-->

Red Tail Barracuda, Ikan Predator

Daftar Isi [Tampil]

Ikan Red Tail Barracuda memiliki banyak nama di warung ikan hias seperti spotted cachorro, freshwater barracuda, dog characin, dan amazon cachorro. Ikan dari family Characin menyebar luas di bantaran sungai Amazon, mulai dari Peru, rio orinoco di Venezuela serta sebagian sungai di Guyana, Suriname serta French Guiana.

Ikan Red Tail Barracuda
Ikan Red Tail Barracuda

Apabila kita lihat dari tampilan serta perilakunya ikan red tail hampir sama dengan barracuda laut dan juga terkadang mereka dijuluki pike characin. Walaupun tampilan serta perilakunya mirip dengan Barracuda akan tetapi ikan red tail baracuda tidak berasal dari keluarga Barracuda. Untuk status keberadaannya, ikan ini belum terdata dalam IUCN Red Daftar Status.

Ciri-ciri ikan red tail barracuda

Red tail barracuda mempunyai ciri-ciri tampilan fisik yang biasa dan agak kurang menarik untuk di jadikan ikan hias di aquarium. Bentuk badannya ramping seperti torpedo dengan mulut yang dipenuhi gigi-gigi tajam.

Gigi ikan red tail umumnya terlihat walaupun ikan tidak sedang membuka mulut. Badan ikan berwarna keemasan serta ditambah keperakan dibagian bawah perutnya. Seluruh sirip berwarna transparan terkecuali pada bagian ekor. Dibagian ekor ikan berwarna merah, terutama di bagian pangkal serta transparan di tepiannya. Warna merah juga ikut nampak di bagian sirip punggung ikan dewasa.

Ikan ini mempunyai pola hitam yang khas di pangkal ekornya atau mungkin ditengah warna merah ekor. Ukuran badan ikan dewasa bisa meraih 25-27, 5 cm. Ikan betina memiliki badan yang condong semakin besar serta lebih gemuk di banding ikan jantan.

ikan red tail barracuda

Ikan yang berkeluarga dengan piranha ini, adalah predator yang berkembang di alam. Ikan yang berbentuk karnivora piscovora yaitu dengan cara spesial cuma memangsa ikan lain. Mangsanya yaitu ikan yang memiliki ukuran kecil, tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwasanya mangsanya dapat memiliki ukuran dua atau mungkin tiga kali semakin besar dari ukuran badannya.

Ikan ini susah untuk terima makanan berbentuk ikan mati, bahkan juga anakan ikan yang dibekukan tak dia anggap juga sebagai makanan. Dengan kata lain, makanan intinya hanya ikan hidup. Sebagian penghobi coba juga untuk memberikannya makanan kering dengan mengharapkan bahwasanya ikan bakal belajar dari tankmatenya.

Seperti umumnya ikan predator, red tail barracuda tidak sesuai dengan daging mammalia atau mungkin unggas seperti hati sapi serta daging ayam. Pemberian makanan ikan hidup mesti senantiasa di perhatikan.

Ikan-ikan kecil seperti livebarrier serta ikan mas kurang cocok apabila jadikan mangsa lantaran terkecuali punya potensi membawa parasit atau mungkin penyakit, kandungan nutrisinya juga kurang untuk mendukung perkembangan ikan.

Meskipun ikan berbentuk piscovora, kadang-kadang ikan yang sudah dipelihara bakal juga mengonsumsi makanan non ikan seperti cacing tanah, udang sungai serta sebagian invertebrata air yang memiliki ukuran besar.

Spesies Acestrorhynchus memiliki tampilan sama tetapi bukanlah bermakna tak dapat dibedakan. Red tail barracuda dibedakan dari spesies Acestrorhynchus yang lain dari ukuran fisiknya serta ada marking hitam dibelakang penutup insangnya.

Meskipun sebagian dari spesies Acestrorhynchus juga mempunyai marking hitam ini, tetapi untuk marking red tail barracuda condong berupa seperti tetesan air mata yang terbalik dengan ukurannya seputar 25% dari lebar badan. Sedang marking hitam pada spesies lain umumnya memiliki ukuran lebih bulat maupun lebih kecil.


Red tail barracuda memiliki ciri-ciri yang agresif serta termasuk juga perenang yang cepat. Dimensi tangki yang diperlukan yaitu memiliki ukuran minimum 250 cm x 90 cm. Anakan ikanpun juga memerlukan tangki yang memiliki ukuran luas lantaran karakternya yang gampang gugup serta sukai menabrakkan diri sendiri ke kaca hingga terluka bila tangki terlampau sempit.

Dekorasi tangki dengan substrat pasir serta sedikit ornament (kayu, cabang kayu, akar atau mungkin daun) bakal bikin ikan tambah nyaman. Tanaman air yang bisa hidup di pasir dapat juga ditambahkan seperti Microsorum pteropus, Taxiphyllum barbieri serta Anubias spp.

Pemberian tutup pada tangki disarankan lantaran ikan yang kadang-kadang lompat dari tangki. System filtrasi sebaiknya baik lantaran juga sebagai predator, ikan ini bakal condong keluarkan kotoran dalam jumlah cukup banyak.

Sistem perubahan air bisa dikerjakan perminggu dengan ganti air tangki sebanyak 30-50%. Ikan ini peka pada kandungan polutan air hingga baiknya air didiamkan dahulu semalam sebelum saat dimasukkan ke tangki. Parameter keadaan air tangki yaitu bersuhu 23, 9-27, 8 0C, pH 6, 0-7, 5 serta kesadahan 1-12 0H.

Di alam liar, red tail barracuda kerap tampak berkelompok. Ikan ini gampang gugup hingga dengan berkelompok sekurang-kurangnya bakal meredamnya. Ikan yang lebih tua condong bakal hidup soliter tetapi masih tetap bakal ke grup yang sama untuk sekali-kali.

Keadaan ideal untuk menjaga ikan ini adalah dijaga dalam grup kecil (empat ekor atau mungkin lebih) atau mungkin dengan ikan lain dengan ukuran yang sama. Ingat bahwasanya spesies dalam family acestrorhynchids umumnya berbentuk kanibal jadi janganlah campur dengan ikan yang jauh tidak sama ukuran. Tankmate yang sesuai sama adalah predator atau mungkin non predator seperti pleco, geophagus, ctenolucius serta yang lain yang utama memiliki ukuran sama.

Tehnik breeding masih tetap sedikit di ketahui infonya. Breeding bisa dikerjakan di aquarium yang bersuhu 27 0C dengan meletakkan dua jantan serta satu betina. Sistem bertelur berlangsung waktu betina berenang dalam situasi diam serta jantan mengelilinginya dengan membuat pola angka delapan. Telur umumnya berantakan tanpa ada penjagaan dari sang induk. Telur bakal menetas sesudah 24 jam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Red Tail Barracuda, Ikan Predator"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata