Manfaat dan Efek Samping bagi Kesehatan 

Kandungan vitamin

Daun pepaya mengandung vitamin apa? Daun pepaya serta buahnya mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia diantaranya: 

  1. Vitamin B, A, C, D, E
  2. Kalsium

Kandungan vitamin ini sangat penting bagi kesehatan kardiovaskular mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan membantu mencegah radikal bebas.

Khasiat daun pepaya untuk kesehatan dan kulit

Bagi anda kurang menyukai rasanya dapat mempertimbangkan bahwa banyaknya manfaat yang diberikan. Berikut ini akan diulas tentang beberapa manfaat daun herbal untuk kesehatan dan kulit:

1. Obat Jerawat

Bagi anda mempunyai keluhan jerawat serta sudah beberpa kali ke dokter kulit dalam melakukan perawatan wajah, namun belum menemukan hasil optimal, anda dapt mencoba tanaman obat ini sebagai obat alternatif bagi keluhan tersebut.

Cara mengolah

Ambillah 2-3 lembar yang sudah tua. Jemurlah sebentar selanjutnya tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkanlah satu setengah sendok air. Lalu anda oleskan ramuan pada bagian kulit wajah yang ber jerawat seperti anda memakai masker. Biarkan beberapa waktu, kemudian bilas hingga bersih.

2. Menambah Nafsu Makan

Bagi anak-anak khasiatnya sangat baik untuk bisa menambah nafsu makan, terutama untuk anak-anak tidak mempunyai nafsu makan.

Caranya olahan untuk menambah nafsu makan

Ambil dedaunan segar yang mempunyai ukuran sebesar telapak tangan dewasa, tambahkan sedikit garam dan juga air hangat takaran setengah cangkir. Aduk semuanya dalam blender, selanjutnya setelah selesai saring airnya, air hasil saring tersebut akan memberikan khasiat yang sangat baik untuk menambah nafsu makan.

3. Anti Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kroni mematikan, khasiatnya dipercaya bisa untuk mencegah penyakit kanker tersebut. Karena mempunyai unsur getah putih seperti susu atau disebut juga dengan White Milky Latex.

Getah putih tersebut bisa dikembangkan sebagai anti kanker, serta memberikan khasiat  tersebut, anda akan dapatkan manfaatnya apabila mengkonsumsi secara dimasak atau dengan proses lainnya.

4. Memperlancar Pencernaan

Mengkonsumsi dedaunn pepaya yang telah direbus baik dimakan dengan ataupun tanpa makanan pendamping lainnya dapat membantu memperlancar pencernaan. Ini dikarenakan didalam terdapat zat karpain, yakni sejenis kandungan kimia yang bisa membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mebuahkan hasil maksimal, sebaiknya anda mengkonsumsi rutin dengan air rebus setiap hari selama beberapa hari.

5. Pengontrol Tekanan Darah

Manfaatnyajuga sangat bagus untuk menstabilkan tekanan darah, terutama bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi. 

Caranya olahan untuk pengontrol tekanan darah

Siapkan 5 lembar dedaunan pepaya, lalu direbus dengan campuran air takaran setengah liter. Kemudian dimasak sampai airnya tersisakan tiga perempat, selanjutnya setelah selesai biarkan air tersebut menjadi dingin, lalu anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis ekstrak daun tersebut. 

Manfaat lainnya juga masih ada lagi seperti kandungan serat pangan bisa menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklersosis serta mencegah penyakit jantung. Manfaatnya juga sangat bagus untuk menunjang program diet yang sedang dijalankan.

Bagi kaum wanita yang sedang menyusui, khasiat ekstrak daun sangat baik untuk membantu melancarkan ASI.

6. Obat Nyeri Haid

Bagi wanita manfaat daun pepaya, sangat baik untuk meredakan nyeri saat haid. Caranya, anda hanya dengan mengambil 1 lembar, selanjutnya tambahkan asam jawa serta garam, dicampur dengan segelas air dan kemudian rebus, kemudian ambil airnya, tambahkan 2 sendok madu dan aduk. Dinginkan ramun tersebut kemudian minum.

7. Obat Demam Berdarah 

Khasiatnya juga sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah. Caranya, ambil 5 lembar yang muda, lalu tambahkan setengah liter air dan direbus sampai bersisa tiga perempatnya, kemudian tambahkan sedikit garam, 2 sendok madu, diminum selagi hangat. Buatlah pagi, sore serta menjelang tidur sampai gejala demam berdarah sembuh.

8. Pelunak Daging

Penggunaan daun pepaya untuk pelunak daging dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut maksudnya untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

artikel terkait: 32 Manfaat Daun Binahong dan Efek Samping Bagi Kesehatan

9. Diabetes atau Kencing Manis 

Khasiat daun muda juga sangat baik untuk mengobati Diabetes atau Kencing Manis.

Bahan-bahan

  • 1-3 lembar daun pepaya muda
  • 2-5 lembar sirih yang bertemu uratnya. 

Cara membuat:

Tumbuklah daun herbal pepaya plus daun sirih yang bertemu uratnya sampai halus, kemudian beri setengah gelas air, l alu peras dan saring. Kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Kandungan vitamin pepaya
Buah Pepaya

Daun Pepaya Untuk Kecantikan kulit

Apakah daun pepaya bagus untuk kulit? Khasiat buah pepaya memang diketahui sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat bercahaya. Selain itu pepaya sering digunakan dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk shampo atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Alat pembersih kulit

Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih serta memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik noda.

2. Kondisioner Alami

Ekstraknya sering digunakan sebagai kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan membuat rambut lebih bernyawa serta melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

3. Menghilangkan ketombe

Ekstraknya terutama dapat digunakan sebagai bahan pembuatan shampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping. 

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya 

Mengapa daun pepaya rasanya pahit? hal ini timbul karena mengandung sejumlah senyawa aktif zat carpein yang sangat baik bagi pencernaan tubuh dan kesehatan, Umumnya banyak orang tidak menyukai dengan rasa pahit, namun ada beberapa cara mengatasi agar rasa pahit hilang. Cara nya sangat mudah yaitu:

1. Daun jambu biji

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit bisa dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya yaitu dengan mencuci bersih daun pepaya dan daun jambu biji. Rebuslah 4-5 lembar dengan daun jambu biji. selanjutnya tunggu sejenak, biarkan sampai air rebusan benar-benar mendidih.

2. Garam dapur

Rasa asin dari garam dapur dapat mengurangi rasa pahit dalam kandungannya. Caranya, terlebih dahulu dengan mencuci bersih, selanjutnya rendam dengan air yang sudah dicampur dengan garam. Rendamlah sekitar 1 jam. Setelah selesai dilakukan perendaman, lalu tiriskan sambil diremas. Upaya ini dipastikan dapat mengurangi rasa pahit.

3. Gula pasir

Rasa manis yang terkandung di gula pasir dapat menetralisir rasa pahit. Caranya mengolahnya yaitu rendamlah menggunakan air yang dicampur dengan gula pasir, tunggu sekitar 1 jam, setelah itu tiriskan hasil rebusan.

4. Asam jawa

Asam jawa juga dapat digunakan sebagai bahan untuk dapat menghilangkan rasa pahit. Caranya penggolahannya sangat mudah yaitu cucilah sampai bersih, lalu tiriskan, selalnjutnya masukkan ke dalam wadah. Lalu taburkan asam jawa ke dalam tempat rebusan. Tunggulah sampai 15-20 menit, selanjutnya pisahkan irisan ke dalam tempat lain.

5. Daun singkong

Cara pengolahannya yaitu, rebuslah daun singkong terlebih dahulu selama dua menit, selanjutnya masukkan daunnya ke dalam air rebusan yang sama. Biarkan keduanya berada dalam air selama 3 hingga 5 menit. Lalu tiriskan kedua daun tersebut.

Efek samping daun pepaya bagi kesehatan dan kulit

Daun Pepaya apakah berbahaya? Meskipun dibutuhkan banyak penelitian untuk bisa mendukung temuan ilmiah tentang efek sampingnya, namun sebetulnya cenderung aman dikonsumsi. Jadi, anda tak perlu khawatir pada efek samping yang ditimbulkan.

Hal ini berdasarkan beberapa penelitian dan pengalaman pengguna yakni sangat sedikit efek samping negatif yang muncul.  Jika anda alergi, sebaiknya jangan mengonsumsi ekstraknya.  Selain itu, bagi perempuan hamil atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi olahan ekstrak daun pepaya.

artikel terkait: Manfaat Daun Kelor dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Jangan mengkonsumsi berlebihan

Saat ini belum ada cukup bukti untuk rekomendasi penggunaan dosis yang tepat. Mengonsumsi sekitar 30 mililiter ekstraknya per hari dianggap lebih aman dan efektif bagi pengobatan demam berdarah.

Penggunaan terlalu banyak membuat kandungan papain yang masuk ke tenggorokan berpotensi merusak esofagus (tabung di tenggorokan).  Efek samping pada kulit, menempelkan daun pepaya dapat mengakibatkan iritasi pada penderita kulit sensitif.  Bagi ibu hamil, konsumsi ekstrak daun herbal ini hanya boleh dalam keadaan matang. Untuk menghasilkan ekstraknya ada beberapa cara, seperti dikukus, direbus, dan lainnya.

Mengapa hanya boleh dikonsumsi dalam keadaan matang?  Karena, daun pepaya mentah terbukti bisa meracuni janin serta menyebabkan cacat bawaan lahir bagi ibu hamil.

Selain itu, penderita alergi lateks sebaiknya jangan mengonsumsi ekstrak mentah, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi alergi. Begitu juga jika Anda sudah pernah diklaim menderita alergi papain.

Nah ketika menghadapi efek samping tersebut, anda disarankan untuk minum cukup air supaya dapat tercerna dengan baik oleh usus sehingga tidak menimbulkan sembelit.

Demikianlah ulasan travellink terkait dengan manfaat daun pepaya dan efek samping, apabila anda bimbang berapa banyak daun pepaya yang boleh dikonsumsi, lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter juga pengguna yang telah memiliki pengalaman. Termasuk untuk mengetahui apakah kondisi anda memungkinkan untuk dapat mengonsumsinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata