-->

Sejarah Palung Mariana, Palung Laut terdalam didunia

Daftar Isi [Tampil]
Palung Mariana
Palung Mariana

Palung laut yaitu dasar laut yang dalam serta sempit seperti jurang di dalam laut. Palung Mariana merupakan salah satu palung laut terdalam yang memiliki kedalaman maksimum 10.911 mtr. (35.798 kaki) dibawah permukaan laut.

Bila diukur menurut garis lintang serta garis bujur Bumi, kedalaman palung mariana ada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di segi lain, dengan kedalaman 4 km, mempunyai jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6. 352, 8 km, 13, 6 km lebih dekat. pada gambar diatas dapat kita lihat perbandingan pada palung laut mariana dengan gunung paling tinggi didunia gunung everest.

Sejarah palung laut mariana

Menurut catatan sejarah Palung Mariana terbentuk sekitar 180 juta tahun yang lalu, tabrakan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina sehingga mengakibatkan terbentuknya kedalaman laut yang saat ini disebut palung laut mariana. Tabrakan tersebut pada akhirnya menciptakan titik-titik yang lapisannya jatuh ke dalam lapisan dasar Bumi

Letak Palung Mariana

Dimana letak Palung mariana ? Palung terdalam ini terletak di negara jepang, di dasar barat laut Samudra Pasifik, samping timur Kepualauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara serta 142° 12' Bujur Timur.

Palung ini adalah batasan dimana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi Lempeng Pasifik di subduksi dibawah Lempeng Filipina. Kedalaman dari palung ini jauh dibawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest diatas permukaan laut. 

Peta letak palung mariana

Penelitian kedalaman Palung Mariana

Pertama kalinya palung laut mariana di teliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang telah memberi nama titik terdalam dari palung itu dengan Challenger Deep. Challenger Deep merupakan nama dari survey Inggris dengan kapal Challenger II, yang sedang mempelajari titik kedalaman laut dari Kepulauan Mariana pada th. 1951.

Gambar Kepulauan Mariana
Gambar Kepulauan Mariana

Lalu pada th. 1960, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirimkan Trieste (sebuah kapal selam mini yang didesain untuk melakukan penyelaman laut dalam) turun ke ke palung Mariana untuk dapat melihat seberapa jauh mereka bisa turun. Dan pada waktu itu mereka turun 35. 838 kaki/10, 923m. 

Pada tahun 1957, sebuah kapal Soviet Vityaz telah melaporkan kedalaman palung laut mariana berkisar 11. 034 m. (36.200 kaki), kedalaman tersebut dijuluki Mariana Hollow. (Walaupun klaim ini di buat oleh Soviet pada tahun 1957. Penemuan belum dapat diulangi oleh ekspedisi pemetaan selanjutnya dengan memakai peralatan moderen yang lebih akurat)

Pada tahun 1962, kapal MV permukaan Spencer F. Baird telah mencatat kedalaman maksimum 10. 915 mtr. (35. 840 kaki), dengan memakai alat pengukur kedalaman presisi.

Pada tahun 1984, negara jepang telah mengirimkan Takuyō, kapal survey ini sangatlah spesial untuk menjalankan misi ke Palung Mariana serta menghimpun data memakai multi-beam echo sounder, mereka telah melaporkan kedalaman maksimum 10. 924 meter, juga dilaporkan mecapai 10. 920 meter. ± 10 meter.

Pengukuran yang paling akurat dalam catatan ini di ambil oleh probe Jepang, Kaikō yang turun tanpa ada awak ke dasar parit pada 24 Maret 1995 serta mencatat kedalaman 10. 911 mtr. (35. 798 kaki).

Pada tahun 2003, suatu tempat telah ditemukan di sepanjang Palung Mariana, kedalaman yang ada sekitar Challenger Deep, bahkan juga mungkin saja lebih dalam. Hal semacam ini diketemukan saat beberapa ilmuwan dari Hawaii Institute of Geofisika serta Planetology tengah merampungkan survey di Guam, peneliti tersebut menggunakan system pemetaan sonar ditarik di belakang kapal riset untuk melakukan survey. Tempat baru ini bernama HMRG (Hawaii Mapping Research Grup) Deep, setelah grup ilmuwan yang menemukannya.

Langkah kapal Takuyo mengukur kedalaman laut dengan memakai multi-beam echo sounder Lempeng Tektonik serta zona subduksi.

Inilah yang berlangsung di dasar Samudera Pasifik dari pulau-pulau Mariana. Sisi yang betul-betul dalam dari lautan yaitu di dasar palung yang di ciptakan oleh subducting kerak samudera.

Jadi bagaimanakah Challenger Deep bisa sedemikian dalam? Nah, kerak bumi bukanlah adalah satu diantara sisi dari batuan padat, itu betul-betul sangatlah tipis, seperti kulit telur dibanding dengan ukuran telur.

Bahkan juga, itu terbagi dalam lempeng besar kerak tipis yang "mengambang" pada batuan cair dari mantel bumi. Sesaat beredar pada mantel pinggir lempeng ini meluncur keduanya, bertemu  keduanya, serta terkadang bahkan juga bertabrakan.

Kerak di samudera lebih berat dari pada kerak benua hingga saat pelat bertabrakan, lempeng di samudera terjun ke bawah menuju mantel cair, sedang yang lebih ringan, pelat kontinental naik diatas puncak. gaya mengemudi ke-2 pelat bersamanaa yaitu benar-benar kuat hingga mendasari samudra piring (piring yang subducted) membuat suatu parit dimana menyeret pinggir subduksi kerak benua zonethe turun waktu itu turun dibawah.

Desakan hidrostatik Ketika Anda masuk ke laut dan Anda mulai menyelam ke bawah, makin anda menyelam makin banyak air dari atas Anda. Air yang ada di antara anda serta permukaan air, makin besar desakan pada badan lantaran berat air melebihi anda. Desakan ini dimaksud desakan hidrostatik. 

Anda bisa betul-betul mendapatkan rasa desakan hidrostatik saat Anda masuk ke kolam renang serta menyelam hingga ke dasar terdalam. Anda bakal merasakan desakan hidrostatik pada gendang telinga Anda, seperti mereka tengah diperas atau didorong masuk.

Nah, Anda dapat memikirkan bagaimanakah desakan yang luar biasa ada di Kedalaman Challenger dengan nyaris tujuh mil di dasar laut- 16, 000 pounds per square inch!

Desakan air di dalam palung Mariana 1000 kali lipat di banding dengan desakan udara dimana tempat kita hidup saat ini. Tetapi hal semacam itu bukanlah bermakna didalam palung Mariana tak ada kehidupan, di dalamnya juga diketemukan sebagian type ikan dengan bentuk gepeng serta sebagian udang kecil.

Nereus


Pada 2009, Nereus, robot selam generasi paling baru yang telah diklaim paling cangging hingga dapat menyelam lebih dalam daripada piranti yang lain, sukses jadi kendaraan ketiga dalam sejarah yang berhasil menyambangi titik terdalam di lautan itu.

Nereus berhasil menjelajahi Challenger Deep pada kedalaman seputar 11 km.. Pencapaian itu dikerjakan pada 31 Mei yang dibesut oleh tim dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) yang berbasis di Massachusetts, AS. Peneliti dari WHOI merampungkan penyelaman dengan mengirim robot selam tanpa  awak di titik Challenger Deep.

Sambil menyelam dengan sangat dalam, Nereus juga terus  merekam film serta mengoleksi sampel yang diperlukan untuk ilmu dan pengetahuan. Nereus dikendalikan dari permukaan laut. Tetapi, bila dibutuhkan, si robot dapat juga beroperasi dengan cara mandiri.

James Cameron

Ternyata titik terdalam Bumi menyerupai permukaan bulan. Demikian ungkap sutradara terkemuka James Cameron sesudah ia meyakinkan diri  sebagai orang  yang telah meraih titik itu .

" Sangatlah menyerupai bulan. tempatnya yang sangat terpencil, sangat terisolasi, " kata Cameron. 

Memakai suatu kapal selam yang didesain khusus Cameron jadi orang pertama yang sukses mengambil gambar di kedalaman 10, 8 kilo m. dibawah permukaan laut. Pada awal mulanya pada th. 1960, insinyur Swiss, Jacques Piccard serta kapten Angkatan Laut Amerika Serikat, Don Walsh sempat juga meraih dasar Palung Mariana.

Mengenai sepanjang misinya untuk mengeksplorasi Palung Mariana itu Cameron mengakui lihat beberapa  tanda kehidupan berbentuk mahluk yang menyerupai udang dengan ukuran seputar satu inci. 

" Saya tak melihat satu mahluk pun yang lebih panjang dari satu inci. Saya tak lihat ada ikan, cuma mahluk yang berenang... serupa udang, " tutur Cameron.

Walau demikian sutradara film Titanic serta Avatar itu sempat juga alami masalah dalam petualangan 3 jamnya di dasar laut terdalam itu. Dia juga dipaksa untuk memotong saat eksplorasinya lantaran terjadi kerusakan pada system hidrolik, hingga dia sangat terpaksa tak menghimpun contoh dari lautan itu. 

Namun Cameron terus menganggap perjalanannya berhasil besar serta menyebutnya juga sebagai awal dari rangkaian petualangan untuk buka misteri Palung Mariana, jurang lautan yang lebih luas dari Grand Canyon serta dalamnya kian lebih tinggi dari Gunung Himalaya.

" Saya cuma duduk serta lihat ke luar jendela... dan mengaguminya. Sangatlah tidak sama dari yang Anda pikirkan, Anda mesti merasakannya sendiri, " tutur Cameron selanjutnya. 

" Rasa terisolasinya sangatlah menonjol, melebihi apapun, betapa begitu kecilnya Anda di dalam suatu palung raksasa yang hitam serta tak tereksplorasi, " pungkas dia.

Hewan penghuni palung mariana

Gambar dibawah ini adalah beberapa mahluk laut yang di temui di dalam Palung Laut Mariana

Hewan penghuni palung mariana

Hewan penghuni palung mariana

Makhluk palung mariana












Bagaimana luar biasa dan indah ya Palung Laut Mariana ini, Pasti anda tertarik juga untuk menjelajah dalamnya palung laut mariana ini dan melihat penghuni palung yang unik dan asing seperti Sang Sutradara James Cameron.

Demikianlah artikel dari blog travellink tentang Sejarah Palung Laut Mariana. Semoga dengan anda membaca artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang Palung Laut Mariana.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Palung Mariana, Palung Laut terdalam didunia"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata