-->

Cara Membangun dan Mengembangkan Desa Wisata

Daftar Isi [Tampil]

Desa Wisata
Cara Membangun dan Mengembangkan Desa Wisata

Desa Wisata - Desa mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan nasional dan daerah, hal ini dikarenakan peran desa menyuplai hampir seluruh kebutuhan pangan nasional. Begitu juga, desa memasok kebutuhan tenaga kerja yang cukup besar ke kota. Namun kehidupan maupun peningkatan ekonomi di desa saat ini masih belum berkembang sebagaimana mestinya. Banyak penduduk desa terutama pemuda tidak lagi tertarik untuk bekerja di perdesaan.

Sebenarnya ada banyak opsi untuk dapat memajukan perekonomian di desa dengan salah satu tujuan yaitu menyediakan pekerjaan yang layak di desa. Pengembangan pariwisata misalnya, dapat menjadi pilihan bagi warga. Keunikan dari budaya, adat, bahasa dan sejarah menjadi atraksi wisata yang dapat di sajikan untuk mengundang wisatawan. Sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Konsep pengembangan desa wisata dapat menjadikan desa sebagai sebuah destinasi pariwisata dengan keunikan khas. Dengan cara memadukan daya tarik wisata alam dan budaya, dan layanan fasilitas umum pariwisata, serta aksesibilitas yang memadai, dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa. Prinsip utama dalam membangun desa wisata adalah fokus kepada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desanya secara mandiri.

Artikel terkait: 5 Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat

Pengembangan desa wisata merupakan misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pengembangan usaha produktif di bidang pariwisata, sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal.

Desa Wisata adalah tempat di mana wisatawan dapat tinggal untuk waktu yang singkat, biasanya kurang dari 24 jam. Desa wisata biasanya memiliki fasilitas seperti toko-toko, restoran dan ruang hiburan.

Desa wisata bisa berupa kota kecil atau daerah di kota besar yang dirancang untuk tujuan pariwisata. Ini berbeda dari kota resor karena tidak menawarkan kegiatan rekreasi apa pun selain yang terkait dengan pariwisata itu sendiri.

Mengatur Pilihan Skala dan atraksi desa wisata

Untuk mengembangkan desa wisata, Anda harus terlebih dahulu memutuskan skala dan atraksi. Apakah akan menjadi besar atau kecil? Berapa banyak pengunjung yang diharapkan datang setiap hari? Fasilitas apa saja yang dibutuhkan (restoran, hotel, museum)? Jenis aktivitas apa yang akan ditawarkan (tur arung jeram, kelas tarian adat)? Dan jenis makanan apa yang harus disiapkan (kuliner khas daerah)?

Bagaimana Cara Mengelola Desa Wisata

Setelah Anda menganalisis desa wisata, Anda harus menentukan bagaimana mengelola desa tersebut. Mengelola desa wisata tidaklah mudah karena ini adalah bisnis yang membutuhkan perencanaan. Anda perlu memiliki rencana tentang bagaimana mengelola bisnis dan bagaimana bisnis itu akan dikelola oleh orang lain.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat strategi bagaimana mengelola desa wisata, termasuk memastikan ada cukup karyawan yang bekerja di dalamnya sehingga mereka dapat menangani semua kebutuhan pelanggannya.

Kedua, Anda harus membuat anggaran untuk mengalokasikan dana untuk menangani berbagai jenis masalah seperti memperbaiki fasilitas yang rusak atau mengganti yang lama dengan yang baru sehingga pengunjung dapat menikmati waktu tinggal mereka kapan saja selama kunjungan mereka di tempat Anda tanpa mengalami ketidaknyamanan dari masalah-masalah ini.

Hal ini dapat mempengaruhi secara negatif pada pengalaman mereka di tempat wisata yang dapat menyebabkan mereka berkunjung lagi tetapi hanya jika semuanya berfungsi dengan baik di lain waktu karena mereka akan mengingatnya.

Mereka akan lebih mengingat pengalaman buruk daripada pengalaman baik contohnya terutama saat membayar uang untuk sesuatu seperti makan di luar di mana orang mengharapkan layanan berkualitas dari pelayanan yang menyediakan makanan dengan cepat.

Memperbaiki infrastruktur Desa Wisata

1. Memperbaiki transportasi

Hal ini dapat mencakup pembangunan jalan dan jembatan, penyediaan akses kendaraan ke daerah wisata, dan perbaikan infrastruktur lainnya yang akan meningkatkan mobilitas bagi wisatawan.

2. Memperbaiki sanitasi

Pemasangan fasilitas sanitasi seperti jamban atau toilet umum, atau bahkan fasilitas pengolahan air limbah. Di beberapa daerah, hal ini juga dapat berarti mengembangkan rencana pengelolaan limbah padat yang menjaga sampah dari saluran air dan melindungi satwa liar dari sampah tersebut.

3. Meningkatkan pendidikan

Jika komunitas Anda berencana untuk menggunakan pariwisata sebagai sumber pendapatan, penting untuk memastikan semua anggota dididik tentang praktik bisnis yang tepat (termasuk etika dalam pariwisata) sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang ketika peluang itu muncul.

Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Desa

Berusahalah untuk membersihkan lingkungan desa Anda. Jika Anda ingin desa Anda menjadi objek wisata, maka Anda perlu memastikan bahwa lingkungan Anda bersih dan menyenangkan bagi para tamu.

Bersihkan jalan, trotoar dan taman. Jaga kebersihan pantai dari sampah dan puing-puing. Hal ini desa juga dapat membuat dan menguatkan peraturan desa (Perdes) tentang kebersihat yang dirancang bersama BPD dan masyarakat. Sehingga masyarakat turut menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Kebersihan kawasan restoran saat membeli makanan dari pedagang di jalan. Sapu kotoran atau debu dari sekitar toko yang menjual cendera mata sebelum mengambil foto agar tidak mengganggu wisatawan dengan kekacauan yang tidak sedap dipandang di latar belakang mereka; juga memastikan bahwa barang-barang yang dipajang bebas dari serangga atau hama lainnya (kecuali jika dimaksudkan oleh desain).

Syarat yang harus dimiliki oleh Desa Wisata

1. Mendorong desa wisata untuk membuka toko dan restoran

Hal ini dapat mendukung ekonomi di desa dengan tumbuhnya dunia usaha kuliner maupun ritel lainnya dapat membuka lapangan pekerjaan juga putaran ekonomi juga terjadi. Di samping itu dengan terkelolanya usaha ritel dan usaha kuliner, wisatawan dengan lebih mudah memilih dan mencukupi kebutuhan mereka di tempat wisata.

Beberapa usaha lain yang harus dimiliki desa wisata adalah banyak tempat untuk makan dan minum, dan memastikan ada banyak tempat untuk menginap.

2. Memastikan desa aman bagi wisatawan

Aman dan kenyamanan merupakan faktor utama lainnya saat membangun dan pengembangan desa wisata. Kalau desa wisata tersebut dibangun berdasarkan kesepakatan bersama dan merupakan kebutuhan warga, maka hal ini tidaklah sulit. Akan tetapi kalau desa wisata dibangun tidak berdasarkan kesepakatan dan tidak ada unsur keterlibatan masyarakat ini akan sulit di jaga.  

3. Memastikan desa bersih dan rapi

Bersih dan rapi merupakan salah satu upaya bagi warga sehingga wisatawan yang  berkunjung akan nyaman saat berada di penginapan maupun sarana publik lainnya.Membangun desa wisata butuh perencanaan dan manajemen yang matang.

Meningkatkat Identitas budaya lokal untuk menarik pengunjung internasional

Desa wisata adalah daerah yang telah mengembangkan identitas dan karakteristik budaya yang unik untuk menarik wisatawan internasional. Dengan mengembangkan budaya asli Anda sendiri, Anda dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa bagi mereka yang mengunjungi desa Anda.

Untuk mengembangkan budaya lokal yang unik, Anda harus fokus pada:

1. Mengembangkan bahasa yang unik

Misalnya, jika Anda tinggal di pegunungan Slovenia dan ingin mengembangkan bahasa yang unik untuk desa Anda, Anda dapat membuat kata-kata berdasarkan suara alam di sekitar Anda. Misalnya "mencicit" bisa berarti "makan" dan "oink" bisa berarti "minum"!

2. Kuliner Khas

Mengembangkan resep makanan unik dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang ditemukan di daerah tersebut (misalnya, jamur). Hal ini akan membantu orang mengidentifikasi diri mereka lebih dekat dengan kampung halaman mereka dengan menyantap makanan yang sama seperti yang dilakukan penduduk setempat!

3. Budaya Lokal

Menciptakan musik yang mencerminkan sejarah atau legenda yang terkait dengan suatu daerah (misalnya, lagu-lagu rakyat yang terkait dengan peristiwa bersejarah). Hal ini membantu pengunjung merasa seperti ikut serta dalam sesuatu yang otentik ketika mendengarkan bersama penduduk setempat di acara-acara seperti festival atau konser yang diadakan setiap tahun oleh komunitas lokal!

Atraksi Wisata

Sebuah desa wisata perlu memiliki beragam aktivitas untuk dinikmati pengunjung. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan kolam renang luar ruangan, lapangan tenis, dan jalan setapak. Jika Anda menambahkan jenis aktivitas ini, pastikan aktivitas tersebut bersifat musiman sehingga area tersebut tidak ditumbuhi tanaman atau tidak digunakan pada bulan-bulan musim dingin.

Aktivitas dalam ruangan juga penting bagi pengunjung yang tidak ingin berada di luar saat cuaca buruk. Pertimbangkan untuk menambahkan hotel atau hostel jika belum ada di daerah Anda. Anda juga dapat menambahkan restoran atau kafe jika saat ini tidak ada yang tersedia di dekatnya (atau jika jauh).

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menambahkan pusat informasi wisata yang dapat membantu wisatawan merencanakan perjalanan mereka dan menemukan hal-hal yang mungkin tidak mereka ketahui sebelum tiba di lokasi Anda!

Pertimbangkan juga untuk menambahkan museum atau pusat budaya di mana penduduk setempat dapat belajar lebih banyak tentang sejarah komunitas mereka-ini juga dapat menarik wisatawan yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai budaya di seluruh dunia!

Anda telah melakukan banyak hal untuk memastikan bahwa desa Anda siap untuk turis, dan sekarang saatnya untuk menuai hasilnya! Sekarang setelah Anda tahu cara mengembangkan desa wisata, Anda dapat mulai memikirkan atraksi mana yang terbaik untuk komunitas Anda. Semoga sukses dengan semua usaha Anda di masa depan dan selamat berwisata!

Kami berharap artikel ini telah membantu anda memahami cara mengembangkan desa wisata. Ini adalah pilihan yang baik bagi masyarakat setempat untuk mendapatkan keuntungan dari pariwisata dan menghasilkan uang, tetapi memang membutuhkan waktu dan usaha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membangun dan Mengembangkan Desa Wisata"

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata

tempat wisata