-->

5 Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat

Daftar Isi [Tampil]

Foto Pengembangan Desa Wisata

Manfaat Desa Wisata - Pengembangan desa wisata merupakan salah satu bentuk dari upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Oleh karena itu, setiap desa perlu melihat potensi yang dimilikinya untuk dapat dikembangkan menjadi sebuah potensi yang memberikan nilai tambah manfaat dan menghasilkan produktivitas yang tinggi bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang desa wisata ada baiknya anda harus pahami dulu apa perbedaan antara desa wisata dan wisata desa. Dua kalimat ini sebenarnya saling menyokong satu sama lain.

Definisi Wisata Desa

Apa Beda Desa Wisata dan Wisata Desa ? Sering kita dengar istilah wisata desa dan desa wisata, apasih perbedaan keduanya? Wisata Desa merupakan wilayah perdesaan yang menyajikan keseluruhan keadaan yang mencerminkan orisinalitas desa baik dari sosial, ekonomi, budaya dan beragam potensi unik di desa tersebut yang sudah dikembangkan jadi bagian objek daya tarik alam kampungnya yang indah, kuliner masakan khas desa, cindera mata serta homestay atau penginapan.

Definisi Desa Wisata

Apa itu Desa Wisata? Bagaimana dengan desa wisata? Desa wisata memiliki makna sebagai aktivitas wisata yang dilakukan pada objek wisata desa. Maka, desa wisata yaitu objek sedangkan wisata desa ialah kegiatannya. Keduanya merupakan pondasi yang harus dimiliki bagi pengembangan wisata di berbagai wilayah Indonesia yang sekarang ini sedang digalakkan pemerintah untuk  menjadi kekuatan peningkatan ekonomi.

Namun tidak gampang memperoleh sebutan desa wisata, kareba sebuah desa yang memiliki beberapa unsur yang mendukung desa tersebut menjadi tujuan yang menarik dengan semua sarana dan daya dukungnya. Sangat lah tidak cukup sebuah desa yang cuma punya satu dua objek dengan sarana seadanya lalu menyebutkan desa tersebut sebagai desa wisata.

Manfaat Desa Wisata Bagi Masyarakat Pedesaan

Apa manfaat Desa Wisata ? Dalam upaya meningkatkan pendapatan desa, Pemerintahan sudah berusaha menyusun peraturan yang berkaitan tentang peningkatan ekonomi masyarakat, salah satunya yaitu peraturan mengenai Desa Wisata, yang tentu saja harapannya dapat meningkatkan pendapatan desa serta pembangunan infrastruktur desa.

Untuk mengembangkan desa wisata, maka masyarakat harus paham tentang apa saja manfaat dari pengembangan desa wisata. sehingga masyarakat dapat ikut terlibat dan bergotong royong bersama untuk menciptakan desa mereka layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Bukan hanya pada sarana dan prasarana akan tetapi pada pelayanan atau keramahtamahan harus dimiliki oleh masyarakat setempat. Dibutuhkan pengetahuan masyarakat sehingga dapat diterima secara menyeluruh.

Berikut ini beberapa manfaat desa wisata yang dapat diketahui oleh masyarakat agar mendapat dukungan dari masyarakat desa :

1. Membuka lowongan kerja

Manfaat desa wisata tentu dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat seperti tersedianya lapangan pekerjaan yang baru sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Lapangan pekerjaan tersebut antara lain: Kuliner, Guide, tarian budaya serta lapangan pekerjaan lain yang dapat menghasilkan.

2. Melestarikan Budaya dan Tradisi desa

Manfaat desa wisata lainnya yaitu untuk dapat melestarikan budaya, tradisi atau adat istiadat sebagai salah satu atraksi wisata budaya lokal sehingga budaya tersebut terjaga dan lestari.

3. Meningkatnya Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata selanjutnya yaitu dalam hal perekonomian secara langsung atau tidak langsung bagi masyarakat. Secara tidak langsung manfaat yang diperoleh masyarakat yaitu dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke desa maka perputaran ekonomi dari hasil penjualan produk lokal didesa dapat semakin baik.

4. Meningkatnya Industri Kecil Menengah

Meningkatkan industri kecil menengah yang melakukan pengolahan potensi bahan baku lokal menjadi produk olahan barang jadi menjadi souvenir cinderamata.

Dengan adanya desa wisata diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat promosi produk lokal. Sehingga produk lokal tersebut dapat melakukan penjualan ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Oleh karena itu, branding yang kuat dari desa dan sumber daya manusia haruslah dapat mendukung supaya dapat memanajemen penjualan dengan sangat baik.

5. Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Desa

Dampak positif lainnya adalah meningkatnya pembangunan infrastruktur desa. Ini sangatlah penting untuk sebuah desa wisata agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi setiap wisatawan atau bagi warga desa sendiri supaya dapat merasakan manfaat yang diberikan lewat pengembangan desa wisata tersebut.

Nah Itulah beberapa manfaat desa wisata bagi masyarakat dan juga Pemerintah Desa nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata